Pembagian dan Macam-Macam Hukum Bacaan Mad Dalam Ilmu Tajwid

Mad menurut bahasa artinya panjang, sedangkan menurut istilah adalah memanjangkan suara (bacaan) atas satu huruf dari huruf-huruf mad (panjang)

 Pembagian dan Macam-Macam Hukum Bacaan Mad Dalam Ilmu Tajwid

Hukum bacaan mad dalam Al-Qur’an merupakan hukum bacaan yang paling banyak ditemui, bahkan di setiap ayat Al-Qur’an pasti terdapat hukum bacaan mad. Tentu saja hal ini menjadi poin penting bagi kita sebagai seorang muslim karena hukum bacaan mad-lah yang menjadi tolak dasar kualitas bacaan Al-Qur’an. Pastinya hal tersebut juga menyangkut bacaan panjang dan pendek dalam membaca Al-Qur’an.

Pengertian Hukum Bacaan Mad
Menurut bahasa mad berarti panjang, sedangkan menurut istilah adalah sebagai berikut :
اَطَالَةُ الصَّوْتِ بِحَرْفٍ مِنَ الْحُرُوْفِ الْمَدَّ
Memanjangkan suara (bacaan) atas satu huruf dari huruf-huruf mad (panjang)

Dari pengertian istilah di atas menunjukkan bahwa setiap bacaan panjang dalam Al-Qur’an disebut bacaan mad, apapun itu.

Pembagian dan Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
Para ulama’ ahli dalam bidang ilmu tajwid telah mempelajari, merumuskan, dan mengkonsep hukum-hukum bacaan mad dalam setiap ayat Al-Qur’an, dengan hasil bahwa mad terbagi menjadi 2 macam, yaitu mad asli dan mad far’i.

A. Mad Asli atau Mad Thobi’i
Dikatakan mad asli karena hukum bacaan mad ini masih utuh dan asli tanpa adanya pengurangan dan penambahan. Sedangkan hampir semua bacaan mad (panjang) seperti pada macam-macam mad far’i dibawah ini, bertolak dasar pada hukum bacaan mad, sudah ada penambahan dan pengurangan. Hal ini juga berarti hukum bacaan mad far’i berdasar pada mad asli atau mad thobi’i. Itulah mengapa mad asli atau mad thobi’i disebut sebagai pokok dan asal dari semua bacaan mad. Contoh sebagai berikut ini :
كَانِ، فِيْهِ، قُلُوْبٌ

B. Mad Far’i
Menurut bahasa far’i berarti cabang, yang menunjukkan bahwa hukum bacaan mad far’i merupakan cabang dari hukum bacaan mad thobi’i.

Sedangkan menurut istilah adalah :
الْمَدُّ الزَّائِدُ عَلَى الْمَدِّ الْاَصْلِيِّ بِسَبَبٍ مِنْ هَمْزَةٍ اَوْ سُكُوْنٍ
Mad yang menjadi tambahan dari mad asli karena sebab baik berupa hamzah atau sukun”.

Demikian adalah pengertian istilah yang diambil dari Kitab Hidayatul Mustafid oleh KH. Hasan bin Idris Al-Atthosi, Pekalongan. Tetapi, faktanya penyebabnya bukan karena adanya hamzah dan sukun saja, tetapi juga karena alif, tasydid, dan waqaf.

Adapun hukum bacaan mad far’i terbagi menjadi 13 bagian, yaitu :
1. Mad Wajib Muttashil
Mad wajib muttashil merupakan penambahan dari mad asli atau mad thobi’i dikarenakan ada hamzah dalam satu kalimat, contoh sebagai berikut ini :
مِنَ السَّمَآءِ

2. Mad Jaiz Munfashil
Mad wajib muttashil merupakan penambahan dari mad asli atau mad thobi’i dikarenakan ada alif di lain kalimat, contoh sebagai berikut ini :
قُوْآ اَنْفُسَكُمْ

3. Mad Aridl Lissukun
Mad aridl lissukun merupakan penambahan dari mad asli atau mad thobi’i karena waqaf, contoh sebagai berikut ini :
لِقَوْمٍ يُؤْمِنُوْنَ

4. Mad Badal
Mad badal pastinya menjadi salah satu hukum bacaan mad yang cukup sulit diketahui. Pasalnya, untuk memahami bacaan mad badal tentu harus mengerti pula kaidah il’lal dalam ilmu alat, yaitu mengenai perubahan kalimat dalam bahasa arab, contoh sebagai berikut ini :
إِأْمَانٌ = اِيْمَانٌ

