Cara Menambah Sitemap di Bing Webmaster Tools

Pelangiblog
By -
Cara Menambah Sitemap di Bing Webmaster Tools

Cara Menambah Sitemap di Bing Webmaster Tools – Bing Webmaster Tools adalah platform master yang dikembangkan oleh mesin pencari Bing untuk membantu pemilik blog dalam memahami dan meningkatkan kinerja blog mereka di mesin pencari Bing. Bing Webmaster Tools merupakan alat yang penting bagi para profesional SEO untuk mengoptimalkan visibilitas blog di mesin pencari Bing.

Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi dan pengunjung yang banyak setiap harinya, bisa saja halaman URLnya dapat terindeks secara otomatis di mesin pencari Bing. Visibilitas blog tersebut bisa terlihat di mesin pencari Bing meskipun tanpa harus daftar di Bing Webmaster Tools.

Namun, tidak semua halaman URL blog tersebut dapat terindeks secara otomatis. Biasanya, halaman URL yang banyak dikunjungi saja yang bisa terindeks secara otomatis tanpa mendaftarkannya di Bing Webmater Tools. Ini artinya, mesin pencari Bing sendiri kesulitan untuk mendata halaman URL blog apabila tidak daftar terlebih dahulu di Bing webmaster Tools.

Untuk itulah, dengan memanfaatkan fitur-fitur Bing Webmaster Tools, halaman URL blog dan artikel dapat lebih mudah dirayapi dan diindeks di mesin pencari Bing. Ini tentu dapat membantu untuk meningkatkan visisbiitas dan sumber trafik blog melalui mesin pencari Bing.

Selain itu, agar halaman URL blog dapat dirayapi dan diindeks dengan lebih mudah di mesin pencari Bing adalah menambah sitemap di Bing Webmaster Tools. Namun, sebelum itu, perlu juga untuk mengetahui apa itu sitemap dan apa manfaat menambah sitemap di Bing Webmaster Tools.


Apa itu Sitemap?

Sitemap atau peta situs adalah suatu halaman yang berisi daftar semua URL yang ada di dalam blog. Sitemap berfungsi sebagai peta jalan yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi dan memahami struktur blog. Dengan menambah sitemap, ini dapat membantu membantu mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks halaman URL blog, sehingga dapat meningkatkan peringkat blog di hasil pencarian.


Manfaat Menambah Sitemap di Bing Webmater Tools

Dalam konteks mesin pencari, Bing Webmaster Tools adalah alat yang digunakan untuk mendukung visibilitas blog di mesin pencari Bing. Menambah sitemap di Bing Webmaster Tools dapat memberi manfaat yang signifikan bagi sebuah blog dan memberi keuntungan bagi pemilik blog:

Baca juga sebelumnya: Cara Menambah Sitemap Google Search Console (GSC).

1. Memudahkan Mesin Pencari Bing Untuk Merayapi dan Mengindeks Halaman URL Blog

Dengan menambahkan sitemap atau peta situs di Bing Webmater Tools, ini memberikan petunjuk jelas pada mesin pencari Bing tentang halaman mana yang harus diindeks. Dengan demikian, Bing Webmaster Tools memastikan halaman URL blog dapat muncul di hasil pencarian Bing.

2. Meningkatkan Trafik dan Kunjungan Blog

Sebagai hasil dari menambah sitemap di Bing Webmater Tools, mesin pencari Bing dapat memuat URL blog di hasil pencariannya. Ketika pengunjung menggunakan mesin pencari Bing dan mencari menggunakan kata kunci tertentu, URL dan judul blog memiliki banyak kemungkinan untuk tampil di hasil pencarian.

Dari sinilah, peluang untuk memperoleh klik pengunjung dari hasil pencarian Bing lebih besar. Tentu saja ini akan menjadikan trafik dan kunjungan blog semakin meningkat. Selain itu, trafik dari sumber hasil pencarian Bing adalah trafik organik yang disukai oleh mesin-mesin pencari.

3. Meningkatkan Visibilitas Blog di Mesin Pencari Lain

Bing merupakan salah satu mesin pencari yang terbesar selain Google. Dan sebagai salah satu mesin pencari terbesar, ada banyak mesin pencari lain yang mengimport data dari Bing. Alhasil, dengan daftar di Bing Webmaster dan menambah sitemap blog, ini juga akan meningkatkan visibilitas blog di mesin-mesin pencari lain.

Mesin pencari Yahoo adalah salah satu mesin pencari yang mengimport data dari Bing Webmaster Tools. Artinya, ketika pengguna telah terdaftar di Bing Webmaster Tools dan menambah sitemap, URL blognya juga telah terdaftar di mesin pencari Yahoo. Selain Yahoo, banyak pula mesin-mesin pencari yang mengimport data dari Bing Webmaster, seperti DuckDuckGo dan mesin pencari lainnya.


