Cara Daftar di Google Search Console (GSC)

Cara Daftar di Google Search Console (GSC)

Cara Daftar di Google Search Console (GSC) – Google Search Console (GSC) adalah salah satu produk perusahaan besar Google yang dikhususkan dalam bidang pengindeksan URL halaman situs web. Alat ini sangatlah penting digunakan oleh para pengguna situs web untuk mendapatkan dan meningkatkan visibilitas situs web mereka di mesin pencari Google.

Kamu tahu sendiri bahwa Google adalah mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan oleh para pengguna internet setiap waktu. Untuk mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari Google, sebuah situs web harus dapat terlihat dan tampil di hasil pencarian Google, terlebih lagi dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Dari sinilah, sebagai pengguna situs web, kamu perlu memanfaatkan produk Google yang dirancang dalam bidang pengindeksan halaman URL situs web. Produk ini biasa dikenal dengan sebutan Google Search Console atau disingkat GSC.


Manfaat Penting Daftar di Google Search Console (GSC)

Sebelum membicarakan tentang manfaat daftar di Google Search Console (GSC), maka kamu perlu mengenal lebih akrab tentang Google Search Console (GSC) itu sendiri. Dalam hal ini, saya sudah menjelaskan cukup lebar dalam artikel tersendiri: Apa itu Google Search Console (GSC)? Apa Manfaatnya?.

Dalam link tersebut, sebenarnya saya sudah mengulas mengenai manfaat membuat akun dan mendaftarkan blog di Google Search Console (GSC). Namun, jika diulas kembali secara umum, maka berikut adalah manfaat penting daftar di Google Search Console (GSC):

1. Situs Web Dapat Terindeks Dengan Lebih Mudah

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pendahuluan artikel di atas, daftar di Google Search Console sangatlah penting untuk mendapatkan visibilitas situs web di mesin pencari Google. Bahkan, setiap pengguna wajib mendaftarkan situs webnya di Google Search Console (GSC) apabila halaman web ingin lebih mudah diindeks di mesin pencari Google.

Sebenarnya, halaman URL sebuah situs web bisa saja terindeks secara otomatis di mesin pencari Google. Kemungkinan ini sangatlah sulit tergantung dari beberapa aspek termasuk pengunjung situs web itu sendiri. Namun, dengan mendaftarkan situs web dan telah terverifikasi di Google Search Console (GSC), halaman dapat lebih mudah diindeks di mesin pencari Google.

2. Google Search Console Membantu Monitoring Pengindeksan Halaman

Selain indeks lebih cepat, daftar di Google Search Console (GSC) dapat membantu pengguna untuk memonitoring pengindeksan halaman situs web. Google Search Console (GCS) memiliki banyak fitur untuk memonitoring pengindeksan halaman situs web.

Pengguna dapat mengetahui banyaknya halaman situs web yang telah dirayapi dan diindeks, halaman yang tidak dindeks sebab diblokir robot.txt, redirect error, dan lain-lainnya. Fungsi monitoring pengindeksan ini tentu sangatlah membantu agar dapat mengetahui masalah dan menemukan solusinya.

3. Google Search Console Membantu Identifikasi Masalah Kinerja Situs

Selain itu, Google Search Console (GCS) juga berperan dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat mengancam keamanan situs web, misalnya terdapat sumber walware dan perangkat lunak berbahaya yang tersembunyi di dalam situs, adanya hack yang terdeteksi, dan lain sebagainya. Masalah keamanan ini tentu dapat merugikan pengguna situs web dan pengunjunnya.

4. Google Search Console Membantu Halaman Terindeks di Mesin Pencari Lain

Perlu diketahui bahwa daftar di Google Search Console (GSC) ternyata mempengaruhi halaman URL situs web di mesin pencari selain Google. Halam situs web bisa secara otomatis diindeks di mesin-mesin pencari itu. Ini dikarenakan beberapa mesin pencari mengimport sebagaian bahkan keseluruhan data dari Google Search Console (GSC).

Salah satunya adalah Bing Webmaster Tools. Pengguna dapat memilih opsi untuk import data dari Google Search Console (GSC) ketika akan daftar dan membuat akun di Bing Webmaster Tools. Selain itu, beberapa tool SEO online seperti Semrush juga melakukan import data dari Google Search Console (GSC).

