Adab dan Tata Krama Sebelum dan Sesudah Tidur

Lafadz doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur beserta terjemahnya

Adab dan Tata Krama Sebelum dan Sesudah Tidur

Agama islam juga mengatur tentang bagaimana tidur yang sehat dan baik sesuai dengan adab dan tata kramanya. Adapun adab dan tata krama sebelum tidur dan sesudah tidur, maka bisa dilihat jelas seperti poin-poin berikut ini :

ADAB DAN TATA KRAMA SEBELUM TIDUR
Adapun adab dan tata krama yang perlu diperhatikan dan dipraktekkan sebelum kita tidur, maka antara lain adalah :

1. Bersuci dari Hadats
Adab dan tata krama pertama adalah tidur dalam keadaan suci dari hadats, baik hadats besar maupun hadats kecil. Jika kita memiliki hadast besar, maka hendaknya mandi janabah terlebih dahulu kemudian ditutup dengan wudlu, karena orang yang meninggal dalam keadaan suci adalah orang yang mati syahid di sisi Allah SWT. Dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda :
مَنِ نَامَ عَلَى الْوُضُوْءِ فَاَدْرَكَهُ الْمَوْتُ فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ فَهُوَ عَنْدَ اللهِ شَهِيْدٌ
"Barang siapa tidur dalam keadaan mempunyai wudlu, kemudian kematian menjemputnya di malam itu, maka dia di sisi Allah adalah orang yang mati syahid".

2. Berdoa Sebeleum Tidur
Sebelum tidur, hendaklah berdoa terlebih dahulu dengan doa umum yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW yang telah disempurnakan kalimatnya oleh para ulama' yaitu :
بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِسْمِكَ اَمُوْتُ
"Dengan menyebut nama-Mu, ya Allah, kami hidup. Dan dengan menyebut nama-Mu, kami mati".

3. Memperbanyak Dzikir Sebelum Tidur
Tentu kita akui bahwa banyak keburukan dan kemaksiatan yang kita lakukan di dalam setiap harinya. Nah, untuk mengimbangi keburukan dan kemaksiatan yang telah kita lakukan, maka alangkah sangat baiknya jika kita memulai hari dan menutup hari dengan dzikir kepada Allah SWT. Dalam salah satu hadits Nabi SAW dijelaskan :
مَنْ كَانَ اَوَّلُ كَلَامِهِ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاٰخِرُ كَلَامِهِ وَعَمِلَ اَلْفَ سَيِّئَةٍ اِنْ عَاشَ اَلْفَ سَنَةٍ لَا يَسْأَلُ اللهُ عَنْ ذَنْبٍ وَاحِدٍ
Barang siapa yang di awal perkataannya adalah “La Ilaha Illallah” (tiada tuhan selain Allah) dan di akhir perkataannya adalah “La Ilaha Illallah” (tiada tuhan selain Allah) dan dia melakukan 1000 keburukan, jika dia hidup selama selama 1000 tahun maka Allah tidak akan menanyainya satu dosa pun

4. Tidur Dengan Niat Agar Kuat Melaksanakan Ibadah
Untuk menyempurnakan tidur kita agar bernilai ibadah, maka niatkanlah tidur untuk memberikan kekuatan dalam melaksanakan aktivitas dan ibadah selepas bangun tidur. Tidur tanpa niat tidaklah dinilai sebagai ibadah, sedangkan tidur dengan niat baik akan dinilai sebagai ibadah.

5. Tidur Dengan Cara Bertumpu Pada Perut Sebelah Kanan
Salah satu gaya tidur sehat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah tidur dengan bertumpu pada perut sebelak kanan dan meletakkan kedua tangan di bawah pipi, kurang lebih seperti gambar di atas.

6. Jangan Tidur Sesaat Setelah Makan
Tidur dalam keadaan kenyang setelah makan akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, di antaranya adalah mengganggu proses pencernaan. Jadi, langkah tepat yang perlu dilakukan jika kita mengantuk setelah makan melakukan beberapa aktivitas kecil untuk memudahkan proses pencernaan makanan, meskipun itu hanya berjalan 100 langkah kaki.

