Cara Daftar Blog di Bing Webmaster Tools

Cara Daftar Blog di Bing Webmaster Tools

Cara Daftar Blog di Bing Webmaster Tools – Mesin pencari atau dikenal dengan istilah Search Engine merupakan sebuah sistem algoritma kompleks yang berfungsi untuk menemukan halaman situs web yang telah terindeks di dalamnya. Dengan menggunakan Search Engine, pengguna internet cukup memasukkan kate kunci tertentu, lalu ia akan menemukan halaman situs web atau blog sesuai dengan kata kunci tersebut.

Misalnya, seseorang memasukkan kata kunci “daftar blog di Bing Search Engine”, maka mesin pencari akan menghasilkan banyak halaman artikel berisi tutorial untuk daftarkan blog di mesin pencari Bing. Intinya, mesin pencari berguna untuk menemukan infomasi sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Saat ini, Google merupakan Search Engine atau mesin pencari yang paling besar. Namun, salah satu mesin pencari yang banyak digunakan adalah Bing Search Engine atau mesin pencari Bing.

Baca juga: Cara Daftar di Google Search Console (GSC).


Apa itu Bing Search Engine?

Bing adalah Search Engine atau mesin pencari yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan teknologi ternama di dunia yaitu Microsoft. Mesin pencari ini diluncurkan pada tahun 2009 sebagai upaya Microsoft untuk bersaing dengan mesin pencari terkemuka lainnya, terutama Google.

Dalam persaingannya, Bing menawarkan pengalaman pencarian yang unik dan berbeda dari mesin-mesin pencari lainnya. Salah satu fitur menonjol dari Bing adalah tampilan latar belakangnya yang indah dan menarik, yang sering kali berubah setiap hari. Ini memberikan sentuhan estetika yang menyenangkan bagi pengguna saat mereka melakukan pencarian.

Selain itu, Bing Search Engine juga menawarkan beragam fitur pencarian yang bermanfaat. Adapun beberapa fitur tersebut di antaranya adalah:

  • Gambar: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan gambar-gambar terkait di Bing Search Engine berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.
  • Video: Selain gambar, Bing Search Engine juga memiliki fitur untuk menampilkan video-video terkait sesuai dengan kata kunci.
  • Berita: Fitur berita dapat menyajikan sumber berita terbaru, paling populer, dan berita terkait sesuai topik yang dicari.
  • Pencarian Interaktif: Bing kadang-kadang menyajikan beberapa pencarian interaktif, seperti kuis, permainan, atau fakta menarik yang membuat pencarian menjadi lebih menyenangkan.
  • Informasi Lengkap: Bing Search Engine juga menyajikan panel informasi yang kaya dengan detail mengenai tokoh ternama di dunia, termasuk cuplikan dari berbagai sumber terpercaya.
  • Pemetaan: Fitur pemetaan di Bing Search Engine adalah sebuah fitur yang dapat membantu pengguna menemukan alamat, petunjuk arah, atau mencari bisnis pada lokasi tertentu.

Secara keseluruhan, Bing Search Engine adalah mesin pencari yang handal dan dapat diandalkan dari perusahaan Microsoft. Dan perlu diketahui bahwa Bing Search Engine dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan trafik blog. Caranya adalah dengan mendaftarkan URL blog dan submit sitemap di Bing Webmaster Tools. Ini mengingat bahwa Bing juga merupakan mesin pencari terbesar yang banyak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari dan menemukan informasi yang diinginkan.


Cara Daftar Blog di Bing Webmaster Tools

Jika Google memiliki Google Search Console, maka Bing memiliki Bing Webmaster Tools. Secara garis besar, Bing Webmaster Tools memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Google Search Console. Fungsi utama keduanya adalah agar bagaimana sebuah blog dapat dengan mudah diindeks di mesin pencari, dan memonitoring kinerja blog di mesin pencari.

