10 Tanda dan Ciri Orang Yang Sok Pintar

Pernahkan kamu mempunyai teman sok pintar padahal sebenarnya dia tak tahu apa-apa ?. Ya, perkataan atau tingkah orang yang sok pintar pasti membuat orang di sekitarnya merasa jengkel, bahkan mungkin kamu juga merasa demikian. Orang yang sok pintar ternyata memiliki banyak tanda dan ciri-ciri yang mengidentifikasi, yang di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Banyak Bicara Sedikit Bekerja

Salah satu ciri dan tanda orang yang sok pintar adalah banyak bicara, dia enggan mendengar orang lain dan lebih suka didengarkan. Perkataan orang yang sok pintar juga tidak berbobot, padahal dia banyak bicara tetapi sedikit melakukan hal-hal yang bermanfaat. Selain itu, dia juga mengumbar minimnya pengetahuan seolah-olah dia pandai dan tahu banyak hal, padahal semuanya hanyalah tong kosong nyaring bunyinya.

2. Suka Ikut Campur Urusan Orang Lain, Padahal Tak Membantu Sama Sekali

Selanjutnya, orang yang sok pintar juga suka mencampuri urusan orang lain, dia ingin tahu apa yang terjadi. Dia juga merasa bahwa masalah yang didapat orang lain adalah mudah, tanpa peka dalam menanggapi masalah tersebut. Dia merasa sangat bangga bisa mengerti urusan atau masalah orang lain, padahal apa yang dia lakukan bahkan tidak membantu memecahkan masalah.

3. Suka Mengarang Cerita dan Membesarkan Masalah

Nah, ketika dia ditanya, dia menjawab dengan asal-asalan seolah dia tahu semuanya, bahkan terkadang sampai mengarang cerita agar orang lain menganggapnya sebagai seorang yang berpotensi dalam hal tertentu. Ketika dia mengetahui atau mendapati masalah sepele dengan orang lain, dengan mudahnya dia membesar-besarkan masalah itu.

4. Banyak Melakukan Hal-hal Yang Tidak Penting

Orang yang sok pintar juga suka mengerjakan banyak hal, tetapi sebenarnya apa yang dia kerjakan merupakan hal-hal yang tidak penting. Ini dia lakukan agar orang lain melihatnya sebagai orang yang sibuk dan cepat kaki ringan tangan, padahal semua hanyalah kedok.

5. Suka Meremekan Orang Lain

Percayalah, orang yang sok pintar merasa dirinya sudah lebih tahu banyak hal daripada orang lain, sehingga dia terkadang memandang rendang orang lain. Begitu juga halnya ketika dia dihadapkan dengan hasil atau karya orang lain, dia tidak bisa menilainya dengan bijaksana, keegoisannya membuatnya meremehkan hasil atau karya tersebut.

6. Suka Dipuji, Tapi Tak Ingin Dikritik

Orang yang sok pintar biasanya memiliki keegoisan diri yang tinggi. Hal ini dapat dilihat bagaimana dia begitu senang ketika mendapatkan pujian dari orang lain. Tetapi, ketika mendapatkan kritikan dari orang lain, dia tidak bisa menerimanya dengan lapang, padahal kritikan adalah pembelajaran dari kesalahan.

7. Kurang Bisa Menerima Saran atau Pendapat Orang Lain

Orang yang sok pintar ternyata tidak mudah menerima nasehat dan masukan yang bersifat membangun dari orang lain, ini karena besarnya sifat egois diri yang meresa bahwa dia lebih hebat dari orang lain. Padahal manusia terlahir dengan ketidaksempurnaan, mereka sering kali melakukan kecerobohan dan kesalahan, dan tentu saja membutuhkan manusia lain untuk memberikan masukan dan saran yang bersifat membangun.

8. Suka Mencari Muka

Selain itu, orang yang sok pintar pandai dalam mencari muka dengan mengandalkan gaya bicara dan banyaknya hal yang dilakukan. Dia ingin dinilai sebagai orang yang benar-benar bisa diandalkan, dia ingin mendapatkan perhatian dan pengakuan dari orang lain, dan dia ingin terlihat bahwa dia tahu banyak hal.

9. Tidak Mudah Mengakui Kesalahan

Nah, karena perasaan diri yang merasa lebih pandai dari orang lain, orang sok pintar tidak pandai mengakui kesalahan yang sudah dia perbuat. Dia tahu bahwa dia melakukan sebuah kesalahan, tetapi dia malu untuk mengakuinya. Parahnya lagi, terkadang dia bahkan tidak sadar bahwa apa yang dia lakukan adalah salah.

10. Gengsi Bertanya Saat Ada Masalah

Anehnya, ketika orang yang sok pintar mendapati kesulitan atau masalah dalam mengerjakan sesuatu, dia merasa gensi untuk bertanya kepada temannya. Dia berusaha sebisa mungkin dengan harapan akan mendapatkan sanjungan atas keberhasilannya.