Hukum Bacaan Mad Aridh Lissukun dan Contoh Lengkap

Hukum Bacaan Mad Aridh Lissukun dan Contoh Lengkap
Mad Aridh Lissukun (مَدْ عَارِضْ لِلسُّكُوْن) merupakan salah satu hukum bacaan mad dalam ilmu tajwid. Tentu saja hukum bacaan mad aridh lissukun sangat penting untuk dipelajari karena merupakan salah satu bagian dari ilmu tajwid.

Disamping itu, mad aridh lissukun juga sering kita jumpai dalam Al-Qur’an, yaitu ketika waqaf dan ketika berada di akhir ayat. Nah, untuk mengetahui pengertian mad aridh lissukun, berikut ini keterangan lengkapnya disertai dengan contoh :

Pengertian Mad Aridh Lissukun Menurut Bahasa :
Mad berarti panjang, aridh berarti menampakkan, dan lissukun berarti pada sukun. Mad ini dinakaman Mad Aridl Lissukun karena ketika menampakkan sukun dalam keadaan waqaf, dan apabila tidak diwaqafkan maka dihukumi Mad Thabi'i.

Pengertian Mad Aridh Lissukun Menurut Istilah :
Apabila ada waqaf (baik di tengah ayat maupun di akhir ayat) yang didahului dengan mad thobi’i.

ContohSebabCara Membaca

تَعْقِلُوْنَ

ada waqaf yang didahului dengan mad thobi'ita'qiluun

مَلِكِ النَّاسِ

ada waqaf yang didahului dengan mad thobi'imalikin naas

الصَّابِرِيْنَ

ada waqaf yang didahului dengan mad thobi'ias-shobiriin

Untuk mengetahui hukum bacaan mad thobi'i, silahkan dibuka link berikut : Hukum Bacaan Mad Thobi'i Beserta Contoh Lengkap.

Cara Membacanya :
Dari pengertiannya baik basaha dan istilah, maka dikatakan mad aridh lissukun karena hukum bacaannya dibaca panjang dengan menampakkan sukun pada kalimat yang diwaqofkan. Cara membaca mad aridh lissukun harus dibaca panjang, ada 3 macam yaitu :

1. Sangat panjang yaitu kira-kira 3 alif atau 6 harakat
2. Sedang yaitu kira-kira 2 alif atau 4 harakat
3. Pendek yaitu kira-kira 1 alif atau 2 harakat.

Kita mungkin sudah terbiasa membaca panjangnya kira-kira 1 alif atau 2 harakat, namun yang lebih utama adalah 3 alif atau 6 harakat, itu yang sempurna.