Untuk itulah, apabila pengguna ingin mendapatkan trafik blog dari Bing Search Engine, ia perlu mendaftarkan blog terlebih dahulu di Bing Webmaster Tools. Adapun cara daftar blog di mesin pencari Bing adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Bing Webmaster Tools
  2. Klik Sign In (silahkan menggunakan akun Microsoft, Google, atau Facebook).
  3. Masukkan URL blog di kolom “Add Your Site Manually”.
  4. Klik “Add”.
  5. Pilih “HTML Meta Tag”.
  6. Copy kode verifikasi HTML Meta Tag yang tersedia
  7. Buka dashboard Blogger
  8. Pilih menu “Theme” – “Edit HTML”.
  9. Letakkan kode HTML Meta Tag yang telah dicopy tepat di bawah kode <head> atau tepat di atas kode </body>.
  10. Buka halaman yang berisi kode “HTML Meta Tag” sebelumnya.
  11. Klik “Verify”.

Silahkan tonton video tutorial cara daftar blog di Bing Search Engine di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Tunggu hingga beberapa detik hingga proses verifikasi situs benar-benar selesai. Dari sini, Bing Search Engine dapat merayapi setiap halaman URL blog. Dalam beberapa waktu, artikel blog dapat terindeks di Bing Search Engine.

Jangan lupa juga untuk menambahkan sitemap di Bing Webmaster Tools agar halaman URL Blog dapat lebih mudah diindek oleh Bing Search Engine.

Baca selengkapnya: Cara Menambah Sitemap di Bing Webmaster Tools.

Cara Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools

Subtopik ini bisa menjadi opsi apabila blog belum diverifikasi oleh Bing Webmaster Tools. Misalnya karena halaman terlanjur ditutup tanpa sengaja, atau alasan lainnya.

  1. Buka akun Bing Webmaster Tools yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Klik URL blog di pojok kanan atas (ditandai dengan icon web).
  3. Klik URL blog yang belum diverifikasi (URL yang belum diverifikasi ditandai dengan “Not Verified” berwarna merah).
  4. Pilih “HTML Meta Tag”.
  5. Langkah urutan selanjutnya, lakukan seperti tutorial pada subtopik “Cara Daftar blog di Bing Webmaster Tools” di atas.

Cara Menambah Blog di Akun Bing Webmaster Tools

Bing Webmater Tools memungkinkan penggunanya untuk menambah banyak blog dalam satu akun. Ini artinya, pengguna tidak perlu lagi membuat akun Bing Webmaster Tools lain.

  1. Buka akun Bing Webmaster Tools.
  2. Klik URL blog di pojok kanan atas (ditandai dengan icon web).
  3. Masukkan URL blog di kolom “Add Your Site Manually”.
  4. Langkah urutan selanjutnya dapat dilakukan seperti pada subtopik “Cara Daftar blog di Bing Webmaster Tools”.


Cara Submit URL Blog di Bing Webmaster Tools

Selain daftar blog di Bing Webmaster Tools, pengguna juga perlu untuk submit halaman URL blog. Tujuannya adalah agar Bing Webmaster Tools lebih mudah merayapi dan mengindeks setiap halaman URL blog yang telah disubmit. Bing Webmaster Tools sendiri membatasi 100 halaman URL yang bisa disubmit setiap harinya.

Adapun cara submit halaman URL blog di Bing Webmaster Tools adalah seperti berikut:

  1. Buka akun Bing Webmaster Tools
  2. Pilih menu “URL Submission”.
  3. Klik “Submit URLs” di bagian pojok kanan atas.
  4. Masukkan halaman URL blog (minimal 100 URL per hari).
  5. Klik “Submit”.

Perlu dicatat bahwa halaman URL blog yang telah disubmit di Bing Webmaster Tools, tidak akan langsung diindeks oleh Bing Search Engine. Ini membutuhkan waktu hingga beberapa hari agar URL dapat terindeks dan tampil di halaman Bing Search Engine.


Kesimpulan

Bing Search Engine merupakan salah satu mesin pencari besar dan populer di seluruh penjuru dunia. Mesin pencari yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft ini banyak digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan sumber infomasi relevan berdasarkan kata kunci. Sehingga, mendaftarkan blog di Bing Search Engine tentu dapat mempengaruhi sumber trafik serta meningkatkan kunjungan blog.