Mengenal Pohon Thuba, Pohon Paling Besar di Surga

Mengenal Pohon Thuba, Pohon Paling Besar di Surga


Surga merupakan sebuah tempat akhir di hari kiamat yang akan disediakan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba yang beriman kepada-Nya sebagai balasan atas semua amal-amal baik yang telah dilakukan semasa di dunia.

Tentu saja, sebagai tempat balasan atas kebaikan, maka di dalam surga terdapat kebahagiaan serta kenikmatan yang tidak bisa dibayangkan luar biasanya. Semua yang diinginkan jiwa ada di sana, keindahannya mengangumkan jauh melebihi keindahan dunia, dan bidadari-bidadari yang setiap saat melayani para penghuninya.

Dalam Bahasa Arab sendiri, surga dikenal dengan istilah "jannah". Sedangkan menurut bahasa, kata "jannah" menunjukkan arti kebun atau taman. Nah, yang namanya kebun atau taman, pastinya identik dengan banyaknya pohon, tanaman, dan bunga-bunga yang menghiasi, begitu pula di dalam surga.

Dalam beberapa riwayat telah dijelaskan mengenai pohon-pohon yang tumbuh dan menghiasi surga, keindahannya nampak hanya dengan membayangkannya. Para ulama' menyebutkan bahwa pohon-pohon surga terlihat begitu indah, yang terbuat dari emas dan perak, daun-daunnya tidak akan jatuh, buahnya tidak akan membusuk, dan dahan dan rantingnya tidak akan mengering.

Baca lebih lengkap : 7 Hal Unik Tentang Pohon-Pohon di Surga.


Syajaratun Thuba (Pohon Thuba), Pohon Paling Besar dan Paling Rindang di Surga

Thuba dalam Bahasa Arab memiliki arti sangat beruntung. Dari pengertian bahasa, kita bisa mengetahui bahwa Pohon Thuba memang diperuntukkan bagi orang-orang yang beruntung memperoleh rahmat Allah SWT dengan memasuki surga-Nya.

Sedangkan Syajaratun Thuba atau Pohon Thuba adalah pohon yang paling rindang dan paling besar di dalam surga melebihi pohon-pohon surga lainnya :

وان اكبر اشجار الجنة طوبى

"Dan sesungguhnya pohon yang paling besar di surga adalah Pohon Thuba" (Kitab Daqoiqul Akhbar, bab 44, fasal tentang pohon-pohon surga).

Di dalam Musnad Imam Ahmad bin Hambal (Imam Hambali) dan Tafsir Ibnu Jarir At-Thabari, Dari Sahabat Abu Sa'id Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda :

طُوْبَى شَجَرَةٌ فِى الْجَنَّةِ، مَسِيْرَةُ مِائَةِ عَامٍ، ثِيَابُ أَهْلِ الْجَنَّةِ تَخْرُجُ مِنْ أَكْمَامِهَا

"Thuba adalah sebuah pohon di dalam surga, (panjang bayangannya) sepanjang perjalanan 100 tahun berjalan kaki, (dan merupakan) pakaian para penghuni surga yang keluar dari kelopaknya".

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ شَجَرَةً يَسِيْرُ الرَّاكِبُ فِيْ ظِلِّهَا مِائَةَ عَامٍ لَا يَقْطَعُهَا وَاقْرَءُوْا إِنْ شِئْتُمْ وَظِلٍّ مَمْدُودٍ - رواه البخارى

"Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pohon yang mana orang yang berkendara melewati naungannya (bayang-bayangnya) selama 100 tahun, maka dia tidak akan memutusnya (tetap berada di dalam bayang-bayangnya), dan bacalah jika kamu mau "Dan naungan yang terbentang luas" (Al-Waqiah : 30) - HR. Bukhari"


Bentuk dan Keindahan Syajaratun Thuba (Pohon Thuba)

Apapun yang ada di dalam surga pastilah indah, mempesona, dan mengagumkan, begitu pula Pohon Thuba yang merupakan pohon terbesar di surga. Dalam Kitab Daqoiqul Akhbar, bab 44, fasal tentang pohon-pohon surga, dijelaskan sebagaimana poin-poin berikut ini :


1. Pohon Thuba Sangat Indah nan Mempesona

اصلها من درّ ووسطها من ياقوت وأغصانها من زبرجد وأوراقها من سندس

Pangkal dan akar Pohon Thuba terbuat dari mutiara, batangnya terbuat dari batu yaqut, dahan dan rantingnya terbuat dari batu zamrud, dan daun-daunnya terbuat dari sundus (sutera yang indah).


2. Pohon Thuba Memiliki 70.000 Dahan 

وعليها سبعون الف غصن

Pohon Thuba memiliki 70.000 dahan dan ranting.


3. Dahan-Dahan Pohon Thuba Mencapai Tiang Arsy

أغصانها متّصلة بساق العرش، وأدنى أغصانها فى السماء الدنيا

Dahan-dahan dan ranting-ranting Pohon Thuba tersambung hingga sampai pada tiang-tiang Arsy. Dan dahan dan ranting yang paling bawah berada di langit dunia.


4. Semua Yang Ada di Surga Tidak Lepas dari Pohon Thuba

ليس فى الجنّة غرفة ولا قبّة ولا شجرة الّا فيها غصن منها يظلّ عليها ... نظيره فى الدنيا الشمس، أصلها فى السماء وضوؤها واصل الى كلّ مكان

Semua yang ada di surga, baik itu kamar, kubah, bahkan sampai pohon-pohon lainnya, maka tidaklah lepas dari dahan dan ranting Pohon Thuba. Dahan-dahan dan ranting-ranting Pohon Thuba ada di sekitar area di surga dan menaungi semua. Kita bisa mengasumsikannya seperti matahari yang ada di dunia. Matahari berada di langit sebagaiman kita memandangnya, tetapi cahayanya bersinar ke semua penjuru tempat.


5. Ada Banyak Buah-Buahan Nikmat di Pohon Thuba

وفيها من الثمار ما تشتهى الأنفس

Di dalam Pohon Thuba terdapat banyak sekali buah-buahan yang sangat nikmat dan begitu diinginkan oleh para penghuninya.


Wallahu a'lam, semoga kita semua termasuk orang-orang yang memperoleh rahmat dan ampunan-Nya kelak di hari pembalasan, sehingga kita bisa memandang indahnya Pohon Thuba dan mencicipi rasa nikmat buahnya.

Tanggapan :