Cara Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker)

Cara Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker)

Cara Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker) - Histats merupakan salah satu situs tool analisis yang berguna untuk mengetahui laporan tentang statistik dan analisis sebuah blog. Statistik dan analisis ini dilaporkan dengn cukup detail, sehingga pengguna dapat mengetahui interaksi pengunjung dengan blognya.

Situs tool ini tentu sangatlah berguna untuk mengetahui sejauh mana blog telah berkembang. Tampilan informasi akan hasil tracking oleh sistem yang digunakan Histats dapat dinilai cukup elegan, simple, dan mudah dipahami. Bahkan, saya sendiri sebenarnya lebih suka detail informasi dan data analisis Histats daripada Google Analytics, lebih simple dan lebih mudah.

Sejauh ini, Histats telah digunakan oleh banyak pengembang blog dan penulis blog. Selain gratis, ada banyak yang fitur Histats yang dapat dinikmati, seperti memberikan laporan banyaknya pengunjung tiap harinya, keyword atau kata kunci yang dominan, artikel yang sering dikunjungi (baik berdasarkan URL atau judul), informasi pengunjung dari berbagai macan kota dan negara, dan lain-lainnya.


Widget Histats Yang Umum Digunakan

Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai sub topik tentang widget Histats, maka bisa terlebih dahulu dibaca : Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi.

Widget histas biasanya banyak ditampilkan di beberapa area halaman blog, seperti area sidebar dan footer. Kedua area ini adalah area yang cocok untuk menampilkan widget-widget tambahan.

Dengan menggunakan widget Histats, sebuah blog tidak hanya terlihat lebih visual dan berwarna, tetapi juga memberi nilai informatif pada pengunjungnya. Pengunjung bisa dapat mengetahui informasi pengunjung lain di blog tersebut, seperti pengunjung online, banyaknya halaman yang dikunjungi, dan lainnya.

Ada banyak warna dan tampilan widget Histats yang bisa dipilih saat pengguna mengatur di dalamnya. Biasanya, widget Histats yang ditampilkan di area sidebar dan footer adalah seperti gambar di bawah ini:

Widget Histats Yang Umum Digunakan

Adapun penjelasan mengenai cara memasang dan memilih tampilan widget Histats telah saya ulas dalam posting yang berbeda. Di sana, saya juga menjelaskan mengenai fungsi, kelebihan, bahkan kekurangan Histats. Silahkan pelajari lebih lengkap: Cara Mengetahui Pengunjung Blog di Histats.


Cara Menyembunyikan Widget Histats Agar Tidak Tampil di Halaman Blog (Hidden Tracker)

Namun, Histats juga memungkinkan penggunany untuk dapat menyembunyikan widget Histats di halaman blog. Artinya, pemilik blog memang memasang widget Histats di halaman blog, tetapi tidak bisa dilihat oleh pengunjung, bahkan pemilik blog sendiri. Pertanyaannya adalah bagaimana pemilik blog bisa mengetahui data tracking Histats?. Tentu saja ia harus login ke akun Histats. 

Adapun cara menyembunyikan widget Histats agar tidak tampil di halaman blog (Hidden Tracker) adalah sebagaimana berikut:

1. Buka dan login ke akun Histats.

2. Klik menu “Control Panel”

3. Klik URL blog yang telah ditambahkan di akun Histats.

4. Klik “Counter Code”.

Counter Code Untuk Membuat Widget Histats

5. Klik “Add New Counter”.

6. Klik “Hidden Tracker”.

Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker)

7. Klik “Save”.

8. Copy kode script dari halaman “Counter Code” dan paste di widget blog.

Kode Script untuk Widget Histats

Dengan menampilkan hidden tracker widget ini, pengguna tidak bisa melihat status dan informasi dari widget Histats di halaman blognya. Ia harus login ke akun Histats untuk mengetahui informasi dan datanya.


Manfaat Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker)

Bagi pengguna Histats, ada beberapa manfaat dengan menggunakan tampilan hidden tracker, seperti:

1. Menghindari Pelacakan Aktivitas Blog dari Pengunjung

Dengan menyembunyikan widget Histats (Hidden Tracker), pengunjung tidak bisa mengetahui aktivitas pengunjung blog, baik visitor online, total page views, dan lainnya. Dengan demikian, tampilan hidden tracker berfungsi untuk menghindari pelacakan informasi dan aktivitas blog dari pengunjung.

2. Tidak Suka Memamerkan Jumlah Pengunjung Blog

Ada juga pengguna yang memang menyembunyikan widget Histats (Hidden Tracker) untuk alasan privasi. Bukan karena tidak ingin dilihat informasi dan status tracking Histats, tetapi karena memang tidak suka memamerkannya.

3. Hidden Tracker Sebagai Alasan Privasi

Dalam beberapa kasus, bisa jadi pengguna Histats memiliki trafik kunjungan blog yang relatif rendah. Ia merasa malu untuk memperlihatkan informasi dan status kunjungannya di halaman blog. Hidden Tracker bisa menjadi opsi tepat untuk alasan ini.


Cara Mengetahui Blog Memasang Histats atau Tidak

Terkadang, beberapa pengunjung blog tidak menemukan adanya widget Histatas yang dipasang. Ia pun mengira bahwa pemilik blog tidak menggunakan dan tidak memasang widget Histats. Perkiraan semcam ini belum tentu benar sepenuhnya. Bisa jadi pemilik blog memang menyembunyikan widget Histats agar tidak diketahui oleh pengunjung.

Nah, cara untuk mengetahui dan mengecek apakan sebuah blog memasang widget Histats atau tidak adalah dengan menelusuri sumber kode pada template blog itu:

  1. Buka halaman blog tersebut (halaman utama atau halaman artikel).
  2. Tekan “CTRL + U” di keyboard PC untuk memunculkan halaman source kode template.
  3. Tekan “CTRL + F” di keyboard PC untuk mencari kata kunci tertentu
  4. Ketik “Histats” lalu tekan “Enter”.

Jika pada halaman source kode template tidak ditemukan kata kunci “Histats”, maka template tersebut memang tidak dipasangi widget Histats. Apabila ditemui sesuai kata kunci tersebut, berarti pemilik blog memang menyembunyikan widget Histats dengan tampilan hidden tracker.

Demikian tutorial mengenai cara menyembunyikan widget Histats (hidden tracker). Semoga artikel dapat memberi sedikit referensi dalam menambah wawasan online, terima kasih.