7 Fakta Wirausaha Lebih Baik Daripada Jadi Karyawan

7 Fakta Wirausaha Lebih Baik Daripada Jadi Karyawan

Bekerja adalah kewajiban dan kebutuhan yang harus dilakukan setiap orang untuk menyokong kehidupan sehari-hari. Tentu saja kerena tanpa bekerja, seseorang akan kesulitan mendapatkan pemasukan setiap bulan, walhasil ia juga akan kesulitan untuk memenuhi setiap kebutuhan yang datang.

Mungkin, beberapa masalah yang sering muncul, khususnya bagi mahasiswa yang baru saja lulus kuliah, adalah jadi wirausaha atau karywan ?. Pertanyaan seperti ini terkadang sering muncul dan mengganggu benak pikiran, entah kamu saat ini adalah wirausaha ataupun karyawan, itu adalah pilihan kamu.

Tetapi, jika saya boleh menyarankan, jadilah seorang wirausaha sukses sebagai pilihan kamu bekerja. Apa alasannya ? tentu saja banyak hal yang tidak akan kamu dapatkan kecuali kamu menjadi seorang wirausaha. Dan berikut ini ada beberapa fakta bahwa wirausaha jauh lebih baik daripada menjadi karyawan :

1. You are Big Boss

Jika kamu menjadi karyawan, berarti kamu adalah bawahan, tetapi jika kamu punya usaha sendiri, berarti kamu adalah big boss. Artinya, memiliki usaha sendiri berarti kamu menempatkan posisi kamu sebagai atasan atau boss, takkan ada yang mengaturmu justru kamu yang memberikan aturan.

2. Kamu Bisa Seleluasa Mungkin Memanfaatkan Waktu Tanpa Terikat

Saat kamu menjadi karyawan, berarti kamu terikat target dan waktu dalam bekerja, kamu tidak bisa leluasa menikmatinya. Ya, hanya ada hari-hari libur tertentu, belum lagi jika kerja lembur tiap malam. Bayangkan hal seperti itu, jika ada moment penting bersama keluarga atau teman-teman, kamu terpaksa tidak bisa menghadirinya atau harus repot-repot meminta izin cuti. Bagi mereka para wirausaha, kapanpun dan bagaimana pun kondisinya, mereka bisa libur bekerja tanpa ada kendala, target dan waktu tidak mengikat pekerjaan mereka.

3. Kesalahan Dalam Bekerja, Siapa Yang Akan Memaki-maki Kamu ?

Kesalahan sekecil apapun ketika kamu menjadi karyawan, pasti kamu akan mendapatkan maki dari atasan, tentu rasanya sangat membosankan sering kena maki. Nah, kalau kamu menjadi wirausaha, siapa yang akan memaki-maki kamu ?. Setidaknya kesalahan tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk memaksimalkan usaha kamu.

4. Kamu Bebas Menentukan Tujuan Untuk Dicapai

Karyawan selalu dihadapkan pada tujuan dan target yang telah dipastikan, kamu tidak bisa merubahnya karena itu sudah menjadi ketentuan perusahaan. Jika kamu memiliki usaha sendiri, kamu jelas bebas mengekspresikan ke mana target dan tujuan kamu.

5. Resiko Pekerjaan Adalah Tanggung Jawabmu Sendiri

Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko, apapun pekerjaan itu. Karena kamu adalah seorang wirausaha, pekerjaan itu adalah milik kamu, dan secara otomatis sukses atau bangkrut adalah dua hasil yang akan kamu dapatkan tergantung bagaimana tindakan kamu. Begitu pula resiko pekerjaan tersebut juga menjadi tanggung jawabmu tanpa melibatkan orang lain.

6. Pola Pikirmu Semakin Dinamis Seiring Berjalannya Waktu

Memiliki usaha sendiri, tentu saja kamu akan dituntut untuk berpikir ke masa depan pekerjaan kamu sesuai target dan tujuan. Sehingga, pemikiran kamu akan semakin lebih peka dalam menanggapi beberapa masalah dalam bekerja, ini tentu berbeda ketika kamu menjadi karyawan.

7. Rasa Bangga Bercampur Bahagia Atas Kesuksesan Dari Jerih Payah dan Keringatmu

Sukses dalam bekerja adalah harapa setiap orang, dan pastilah bangga bagi mereka yang sudah menggapai kesuksesan tersebut, baik dimulai dari karyawan ataupun dari usaha sendiri. Tetapi, rasa bangga atas kesuksesan dengan usaha sendiri lebih terasa di hati, tentu saja semua itu berkat tetesan keringat, jerih payah, dan ide-ide emas dari diri sendiri, bukan dari orang lain.


Lalu, Apakah Saya Tidak Harus Menjadi Karyawan ?

Tidak masalah jika kamu menjadi karyawan karena memang itu adalah hak yang harus kamu pilih, posting ini hanya bentuk saran dan dedikasi kepada para wirausaha. Tetapi, jika kamu memang memiliki impian untuk memiliki usaha sendiri sementara belum siap modal, pastikan kamu menabung modal untuk membuat usaha sendiri nantinya karena usaha juga butuh modal, pengalaman, keahlian, dan perencanaan yang matang sebelum menjalaninya. Karena banyak berceceran wirausaha sukses di dunia yang dulunya juga adalah seorang karyawan.