Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan CAPTCHA di Komentar Blog

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan CAPTCHA di Komentar Blog

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan CAPTCHA di Komentar Blog - Ketika kita menjelajahi dunia online, kita pasti sering kali mendapati istilah CAPTCHA. Istilah CAPTCHA biasa ditemukan di banyak situs web, terutama situs web besar, misalnya ketika kita hendak registrasi, menggunakan tool online gratis, mengirimkan komentar, mendownload file, dan lain sebagainya.


Mengenal Tentang CAPTCHA

CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah sistem verifikasi keamanan untuk membuktikan bahwa kita benar-benar manusia. Bentuk verifikasi keamanan ini biasanya ditandai dengan menyelesaikan tugas seperti matematika, puzzle, gambar, memasukkan huruf, dan sebagainya.

Mengapa harus membuktikan manusia? Karena banyak sekali aktivitas sistem robots (bukan manusia) yang merayapi dan secara otomatis melakukan akses tertentu. Dengan menggunakan CAPTCHA, ini diharapkan mencegah aktivitas sistem robot yang tidak diinginkan, seperti spam, pencurian data, dan lain sebagianya.

Nah, berkaitan dengan pembahasan mengenai istilah CAPTCHA, saya sudah membahas dalam posting berbeda secara lebih detail, silahkan baca: Apa itu CAPTCHA? Apa Manfaatnya?.


Manfaat CAPTCHA di Komentar Blog

Platform Blogger juga menyediakan fitur CAPTCHA, tetapi hanya dikhususkan dalam komentar saja. Setiap pengguna platform Blogger dapat menyetel dengan mengaktifkan fitur CAPTCHA pada setiap komentar. Adapun manfaat mengaktifkan CAPTCHA di komentar blog adalah:

1. Mencegah Munculnya Komentar Spam

Komentar spam adalah komentar sampah yang menggangu, tidak memberi nilai tambah pada artikel, dan tidak relevan sama sekali. Dalam hal ini, saya juga sudah membahas mengenai komentar spam pada posting berbeda, baca: Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?.

Mengaktifkan CAPTCHA di dalam komentar blog memang tidak sepenuhnya dapat mengatasi munculnya komentar spam. Tetapi, ini adalah tindakan pencegahan untuk membuat repot para spammer dalam mengirimkan komentar. Dengan demikian, mengaktifkan CAPTCHA di komentar blog dapat membuat blog terkesan lebih sehat dari komentar-komentar spam.

2. Mencegah Serangan Bot Otomatis

Bisa jadi, pelaku spam menggunakan trik dengan memakai sistem bot otomatis untuk mengirimkan banyak komentar yang sama. Dari sinilah, mengaktifkan CAPTCHA dapat membantu untuk mengidentifikasi apakah komentar tersebut benar-benar dari manusia atau sistem bot.

Memang, bisa jadi sistem bot memiliki algoritma lebih canggih sehingga mampu lolos dari identifikasi fitur CAPTCHA. Sayangnya, sistem bot dengan algoritma lebih canggih biasanya tidak digunakan hanya untuk meluncurkan komentar spam di blog.


Kekurangan CAPTCHA di Komentar Blog

Berbeda dengan dulu, fitur CAPTCHA yang digunakan oleh platform Blogger terbilang mudah, pemberi komentar hanya perlu mencentang sebagai bukti ia adalah manusia. Namun, secara umum, pengunjung ingin sesuatu yang lebih simpel, mudah, dan instan. Mengaktifkan CAPTCHA di komentar blog dinilai lebih merepotkan dan membuang waktu.


Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur CAPTCHA di Komentar Blog

Pengguna blog dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur CAPTCHA di platform Blogger dengan melakukan pengaturan komentar. Berikut ini langkah dan cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan CAPTCHA di komentar blog:

  1. Login ke dalam akun Blogger
  2. Klik menu “Settings” (menu sebelah kiri)
  3. Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  4. Klik “Comment location”
  5. Pilih “Full page” lalu klik “Save”.
  6. Pilih opsi “Reader comment captcha”.

Ada yang perlu diperhatikan di sini, jika kamu memilih opsi “Embeded” (lihat pada poin ke lima), maka opsi fitur CAPTCHA menjadi tidak aktif.

Selanjutnya, jika ingin mengaktifkan CAPTCHA di komentar blog, silahkan centang pada opsi “Reader comment captcha” sampai warnanya menjadi hijau kebiruan. Jika ingin menonaktifkan CAPTCHA di komentar blog, hilangkan centang pada opsi “Reader comment captcha” sampai warnanya menjadi abu-abu.


Kesimpulan

Meskipun tidak 100% dapat mengatasi masalah komentar spam yang datang, setidaknya fitur CAPTCHA dapat sedikit membantu untuk mencegahnya. Namun, dengan menimbang kekurangannya, kamu bisa memutuskan sendiri apakah mengaktifkan CAPTCHA atau menonaktifkan CAPTCHA di setiap komentar blog.

Saya sendiri menyarankan untuk menonaktifkan fitur CAPTCHA di komentar blog jika kamu menampilkan kolom komentar di setiap artikel. Pasalnya, mengaktifkan CAPTCHA lebih memakan waktu para pengunjung untuk memberi komentar.

Nah, apabila kamu memang sering mendapati masalah komentar spam, artikel berikut ini mungkin dapat membantumu untuk mencegahnya: 7 Cara Mencegah Komentar Spam di Blog.