Cara Mengganti URL Posting Yang Sudah Dipublish

Cara Mengganti URL Posting Yang Sudah Dipublish


Cara Mengganti URL Posting Yang Sudah Dipublish - URL atau "Uniform Resource Locator" merupakan sebuah alamat yang digunakan pada sebuah website atau blog agar dapat menuju ke mana lokasi halaman tersebut termuat.

Dengan menempatkan URL di kolom search tabs browser, setiap orang akan dapat mengakses halaman website yang termuat di dalam URL tersebut secara tepat.

Dalam pengoperasiannya, pengguna Blogger (Blogspot) dapat menentukan secara otomatis alamat URL di dalam halaman pembuatan artikel sesuai dengan judul artikel yang telah dibuat. 

Pengguna Blogger (Blogspot) juga dapat mengatur alamat URL blog sesuai yang dikehendakinya, yaitu dengan menekan menu "Permalink" di sebelah kanan halaman pembuatan artikel, lalu memilih "Custom Permalink".

Dalam platform Blogger, pengguna memang tidak dapat mengcustom alamat URL untuk posting artikel secara keseluruhan. Dua kode angka yang terpisah dengan slash (/) tersebut menunjukkan tahun dan bulan pembuatan posting pada saat itu.

Keduanya ini memang secara default sudah permanen ditentukan oleh pihak Blogger, pengguna platform blogger tidak bisa mengubah keduanya. Pengguna plaform blogger hanya dapat mengcustom alamat URL setelah dua kode angka yang telah disebutkan di atas.

Pastikan alamat URL posting blog sesuai keyword yang ada pada judul blog karena itu akan memudahkan seacrh engine untuk menemukan keyword blog.

Pastikan setiap kata dalam alamat URL posting blog terpisah dengan tanda pisah strip (-), dan cobalah untuk tidak menggunakan angka, simbol, dan karakter tertentu dalam mengcustom alamat URL blog.

Baca juga : Cara Menambah (Invite) Author dan Admin di Blog.


Cara Mengganti URL Posting Blog Yang Telah Diterbitkan

Dalam sebagian kasus tertentu, pengguna Blogger (Blogspot) mencoba untuk mengganti alamat URL posting karena masalah tertentu, misalnya ingin menjadikan URL lebih SEO, masalah isu indeks di Google Search Console (GSC), kesalahan penulisan, dan alasan tertentu lainnya.

Sayangnya, tombol untuk mengganti alamat URL pada posting blog yang telah dipublish ternyata tidak ada, sehingga sebagian pengguna akan repot-repot menghapus posting blog tersebut, membuat posting blog baru yang sama dan melakukan sedikit editing URL, lalu mempublishkannya secara publik.

Apabila kamu memang ingin mengganti alamat URL pada posting yang telah dipublish, maka saya sarankan agar kamu tidak perlu melakukan hal yang repot seperti demikian itu. 

Ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk mengganti alamat URL pada posting blog yang telah dipublish, simak langkah-langkah dan penjelasannya di bawah ini :

1. Masuk ke dashboard blogger

2. Klik menu "Post (Postingan)"

3. Pilih dan buka posting artikel yang ingin diganti alamat URLnya

4. Klik icon segitiga ke bawah pada "Preview (Pratinjau)"

5. Pilih "Revert to Draft (Kembali ke Draf)"

6. Pilih menu "Permalink" lalu pilih "Custom Permalink (Permalink Khusus)"

7. Silahkan dicuston sendiri alamat URL baru, lalu klik "Publish (Publikasikan)".

Catatan Penting :

Mengganti alamat URL pada posting yang telah dipublish akan mengakibatkan duplikat konten pada Google Search Engine, karena alamat URL posting sebelumnya tercatat sebagai Not found (404) sehingga dapat mempengaruhi kualitas SEO blog di Google Search Engine.

Terkadang juga, alamat URL posting baru yang telah dipublikasikan cukup sulit diindeks oleh Google Search Engine. Pastikan melakukan tutrial ini apabila memang terpaksa untuk melakukannya.

Demikian cara mengganti URL pada posting blog yang sudah dipublikasikan, semoga bermanfaat, atas kunjungannya, saya mengucapkan terima kasih.