Pengertian dan Macam-Macam Sifat Huruf Hijaiyah

Pengertian dan Macam-Macam Sifat Huruf Hijaiyah

Sifat Huruf Hijaiyah - Setiap huruf hijaiyah memiliki cara pengucapan yang berbeda-beda. Artinya, pengucapan antara satu huruf dengan huruf lainnya tidaklah sama. Hal ini dikarenakan setiap huruf hijaiyah bersumber dari tempat keluar (makharijul huruf) yang berbeda, ada yang dari rongga mulut, hidung, tenggorokan, dua bibir, dan lisan.

Nah, karena perbedaan pengucapan lisan inilah, para ulama’ ahli qiraah dapat menentukan karakter dan ciri khas tersendiri dalam setiap huruf-huruf hijaiyah. Karakter dan ciri khas inilah yang nantinya kita kenal dengan istilah Sifat Huruf Hijaiyah.


Pengertian Sifat Huruf Hijaiyah

Apabila ditinjau dari bahasanya, di dalam Kitab Hidayatul Mustafid karya Syekh Muhammad Al-mahmud, sifat huruf hijaiyah didefinisikan sebagai:

الصِّفَةُ لُغَةً مَا قَامَ بِالشَّيْءِ مِنَ الْمَعَانِيْ كَالْعِلْمِ وَالسَّوَادِ

"Sesuatu yang berdiri karena sesuatu lain yang berupa makna, seperti ilmu dan warna hitam"

Sedangkan apabila ditinjau dari segi istilah, di dalam Kitab Hidayatul Mustafid karya Syekh Muhammad Al-mahmud, sifat huruf hijaiyah didefinikan sebagai:

كَيْفِيَةٌ عَارِضَةٌ لِلْحَرْفِ عِنْدَ حُصُوْلِهِ فِى الْمَخْرَجِ مِنَ الْجَهْرِ وَالرَّخَاوَةِ وَالْهَمسِ وَالشِّدَّةِ وَنَحْوِهَا

"Keadaan yang tampak (melekat) pada huruf ketika sampai (keluar) di dalam makhraj, baik berupa sifat jahr, sifat rakhawah, sifat syiddah, dan lain sebagainya".

Dari pengertian ini, sifat huruf hijaiyah merupakan karakter dan ciri khas masing-masing huruf ketika ia keluar dari mahrajnya (tempat keluarnya huruf). Dengan bedanya mahraj di antara huruf, maka berbeda pula karakter dan ciri khasnya.

Untuk itulah, pada sub-sub topik selanjutnya, akan dibahas mengenai macam-macam sifat huruf. Namun, kita perlu terlebih dahulu mempelajari apa itu makharijul huruf: Pengertian dan Macam-Macam Makharijul Huruf.


Macam-Macam Sifat-Sifat Huruf Hijaiyah

Secara umum, sifat huruf hiyaiyaha terbagi menjadi 3 macam, yaitu sifat aridlah dan sifah lazimah. Dari ketiga sifat ini, akan terbagi lagi macam-macam sifat hurufnya berdasarkan kreteria tertentu.

Nah, mengenai macam-macam sifat huruf hijaiyah di dalam posting ini, saya hanya akan menggambarkan secara umum dan singkat saja. Ini karena sebagian penjelasan telah saya rangkum dalam posting berbeda secara lebih detail:


1. Sifat Mutadladah dan Sifat Ghairu Mutadladah

Secara umum, sifat-sifat huruf hijaiyah apabila ditinjau dari segi saling berlawan dan tidaknya sifat tersebut, maka terbagi menjadi 2 macam:


2. Sifat Aridlah dan Sifat Lazimah

Bagian selanjutnya yang perlu kita ketahui dari sifat huruf hiyaiyah adalah meninjau dari segi tetap dan tidaknya huruf tersebut berdasarkan keadaannya. Dalam hal ini ada sifat aridlah dan sifat lazimah.

A. Sifat Aridlah

Pertama, sifat aridlah (الصِّفَاتُ الْعَارِضَةُ) didefinisikan sebagai:

الصِّفَةُ الَّتِيْ تَلْحَقُ الْحَرْفَ اَحْيَانًا وَتَفَارِقُهُ فِيْ اَحْوَالٍ اُخْرٰى

"Sifat yang terkadang mencocoki huruf dan terkadang memisahi (tidak cocok) dalam keadaan lainnya".

Adapun macam-macam sifat aridlah di sini adalah:

  • Sifat Ikhfa'
  • Sifat Gunnah
  • Sifat Idzhar
  • Sifat Idgham
  • Sifat Tafkhim
  • Sifat Tarqiq

B. Sifat Lazimah

Sedangkan sifat lazimah (الصِّفَاتُ الَّازِمَةُ) menurut didefinisikan sebagai:

الصِّفَةُ الْمُلَازَمَةُ لِلْحَرْفِ فِيْ جَمِيْعِ اَحْوَالِهِ وَلَا يُفَارِقُهُ اَبَدًا

"Sifat yang tetap/wajib pada huruf  dalam semua keadaannya dan tidak akan dipisahkan selamanya".

Adapun macam-macam sifat lazimah adalah sifat-sifat yang mencakup sifat mutadladah dan sifah ghairu mutadladah sebagaimana 2 link yang telah dicantumkan di atas.


3. Sifat Qawiyyah dan Sifat Dlaifah

Pembagian sifat huruf hijaiyah apabila ditinjau dari segi kuat atau tidaknya dalam hal-hal tertentu, seperti suara, aliran nafas, mahkraj, dan sebagainya, maka terbagi 2 macam, yaitu:

A. Sifat Qawiyyah

Sifat Qawiyyah (الصِّفَاتُ الْقَوِيَّةُ) yang berarti sifat yang kuat. Maksudnya adalah kuat dari segi aliran nafas, suara, makhraj, dan lain sebagainya. Sifat-sifat qawiyyah tergolong menjadi 12, yaitu:

  1. Sifat Jahr 
  2. Sifat Syiddah
  3. Sifat Isti'la'
  4. Sifat Ithbaq
  5. Sifat Ishmat
  6. Sifat Shafir
  7. Sifat Qalqalah
  8. Sifat Inhiraf
  9. Sifat Takrir
  10. Sifat Tafasy'syi
  11. Sifat Istithalah
  12. Sifat Gunnah

B. Sifat Dlaifah

Sifat Dlaifah (الصِّفَاتُ الضَّعِيْفَةُ) adalah sifat yang lemah. Maksudnya adalah lemah dari segi aliran nafas, suara, makhraj, dan lainnya. Sifat Dlaifah digolongkan menjadi 6 bagian yaitu :

  • Sifat Hams
  • Sifat Rakhawah
  • Sifat Istifal
  • Sifat Infitah
  • Sifat Idzlaq
  • Sifat Lin


Kesimpulan

Sifat huruf hijaiyah merupakan karakter yang melekat pada sebuah huruf ketika ia keluar dari tempat keluarnya (mahraj). Dengan demikian, sifat-sifat huruf ini dirumuskan berdasarkan sumber mahrajnya. Ini artinya, mempelajari sifat huruf hijaiyah harus didasarkan pada pemahaman tentang mahraj terlebih dahulu. Selanjutnya, sifat-sifat tersebut terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kriteria tertentu.

Baca juga : Kumpulan Materi Ilmu Tajwid.