Nah, jika kamu menarik kesimpulan dari keempat manfaat umum daftar Google Search Console (GSC) di atas, maka Google Search Console (GSC) memainkan peran untuk membantu meningkatkan kinerja SEO, terutama dalam masalah pengindeksan halaman di mesin pencari Google.


Cara Daftar di Google Search Console (GSC)

Jika kamu sudah memiliki akun google, maka kamu dapat langsung mendaftarkan dan melakukan verifikasi situs webmu di Google Search Console (GSC). Untuk menjelaskannya, saya akan membagi langkahnya menjadi 2 bagian:

1. Cara Daftar di Google Search Console (GSC)

Adapun cara daftar situs web ke Google Search Console (GSC) adalah sebagai berikut ini:

Catatan :
Pilih "URL prefix" jika kamu menggunakan blogger gratisan (blogspot).
Pilih "Domain" jika blogmu menggunakan domain TLD.

Pada tahap ini, kamu sudah berhasil daftar di Google Search Console (GSC). Selanjutnya, kamu perlu melakukan verifikasi URL situs webmu agar halaman dapat diindeks di mesin pencari Google.

2. Cara Verifikasi di Google Search Console (GSC)

  • Login ke akun Google Search Console (GSC).
  • Klik tanda setigitiga arah ke bawah, tepatnya di pojok kiri atas, klik URL situs webmu.
  • Klik menu "Settings".
  • Klik "Ownership Verification".
  • Klik "HTML Tag".
  • Copy kode HTML Tag yang ada di dalam kolom (halaman browser jangan ditutup dulu).
  • Buka halaman browser lain, lalu masuk ke dashboard Blogger.
  • Klik "Tema" - "Edit HTML".
  • Paste kode HTML Tag yang telah dicopy, dan letakkan di bawah kode <head> atau di atas kode <body>
  • Klik “Save” untuk menyimpan template setelah pengeditan.
  • Jika sudah, kembali ke halaman “HTML Tag” di Google Console Console.
  • Klik "Verify"

Tunggu beberapa detik dan setelah selesai, maka situs webmu sudah terverifikasi dan siap untuk diindeks di mesin pencari Google. Berikut ini adalah tutorial video untuk daftar dan verifikasi di Google Search Console (GSC):

Nah, setelah mendaftar dan sudah verifikasi di Google Search Console (GSC), jangan lupa pula untuk menambah sitemap Google Search Console (GSC). Ini sangatlah penting akan memudahkan Google Search Console (GSC) untuk memahami peta situs web.

Selain Google Search Console (GSC), kamu juga perlu daftar di Bing Webmaster Tools dan daftar di Yandex Webmaster Tools agar halaman dapat terindeks di mesin pencari Bing dan Yandex.


Cara Mengetahui Kode Verifikasi HTML Tag Yang Hilang

Dalam beberapa kasus, kamu perlu mengetahui halaman verifikasi HTML Tag di Google Search Console (GSC). Ini berguna ketika kamu lupa belum melakukan verifikasi di Google Search Console atau kode verifikasi HTML Tag hilang. Untuk itulah, berikut cara mengetahui kode verifikasi HTML Tag di Google Search Console yang hilang:

  • Login ke akun Google Search Console.
  • Klik tanda setigitiga arah ke bawah, tepatnya di pojok kiri atas, klik URL situs webmu.
  • Klik menu "Settings".
  • Klik “Users and permissions”.
  • Klik tanda titik tiga horizontal di sebelah “Owner Verified” di kolom “Users”.
  • Klik “Ownership verification details”.
  • Copy kode HTML Tag yang telah hilang.

Jika sudah, paste dan letakkan kode HTML Tag yang sebelumnya hilang di halaman Edit HTML blog.


Kesimpulan

Mesin pencari Google adalah mesin pencari yang paling dominan digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Dengan mendaftarkan dan melakukan verifikasi situs web di Google Search Console, maka halaman situs web dapat lebih mudah dan lebih cepat diindeks di mesin pencari Google. Alhasil, ini dapat meningkatkan visibilitas dan kunjungan situs web melalui sumber trafik organik dari Google.