Cara Menulis Bahasa Arab di Smartphone Xiaomi

Cara Menulis Bahasa Arab di Smartphone Xiaomi

Perkembangan teknologi mobile yang melonjak dewasa ini tentu saja sangat dirasakan oleh kita bersama dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas sehari-hari senantiasa tidak luput dari adanya smartphone, baik membaca, bermain game online maupun offline, menulis, komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Kita sendiri pasti tahu bahwa smartphone berbasis android sangat banyak jenis dan mereknya, Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, dan lain-lainya, di mana setiap dari masing-masing merek memiliki fitur tersendiri, namun memiliki kesamaan fungsi dalam skala umum.

Nah, terkait dalam topik kali ini, Pelangi Blog akan membahas singkat cara untuk menulis Bahasa Arab di dalam smartphone Xiaomi. Tentu, karena bagi sebagian orang menulis arab juga menjadi salah satu hal yang kadang diperlukan, baik untuk membuat status, memberi informasi pengetahuan agama, dan lain-lain.

Baca sebelumnya :
Cara Mengetik Bahasa Arab Manual di Windows 10
Cara Paling Mudah Menulis Arab di PC Dengan Arabic Pad.

LANGKAH 1 : TAMBAHKAN BAHASA ARAB DI PENGATURAN SMARTPHONE XIAOMI
Smartphone Xiaomi juga merupakan salah satu smartphone yang diminati oleh para pengguna smartphone, khususnya di Indonesia. Ya, banyak jenis dan tipe dalam produk Xiaomi, namun dalam hal ini memiliki langkah yang mirip sebagai mana berikut ini :

1. Buka menu pengaturan Smartphone Xiaomi
2. Klik "Additional Setting"
3. Klik "Language & Input"
4. Klik "Gboard" (Google Keyboard)
5. Klik "Languages"
6. Klik "Add Keyboard"
7. Pilih bahasa yang ingin ditambahkan, misalnya Arabic (Saudi Arabia)

LANGKAH 2 : SILAHKAN TULIS BAHASA ARAB
Jika langkah pertama di atas sudah dilakukan, maka secara otomatis ada opsi dalam keyboard smartphone Xiaomi yang digunakan. Untuk mencobanya, silahkan buka aplikasi apapun yang di dalamnya didukung untuk menulis, misalnya membuat status di WhatsApp, Facebook, Aplikasi Word Smartphone, Aplikasi Notepad, dan lain sebagainya. Caranya bisa dilihat seperti di bawah :

1. Ketika keyboard sudah muncul, tekan cukup lama pada spasi
2. Pilih Bahasa Arab yang sudah terpasang
3. Secara otomatis, keyboard akan berubah menjadi Bahasa Arab
4. Jika ingin menyertakan harakat huruf, maka tekan cukup lama tanda titik (.) pada keyboard, lalu pilih harakat yang diinginkan.

TUTORIAL VIDEO MENULIS BAHASA ARAB DI SMARTPHONE XIAOMI
Rasanya, jika hanya membaca mungkin cukup rumit untuk dipahami. Oleh karenanya, Pelangi Blog sudah menyiapkan tutorial video di bawah ini agar mempermudah dalam menerapkan tutorial sesuai langkah-langkah di atas, silahkan disimak sampai habis agar lebih memahami tutorialnya :

Tanggapan :