Cara Membuat Formulir Contact Us di Google Drive

Cara Membuat Formulir Contact Us di Google Drive

Membuat Formulir Contact Us di Google Drive – Formulir Contact Us merupakan sebuah formulir yang berguna untuk memfasilitasi komunikasi antara pengunjung dan pemilik blog. Dengan adanya formulir contact us, pengunjung dapat dengan mudah mengirim pesan pada pemilik blog. Ini sangatlah penting untuk meningkatkan interaksi aktif antara kedua belah pihak.

Pada umumnya, formulir contact us dibuat dan diletakkan di halaman “Contact Us”. Apabila pengunjung memiliki suatu yang hendak disampaikan, mereka dapat menghubungi pemilik blog di halaman ini. Misalnya, pengunjung ingin bertanya mengenai konten, menawarkan kerja sama, memberikan saran, dan masukan, dan pesan-pesan lain.


Fungsi Formulir Contact Us di Blog

Formulir contact us memiliki beberapa fungsi penting yang harus ditampilkan di halaman tersendiri di blog. Pada dasarnya, fungsi dan manfaatnya cenderung pada bagaimana memberi pengalaman pengguna dan membantu interaksi. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa manfaat dan fungsi formulir contact us di blog:

1. Menjaga Komunikasi Aktif

Formulir contact us menjadi media utama untuk menjaga komunikasi aktif antara pengunjung dan pemilik blog. Dengan adanya formulir contact us, pengunjung dapat mudah mengirim pesan. Pesan-pesan itu bisa berupa pertanyaan, saran, permintaan, atau keluhan terkait konten-konten di blog.

2. Meningkatkan Interaksi Pengunjung

Dengan menyediakan formulir contact us, pemilik blog menunjukkan bahwa ia terbuka untuk berkomunikasi dengan pengunjungnya. Hal ini dapat meningkatkan interaksi dan loyalitas pengunjung terhadap pemilik blog. Tentu saja karena diberikan fasilitas untuk dapat menghubungi, mereka merasa didengar dan dihargai.

3. Mengelola Hubungan Bisnis

Bagi pemilik blog yang juga menjalankan bisnis atau menyediakan layanan, formulir kontak dapat digunakan untuk menerima pertanyaan bisnis, permintaan penawaran, atau kerjasama. Ini memudahkan siapapun, baik mitra atau calon klien atau mitra, menghubungi pemilik bisnis secara langsung.

4. Membangun Kepercayaan

Formulir kontak yang responsif menunjukkan bahwa pemilik blog siap dan bersedia berinteraksi dengan audiens. Ini dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas, yang sangat penting untuk membangun komunitas yang setia dan terlibat.


Cara Membuat Formulir Contact Us di Google Drive

Ternyata, Google Drive memiliki banyak manfaat yang dapa diperoleh penggunanya. Di antara salah satu manfaatnya, Google Drive dapat digunakan untuk membuat formulir contact us. Pengguna di sini perlu membuat desain formulirnya terlebih dahulu, kemudian menyalin kodenya dan dimasukkan ke dalam halaman blog.

Nah, jika kamu mau, kamu dapat menggunakan layanan Google Drive untuk membuat formulir contact us. Untuk membuatnya, di sini saya akan membagi langkah-langkahnya ke dalam 2 bagian. Simak cara membuat formulir contact us di Google Drive berikut:


A. Buat Formulir di Google Forms

1. Masuk ke akun Google Drive

2. Klik “New” – “Google Forms” – “Blank Form”.

3. Buat judul form (lihat di pojok kiri atas).

Membuat Judul Formulir Contact Us di Google Drive

Judul ini hanya akan tampil di halaman Google Drivemu. Ini berfungsi untuk membedakan nama form atau file yang ada di halaman Google Drive. Dengan membuat judul ini, kamu dapat menemukan form contact us dengan mudah. Sewaktu-waktu, kamu dapat mengeditnya atau memeriksa adanya pesan yang masuk.


