Pengertian Akhlaq Menurut Para Ahli dan Pakar

Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli dan Pakar

PelangiBlog.Com – Akhlaq memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari, baik bagi diri sendiri, berhubungan sosial dan lingkungan, maupun berhubungan dengan Allah SWT. Akhlak merupakan sifat abstrak yang terdapat pada diri setiap manusia dan dapat mencerminkan kepribadian baik atau buruk

Pengertian Akhlaq
Secara harfiah, akhlak berasal dari bahasa arab “khuluqun” yang artinya perangai atau watak. Dan dalam kehidupan sehari-hari, kita menyebut akhlak sebagai watak, budi pekerti, moral, dan etika. Namun, beberapa pakar dan ahli memberikan gagasan tentang pengertian akhlak secara istilah, sebagaimana berikut ini :

1. Menurut Imam Ghozali
Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan berbagai macam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

2. Menurut Ibnu Maskawih
Akhlaq adalah perilaku jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa melalui pertimbangan.

3. Menurut Ibrahim Anis
Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa, yang melahirkan bermacam-macam perbuatan, baik atau buruk, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.

4. Menurut Prof. Dr. Ahmad Amin
Akhlaq adalah kebiasaan baik dan buruk, segala sesuatu yang kehendak yang terbiasa dilakukan.

5. Menurut Ki Hajar Dewantara
Akhlaq adalah segala soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia pada umumnya, khususnya yang mengenai gerak-gerik pikiran dan rasa yang berupa pertimbangan dan perasaan, sampai mengenai aplikasinya yang berupa sebuah perbuatan. Ki Hajar Dewantara juga menegaskan bahwa akhlak merupakan sifat ketertiban (tata) di dalam hidup manusia (lahir dan batin), sehingga hidup manusia itu terlihat berbeda dengan hidup makhluk-makhluk yang lainnya.

6. Menurut Ja’ad Maulana
Akhlaq adalah segala macam gerak  jiwa manusia, apa yang dibiasakan mereka dari perbuatan dan perkatan yang menyingkap hakikat-hakikat baik dan buruk.

7. Menurut Situs Wikipedia
Akhlaq adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan.

Macam-macam Akhlaq
Dari beberapa pengertian dan definisi akhlak yang dikemukakan para ahli di atas, maka akhlak terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

1. Akhlaq Mahmudah atau Akhlak Terpuji
Untuk melihat lebih spesifik tentang perngertian dan macam-macam akhlak mahmudah, silahkan kunjungi : Pengertian dan Macam-macam Akhlak Mahmudah (Akhlak Terpuji).

2. Akhlaq Madzmumah atau Akhlak Tercela
Untuk melihat lebih spesifik tentang perngertian dan macam-macam akhlak mahmudah, silahkan kunjungi : Pengertian dan Macam-macam Akhlak Madzhmudah (Akhlak Tercela).

Tanggapan :