7. Jangan Tidur Terlalu Malam
Bagi para remaja khususnya, begadang merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Sayangnya banyak dampak buruk yang ditimbulkan akibat keseringan begadang. Selain itu, begadang merupakan gaya hidup tidak sehat, baca lebih lanjut : 7 Dampak Buruk Karena Sering Begadang.

8. Jangan Tidur Secara Berlebihan
Kurang tidur dapat menyebabkan kondisi tubuh serasa lemas, sedangkan banyak tidur juga menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil, pikiran kurang jernih, dan sakit kepala. Selain itu, tidur secara berlebihan juga merupakan prilaku yang dibenci Allah SWT dan dapat menyebabkan hati menjadi keras. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda :
ثَلَاثَةٌ تُوْرِثُ قَسْوَةَ الْقَلْبِ حُبُّ النَّوْمِ وَحُبُّ الرَّاحَةِ وَحُبُّ الْأَكْلِ
"Ada 3 perkara yang bisa menyebabkan kerasnya hati, yaitu cinta tidur, cinta istirahat, dan cinta makan".

ADAB DAN TATA KRAMA SESUDAH BANGUN TIDUR
Adapun adab dan tata krama yang harus dilakukan setelah bangun tidur sebagai akhlaq seorang muslim adalah sebagai berikut :

1. Berdoa Sesudah Bangun Tidur
Selepas bangun tidur, maka hendaknya dibuka dengan doa yang menunjukkan upaya mensyukuri nikmat Allah SWT. Adapun doa umum sesudah bangun tidur yang telah diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut ini :
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَحْيَانَا بَعْدَ مَا اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ
"Segala puji hanya bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami. Dan hanya kepada-Nya kami akan dikumpulkan (dibangkitkan)".

2. Mengawali Hari Dengan Dzikir
Sebagaimana yang telah dijelaskan pada adab dan tata krama sebelum tidur di atas, maka mengawali hari dengan dzikir merupakan hal luar biasa yang sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan muslim pada umumnya.

3. Membersihkan dan Mensucikan Diri
Alangkah baiknya juga jika setelah bangun tidur kemudian disusul dengan membersihkan diri, di antaranya adalah menggosok gigi untuk menghikangkan bau mulut, mandi untuk menghilangkan bau badan, dan ditutup dengan berwudlu. Selain itu, memulai awal hari dengan menyegarkan tubuh dengan air akan menjadikan tubuh semakin siap untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

4. Melakukan Aktivitas Kecil Untuk Meregangkan Otot Yang Kaku
Adab dan tata krama yang juga perlu dilakukan demi menjaga tubuh tetap sehat yaitu melakukan aktivitas-aktivitas kecil di pagi hari sebagai bentuk peregangan otot-otot yang kaku, baik dilakukan dengan cara berjalan-jalan atau olahraga kecil. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih bugar untuk menjalankan aktivitas yang lebih berat lainnya, pikiran pun lebih jernih untuk menyambut hari.
Nama

Akhlaq,28,Android,51,Aswaja,33,Bisnis Online,20,Blogging,164,Doa-doa,40,Fiqih,24,Gaming,15,Ilmu Hadits,52,Inspirasi,56,Internet,88,Keluarga,32,Kisah teladan,85,Kitab Kuning,6,Komputer,14,Life,97,Pekerjaan,10,Pendidikan,26,Relationship,29,Religi,88,Sholawat,31,Tajwid,37,Tips,42,
ltr
item
Pelangi Blog: Adab dan Tata Krama Sebelum dan Sesudah Tidur
Adab dan Tata Krama Sebelum dan Sesudah Tidur
Lafadz doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur beserta terjemahnya
https://1.bp.blogspot.com/-kkoT0vms9XU/XnS9bIawAfI/AAAAAAAAFno/fUNlbZZEALgRnhXx_QxS7DCIyptuZ8l3QCLcBGAsYHQ/s640/tidur.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kkoT0vms9XU/XnS9bIawAfI/AAAAAAAAFno/fUNlbZZEALgRnhXx_QxS7DCIyptuZ8l3QCLcBGAsYHQ/s72-c/tidur.jpg
Pelangi Blog
https://www.pelangiblog.com/2015/06/doa-sebelum-dan-sesudah-tidur-serta.html
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/2015/06/doa-sebelum-dan-sesudah-tidur-serta.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content