B. Membuat Desain Formulir Contact Us

Langkah selanjutnya, kamu perlu membuat desain formulir contact us terlebih dahulu. Pada umumnya, desain yang perlu kamu buat adalah membuat opsi nama, email, dan pesan. Ketiga unsur inilah yang dapat kamu buat agar memperoleh informasi dan dapat membalas pesan pengunjung.

 1. Buat Judul dan deskripsi formulir contact us.

Judul dan deskripsi formulir contact us di Google Drive

Judul dan deskripsi ini akan tampil di bagian atas formulir contact us. Pengunjung dapat membaca dan mengetahui bahwa formulir tersebut dibuat untuk menghubungi pemilik blog.

2. Buatlah kolom “Nama”.

Membuat kolom nama formulir contact us di Google Drive

Short answer berfungsi agar pengunjung memasukkan teks pendek di dalam kolom. Sedangkan opsi “Required” berfungsi untuk memberitahu bahwa kolom wajib diisi.

3. Klik “Add Question” untuk menambahkan opsi kolom baru.

Menambah opsi kolom baru formulir contact us

4. Buat kolom “Email”.

Membuat kolom email formulir contact us di Google Drive

Centang opsi “Response Validation” untuk memberi arahan dalam memasukan alamat email dengan benar. Opsi ini berfungsi sebagai warning apabila pengujung salah memasukkan alamat email.

5. Klik “Add Question” untuk menambahkan seksi (lihat gambar poin ke-3)

6. Buat kolom “Pesan”.

Kolom pesan formulir contact us di Google Drive

Lihat gambar, opsi “Paragraph” memungkinkan pengunjung untuk dapat memasukkan teks panjang atau paragraf.


C. Masukkan Kode Embed HTML ke Halaman Contact Us

Pada sub topik B di atas, kamu sudah membuat desain formulir contact us. Sekarang, kamu perlu kamu lakukan adalah menemukan kode embed HTML dan meletakkannya ke halaman “Contact Us”. Berikut langkah-langkah untuk copy paste kode embed HTML formulir contact us.

1. Klik tombol “Send” – “Embed HTML”.

Menemukan kode embed HTML formulir contact us

2. Atur panjang dan lebar formulir, kemudian copy kode embed HTML dari kolom yang tersedia.

Kode embed HTML formulir contact us di Google Drive

3. Login ke aun Blogger – “Pages” – “New Page” (edit halaman Contact Us apabila sudah ada sebelumnya).

4. Pilih opsi “HTML View”

5. Paste kode embed HTML ke dalam halaman.

Pada tahap ini, kamu sudah menampilkan formulir contact us di halaman blogmu. Dengan demikian, pengunjung dapat menghubungimu apabila ada yang ingin mereka sampaikan. Kamu cukup santai dan sesekali memeriksa apakah ada pengunjung yang mengirimkan pesan. Adapun demo tutoral ini, dapat dilihat pada gambar paling atas sendiri.


Kelebihan dan Kekurangan Formulir Contact Us di Google Drive

Membuat formulir contact us di Google Drive dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengoding dan menambahkan kode-kode di blognya. Ia hanya perlu memiliki akun Google untuk dapat mengakses Google Drive. Selain itu, pengguna dapat membuat formulir contact us dengan tambahan opsi-opsi lain yang diperlukan. Ia dapat mengatur desainnya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Kekurangan formulir contact us di Google Drive adalah notifikasi pesan tidak masuk ke dalam email. Apabila ada pesan yang dikirim oleh pengunjung, pengguna mungkin tidak mengetahui pesan tersebut. Ia harus sering kali memeriksa pesan yang masuk di halaman Google Drive. Selain itu, untuk membalas pesan pengunjung, pengguna perlu mengcopy email pesan masuk di Google Drive dan membalasnya di akun emailnya.

Pesan masuk dari formulir contact us di Google Drive