Inilah Orang Yang Mempunyai Iman Paling Unik Di Antara Umat Rosulullah SAW

Inilah Orang Yang Mempunyai Iman Paling Unik

PelangiBlog.Com – Jika sahabat adalah orang-orang islam yang menyempati hidup Rosulullah SAW, maka kita adalah saudara Rosulullah SAW. Mengapa demikian ? untuk menjawab pertanyaan ini, maka alangkah baiknya jika jawababnya akan dijelaskan melalui hadist di bawah ini :

Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas ra, sesungguhnya Rosulullah SAW bertanya kepada para sahabat “Apakah kamu tahu siapa orang yang mempunyai iman paling ajaib (aneh) ?”.

Para sahabat berkata “Imannya para malaikat, wahai Rosulullah”

Kemudian Rosulullah menjawab “Bagaimana malaikat tidak beriman, sedangkan mereka telah mengetahui perintah (risalah) Allah SWT secara nyata !”

Para sahabat berkata lagi “Para nabi, wahai Rosulullah”

Rosulullah SAW menjawab “Bagaimana para nabi tidak beriman, sedangkan ar-rukh (malaikat Jibril) menurunkan wahyu kepada mereka dari langit !”

Para sahabat pun berkata lagi “Sahabat-sahabat Engkau, wahai Rosulullah”

Rosulullah SAW menjawab “Bagaimana sahabat-sahabatku tidak beriman, sedangkan mereka melihat mukjizat dariku dan aku menceritakan kepada mereka atas apa yang diturunkan kepadaku !”.

Kemudian Rosulullah melanjutkan sabda Beliau “Tetapi, orang-orang yang memiliki iman paling aneh adalah kaum (umat islam) yang datang setelahku (setelah wafatku). Mereka beriman dan membenarkanku, sedangkan mereka tidak melihatku, mereka adalah saudara-saudaraku !”.


Kesimpulan hadist di atas :
Dari hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Abbas ra tersebut, dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki iman paling unik di antara umat Rosulullah SAW adalah orang-orang islam yang beriman setelah Rosulullah SAW wafat, termasuk kita.

Dikatakan memiliki kita memiliki iman paling unik, karena kita tidak menyempati kehidupan Rosulullah SAW semasa Beliau masih hidup, tetapi kita masih tetap beriman, percaya, dan membenarkan Beliau tanpa meragukan sedikit pun. Ya, bahkan Rosulullah SAW mengatakan bahwa kita adalah saudara Beliau, orang-orang yang mempunyai iman paling unik. Inilah keistimewaan umat islam setelah wafatnya Rosulullah SAW dibanding dengan para malaikat, para nabi, dan para sahabat Beliau.

Sumber : Kitab Mawaidlul Ushfuriyyah, Hadist ke delapan belas
Penulis : Syekh Muhammad bin Abu Bakar.

Tanggapan :