5. Mad Iwadl
Sebenarnya, jika tanpa adanya waqaf maka hukum bacaan ini bukanlah termasuk mad. Tetapi, dengan adanya waqof menyebabkan hukum bacaan ini menjadi panjang, contoh sebagai berikut ini :
عَلِيْمًا حَكِيْمًا

6. Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi (Mad Lazim Muthawwal)
Mad lazim mutsaqqal kilmi disebut juga dengan mad lazim muthawwal, yang juga merupakan penambahan dari mad asli atau mad thobi’i disebabkan adanya tasydid dalam satu kalimat, contoh sebagai berikut ini :
دَابَّةٌ، الضَّالِّيْنَ

7. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
Hukum mad lazim mukhaffaf kilmi terbilang langka karena hanya ada 2 tempat di dalam Al-Qur’an, yaitu pada Surat Yunus ayat 51 dan ayat 91, contoh sebagai berikut ini :
آلْآنَ

8. Mad Lazim Mutsaqqal Harfi (Mad Lazim Harfi Musyba’)
Mad lazim mutsaqqal harfi merupakan hukum bacaan yang hanya ada dalam ayat-ayat mutasyabbihat, biasanya hurufnya ditandai dengan harakat fathah melengkung dalam Al-Qur’an cetakan Indonesia, contoh sebagai berikut ini :
الم، عسق

9. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi
Sama seperti mad lazim mutsaqqal harfi di atas, hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi pun hanya ada dalam ayat-ayat mutasyabbihat. Bedanya, biasanya hurufnya ditandai dengan harakat fathah berdiri dalam Al-Qur’an cetakan Indonesia, contoh sebagai berikut ini :
طٰهٰ

10. Mad Lain
Berbeda dari mad asli atau mad thobi’i, hukum bacaan mad lain disebabkan karena adanya waqaf yang didahului dengan fathah bertemu ya’ mati atau wawu mati, contoh sebagai berikut ini :
مِنَ النَّوْمِ

11. Mad Shillah
Adapun hukum bacaan mad shilah terdapat pada ha’ dhomir laki-laki (dhomir pengganti orang ketiga laki-laki), contoh sebagai berikut ini :
فِيْهِ مُهَانًا

12. Mad Farqi
Mad farqi juga merupakan hukum bacaan yang terbilang langka dalam Al-Qur’an, ini karena hanya ada 4 jenis bacaan dalam Al-Qur’an, lebih jelas silahkan kunjungi link di atas, contoh sebagai berikut ini :
آللهُ، آلذَّكَرَيْنِ

13. Mad Tamkin
Dikatakan mad tamkin, apabila ada 2 ya’ dalam satu kalimat di mana ya’ pertama berharakat tasdid dan kasroh, sedangkan ya’ kedua berharakat sukun (ya’ mati), contoh sebagai berikut ini :
وَالنَّبِيِّيْنَ

COMMENTS

Nama

Bisnis Online,19,Blogging,88,Doa-doa,35,Elektronik,49,Fiqih,19,Gaming,15,Inspirasi,52,Internet,82,Keluarga,27,Kisah teladan,45,Life,90,Pekerjaan,9,Pendidikan,24,Relationship,25,Religi,49,Tajwid,29,Tips,42,Tutorial Blog,82,
ltr
item
Pelangi Blog: Pembagian dan Macam-Macam Hukum Bacaan Mad Dalam Ilmu Tajwid
Pembagian dan Macam-Macam Hukum Bacaan Mad Dalam Ilmu Tajwid
Mad menurut bahasa artinya panjang, sedangkan menurut istilah adalah memanjangkan suara (bacaan) atas satu huruf dari huruf-huruf mad (panjang)
https://1.bp.blogspot.com/--tm6oA0NnSg/Wh6d5CJkUUI/AAAAAAAAEd8/8mED93y8P5sjqvTYb-raGOb6Qvs0SzJqwCPcBGAYYCw/s640/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BThobi%2527i%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--tm6oA0NnSg/Wh6d5CJkUUI/AAAAAAAAEd8/8mED93y8P5sjqvTYb-raGOb6Qvs0SzJqwCPcBGAYYCw/s72-c/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BThobi%2527i%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
Pelangi Blog
https://www.pelangiblog.com/2018/02/pembagian-dan-macam-macam-hukum-bacaan.html
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/2018/02/pembagian-dan-macam-macam-hukum-bacaan.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy