Nama-Nama Lain Al-Qur'an (Arti, Penjelasan, dan Contoh Ayat)

Nama-Nama Lain Al-Qur'an (Arti, Penjelasan, dan Contoh Ayat)

Al-Qur'an adalah Kalam Allah SWT yang suci, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril as untuk disampaikan kepada umatnya. Al-Qur'an sebagai kitab pedoman umat islam memiliki nama-nama lain, yang mana nama-nama itu sudah disebutkan di dalam Al-Qur'an sendiri, sebagaimana berikut ini :

Baca juga :
Pengertian, Sifat, dan Isi Kandungan Al-Qur'an
Kedudukan dan Fungsi Al-Qur'an Dalam Kehidupan.

1. Al-Kitab (الْكِتَابُ)
Al-Kitab artinya kitab atau yang tertulis, yaitu Kitab suci yang merupakan perwujudan Kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya.
ذٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيْهِ
"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan di dalamnya" (Al-Baqarah : 2).

2. Al-Furqan (الْفُرْقَانُ)
Al-Furqan artinya pembeda, yaitu Al-Qur'an yang membedakan antara baik dan buruk, halal dan haram, haq dan batil, kebaikan dan kejahatan, dunia dan akhirat, pahala dan dosa, dan lain sebagainya.
تَبَارَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهِ لِيَكُوْنَ لِلْعَالَمِيْنَ نَذِيْرًا
"Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam" (Al-Furqan : 1).

3. Ad-Dzikr (الذِّكْرُ)
Ad-Dzikr artinya pengingat, yaitu Al-Qur'an berfungsi untuk mengingatkan manusia ke jalan yang lurus dan meninggalkan jalan kegelapan, Al-Qur'an juga mengingatkan akan balasan amal perbuatan manusia, dan lain sebagainya.
اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya" (Al-Hijr : 9).

4. Al-Mauidhoh (الْمَوْعِظَةُ)
Al-Maudhoh artinya nasehat, yaitu Al-Qur'an senantiasa memberikan nasehat kepada manusia tentang kebaikan dan keburukan.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu nasehat dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman" (Yunus : 57).

5. As-Syifa' (الشِّفَاءُ)
As-Syifa' artinya penyembuh atau obat, yaitu Al-Qur'an menjadi obat yang mampu menyembuhkan penyakit dhohir dan penyakit batin (penyakit hati), contoh ayat pada surat Yunus : 57 di atas.

6. Al-Huda (الْهُدَى)
Al-Huda artinya petunjuk, yaitu Al-Qur'an sebagai petunjuk umat dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang lurus dan terang benderang, contoh ayat pada surat Yunus : 57 di atas.

7. Ar-Rahmah (الرَّحْمَةُ)
Ar-Rahmah artinya kasih sayang, yaitu Al-Qur'an sebagai bentuk kasih sayang dari Allah SWT kepada orang-orang mukmin, sehingga mereka mampu menempuh jalan yang benar dan lurus, contoh ayat pada surat Yunus : 57 di atas.

8. Al-Kalam (الْكَلَامُ)
Al-Kalam artinya firman atau perkataan, yaitu Al-Qur'an adalah Kalam Allah SWT yang suci dan bersifat qadim, bukan sesuatu yang huduts (baru) atau makhluk.
وَإِنْ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتّٰى يَسْمَعَ كَلَامَ اللّٰهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ
"Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya" (At-Taubah : 6).

9. An-Nur (النُّوْرُ)
An-Nur artinya cahaya, yaitu Al-Qur'an menjadi cahaya terang yang menyinari kegelapan.
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِيْنًا
"Dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran)" (AN-Nisa' : 174).

10. Al-Qaul (القَوْلُ)
Al-Qaul artinya perkataan, firman atau wahyu, yaitu Al-Qur'an sebagai Firman Allah SWT yang dibawa oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umat.
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُوْلٍ كَرِيْمٍ
"Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Malaikat Jibril)" (AT-Takwir : 19).

11. Al-Wahy (الْوَحْيُ)
Al-Wahy artinya wahyu, yaitu Al-Qur'an adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya.
قُلْ إِنَّمَا أُنْذِرُكُمْ بِالْوَحْيِ
"Katakanlah (hai Muhammad): "Sesungguhnya aku hanya memberi peringatan kepada kamu sekalian dengan wahyu (AL-Qur'an)" (Al-Anbiya' : 45).

12. Ar-Ruh (الرُّوْحُ)
Ar-Ruh artinya ruh, yaitu Al-Qur'an mampu menghidupkan hati yang telah mati, sebagaimana ruh menjadikan tubuh menjadi hidup.
وَكَذٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوْحًا مِنْ أَمْرِنَا
"Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al-Qur'an) dengan perintah Kami" (As-Syura : 52).
Tanggapan :