Cara Download Artikel Blog ke PDF Dengan Print Friendly

PelangiBlog.Com - Dalam usaha melindungi artikel blog, beberapa blogger tidak menginginkan artikel mereka dicopy paste. Ya, memang banyak sekali usaha untuk mencuri konten meskipun blog sudah diprotect, tetapi masih banyak pula cara untuk meleindungi artikel blog, seperti yang sudah saya terbitkan beberapa hari lalu :


Memang, cara-cara tersebut sangat membantu agar konten tidak dicopy paste. Tetapi, di lain pihak, perlindungan semacam itu juga dibenci oleh para pengunjung, khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi untuk referensi tugas sekolah.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan referensi dari artikel blog di mana artikel tersebut tidak dapat dicopy paste, ada cara lain untuk mendapatkannya, yaitu dengan download artikel blog ke PDF. Download artikel blog ke PDF ini bekerja seara online tanpa menggunakan software, berikut cara dan langkahnya :

1. Kunjungi http://www.printfriendly.com 

2. Masukkan URL artikel blog, lihat gambar berikut ini :


3. Lalu klik “Print preview

4. Nah, halaman selanjutnya adalah tampilan atau preview artikel blog, klik “PDF” untuk download

Kelebihan situs Print Friendly :
  • Berbeda jika Anda download artikel blog ke PDF dengan menggunakan software seperti Foxit PhantomPDF, situs ini menangkap hanya isi artikel. Adapun header, sidebar, dan footer blog tidak akan ikut terdownload, jadi menguntungkan bukan ?.
  • Anda bisa menghapus beberapa kalimat pada artikel yang menurut Anda memang perlu dihapus (ketika mode preview PDF), caranya dengan mengklik kalimat tersebut
  • Anda juga bisa install aplikasi Print Friendly di browser dengan klik "Install Print Friendly Extension". Jadi, setiap Anda membuka blog, Anda bisa langsung download dari aplikasi di browser Anda
  • Mudah, simple, dan sangat membantu tentunya.

Nah, Anda juga bisa memasang widget Print PDF untuk memudahkan pengunjung agar bisa download setiap artikel blog Anda, baca di Cara Memasang Print PDF Di Atas Dan Di Bawah Posting.
Tanggapan :