Hukum Bacaan Mad Lain dan Contoh Lengkap

Hukum Bacaan Mad Lain dan Contoh Lengkap
Mad lain (مَدْ لَيْن)merupakan salah satu dari beberapa hukum bacaan mad dalam ilmu tajwid. Jika kita ingin mempelajari tentang hukum bacaan mad lain, maka ada dua kunci huruf yang perlu diketahui yaitu huruf wawu dan huruf ya’.

Hampir sama memang dengan hukum bacaan mad thobi’i, tetapi jika huruf mad thobi’i ada tiga yaitu alif, wawu, dan ya’, maka huruf mad lain hanya 2 yaitu wawu dan ya’. Selian itu, yang membedakan lagi juga adalah harakatnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hukum bacaan mad lain, maka berikut ini penjelasannya, semoga bisa bermanfaat :

Pengertian Mad Lain Menurut Bahasa
Mad berarti panjang, sedangkan lain berarti lunak atau lemas.

Pengertian Mad Lain Menurut Istilah
Untuk mengetahui tentang pengertian mad lain secara istilah, berikut ini ada dua point yang mendefinisikan mad lain, yaitu :
  1. Apabila ada waqaf (baik di tengah maupun di akhir kalimat) yang didahului dengan fathah bertemu dengan ya’ mati (ya’ sukun)
  2. Apabila ada waqaf (baik di tengah maupun di akhir kalimat) yang didahului dengan fathah bertemu dengan wawu mati (wawu sukun)

Contoh :
ContohSebabCara Membaca

فِيْ خَيْرٍ

ada waqaf yang didahului fathah bertemu dengan ya' matifi khoiir

مِنَ النَّوْمِ

ada waqaf yang didahului fathah bertemu dengan wawu matiminan nauum

Cara Membaca :
Cara membaca mad lain harus dibaca panjang 1 alif atau dua harakat.

Demikian sedikit ulasan tentang hukum bacaan mad lain, semoga posting yang singkat dan sederhana ini mampu memberikan manfaat bagi para pembaca yang ingin mempelajari hukum-hukum bacaan ilmu tajwid. Dan jangan lupa, saya sudah mengumpulkan beberapa hukum bacaan dalam ilmu tajwid pada ink berikut ini :

Baca : Kumpulan Hukum Bacaan Dalam Ilmu Tajwid.