Cara Menambah Sitemap di Bing Webmaster Tools

Pada beberapa posting sebelumnya, saya sudah menjelaskan tutorial singkat mengenai cara mendaftarkan URL blog di Bing Webmaster Tools.

Silahkan baca lebih detail: Cara Daftar Blog di Bing Webmaster Tools.

Selanjutnya adalah cara untuk menambah sitemap atau peta situs di Bing Webmaster Tools. Coba simak langkah-langkah menambah sitemapnya sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Bing Webmaster Tools.
  • Pilih URL halaman blog dengan icon web di pojok kiri atas (opsi ini hanya berlaku jika sudah menambah banyak URL blog berbeda di akun Bing Webmaster Tools).
  • Klik menu “Sitemaps”.
  • Klik “Submit Sitemaps” di pojok kanan atas.
  • Tambahkan dua sitemap di bawah.

https://www.URLBLOG.com/sitemap.xml dan https://www.URLBLOG.com/sitemap-pages.xml

  • Klik “Submit”.

Silahkan tunggu beberapa menit sehingga Bing Webmaster Tools selesai mengkonfigurasi sitemap yang ditambahkan.


Jenis Sitemap Bing Webmaster Tools Yang Diperbolehkan

Jenis-jenis sitemap yang bisa ditambahkan di Bing Webmater Tools dapat dilihat sebagai berikut:

https://www.URLBLOG.com/sitemap.xml

Sitemap ini memungkinkan agar Bing Webmaster Tool dapat merayapi dan mengindeks semua artikel yang telah diterbitkan.

https://www.URLBLOG.com/sitemap-pages.xml

Sitemap ini memungkinkan agar Bing Webmaster Tools dapat merayapi dan mengindeks semua halaman "Pages" yang diterbitkan.

Kedua sitemap ini adalah jenis sitemap umum yang bisa digunakan dan sudah cukup untuk digunakan. Artinya, sitemap di atas sudah mewakili agar Bing mengindeks semua halaman URL blog. Tetapi, kita juga bisa menambah jenis sitemap lainnya, meskipun saya sangat menyarakan hanya menggunakan 2 sitemap di atas, misalnya:

https://www.URLBLOG.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Sitemap ini memungkinkan agar Bing Webmaster Tools dapat merayapi dan mengindeks semua halaman URL yang baru diterbitkan.

https://www.URLBLOG.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sitemap di atas berlaku apabila jumlah artikel antar 1 sampai 500. Jika jumlah artikel lebih dari 500 artikel, misalnya jumlah artikel ada 650 artikel, maka bisa ditambahkan lagi sitemap seperti berikut:

https://www.URLBLOG.com/atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Silahkan tambahkan sendiri sitemap sesuai jumlah artikel dengan memperhitungkan kelipatan jumlah artikel. Tetapi, saya menyarankan untuk menambah satu sitemap saja yaitu sitemap umum yang paling atas.


Cara Menambah Sitemap di Robot.txt Blogger

Setelah menambah sitemap di Bing Webmaster Tools, langkah terakhir adalah menambahkan sitemap di pengaturan robot.txt. Langkah ini berfungsi untuk memudahkan robot pencarian dalam merayapi dan mengindeks halaman URL:

  • Buka dashboard Blogger
  • Klik “Settings”.
  • Pilih opsi “Crawlers and indexing” – centar “Enable custom robots.txt”.
  • Klik “Custom robots.txt”.
  • Masukkan sitemap di dalam kolom, lalu klik “Save”.

Coba perhatikan contoh gambar menambahkan sitemap di pengaturan robot.txt di bawah ini:

Cara Menambah Sitemap di Robot.txt Blogger

Perlu dicatat bahwa untuk pengaturan robot.txt di Blogger, perlu dilakukan dengan hati-hati. Ini dikarenakan kesalahan dalam setting robot.txt dapat beresiko halaman URL blog tidak terindeks di mesin pencari. Jadi, pastikan memilih tutorial dan melakukan penyetingan dengan benar.


Kesimpulan

Mengingat mesin pencari Bing adalah satu satu mesin pencari terbesar, maka sudah sepatutnya pengguna blog melakukan optimasi SEO di dalamnya. Dengan mendaftarkan blog dan menambah sitemap di Bing Webmaster Tools, mesin pencari Bing dapat lebih mudah mengindeks dan merayapi halaman URL blog. Tujuannya adalah agar blog memperoleh sumber trafik dari Bing dan meningkatkan kunjungan.

Tags: