Cara Membuat 100% Artikel Unik di ChatGPT

Cara Membuat 100% Artikel Unik di ChatGPT

Cara Membuat 100% Artikel Unik di ChatGPT - Search Engine Optimation (SEO) merupakan salah satu priotitas utama yang harus dilakukan oleh setiap blogger. Search Engine Optimation (SEO) bisa diartikan sebagai langkah untuk mengoptimasi artikel blog agar lebih mudah dilirik mesin pencari. 

Tujuan SEO sendiri sebenarnya sudah jelas, yaitu artikel lebih mudah ditemukan pengunjung di mesin pencari. Semakin mudah pengunjung menemukan artikel tersebut, itu bisa memperlebar peluang menerobos persaingan trafik.

Dan semakin tinggi trafik blog, semakin naiklah bisnis dan pendapatan pemilik blog. Sederhana bukan? Tetapi nyatanya tidak semudah itu untuk melakukan optimasi blog di mesin pencari (Search Engine).


Hubungan SEO dan Membuat 100% Artikel Unik

Salah satu langkah yang patut dan harus dilakukan dalam rangka peningkatan SEO adalah menulis artikel unik. Ingat bahwa Google selalu mengutamakan pengalaman dan keterlibatan pengunjung. 

Algoritma Google sangatlah sensitif dengan artikel hasil plagiat atau artikel curian. Ini artinya artikel plagiat akan berdampak buruk dan mengambat pengembangan blog.

Tanpa didasari pengetahuan, banyak blogger kerap mencuri artikel-artikel dari blogger lain. Dan tanpa merasa bersalah, mereka mengklaim dan meletakkan artikel itu di blog mereka. Demi memuaskan kepentingan diri, mereka menganggap bahwa itu adalah upaya mengembangkan SEO blog.

Padahal mereka telah melakukan langkah SEO secara sembarangan. Ini adalah fakta yang masih banyak dijumpai dalam dunia blogger. Sebaliknya, pembuatan 100% artikel original adalah jiwa seorang penulis blog.

Usaha keras dalam membuat 100% artikel unik adalah bukti curahan dalam mengutamakan keinginan pengunjung. Pastinya, artikel itu berisi tentang informasi, inspirasi, dan wawasan berdasarkan pemikiran penulis artikel.

Apa yang ia pikirkan, ia tuangkan dalam bentuk tulisan. Seolah ia berusaha agar pengunjung dapat menyelami apa yang ia pikirkan dalam tulisannya.

Selain itu, dengan membuat 100% artikel unik, ini berarti artikel tersebut telah terbebas dari plagiat. Algoritma Google akan menilai bahwa membuat 100% artikel unik telah memenuhi kebijakan sistem mereka. Hasilnya, mesin pencari Google sangat menyukai artikel seperti ini.


ChatGPT Sebagai Media Membuat 100% Artikel Unik

Produk yang dikembangkan oleh Perusahaan OpenAI ini telah membuktikan distribusi besarnya dalam dunia kreatifitas online. Ya, ChatGPT menjadi media yang sangat membantu setiap penulis blog. 

Banyak penulis blog memanfaatkan fitur prompt ChatGPT sebagai media yang dapat membantu mengembangkan blog. Tak lepas juga dalam membuat 100% artikel unik sebagaimana topik dalam posting ini.

Saya sendiri sudah memberikan pengenalan singkat mengenai ChatGPT dalam beberapa posting sebelumnya. Jika berkenan, silahkan pelajari lebih lanjut: Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Mengunakan ChatGPT?.

Dengan memanfaatkan fitur prompt ChatGPT, pengguna dapat menemukan informasi dan wawasan dengan lebih mudah. Cukup instan karena tidak harus memilih dan memilah dari berbagai referensi dalam buku atau artikel online.

Bahkan untuk membuat 100% artikel unik, pengguna hanya perlu mengetik beberapa kalimat sesuai judul artikel. Saya sendiri menyarankan untuk memanfaatkan fitur-fitur dalam ChatGPT.

Tetapi, saran ini hanya sebatas sebagai media pembantu, bukan sebagai ketergantungan. Mengapa? karena ada banyak manfaat bagi diri sendiri dengan menulis berdasarkan pemikiran sendiri.

Bergantung sepenuhnya pada ChatGPT tidak akan membantu diri memperoleh inspirasi, pengetahuan, dan wawasan baru.

Selain itu, artikel yang dihasilkan ChatGPT masih harus dicek kembali melalui tool plagiat. Meskipun tool untuk mengecek plagiat menghasilkan jawaban 100% artikel unik, algoritma Google lebih canggih. 

Bisa jadi, saat ini atau kedepannya, Google memiliki algoritma untuk menyaring artikel hasil dari robot (ChatGPT).


Cara Membuat 100% Artikel Unik di ChatGPT

Ada beberapa fitur prompt di ChatGPT yang telah didesain untuk membuat artikel unik. Artikel unik yang dihasilkan ChatGPT ini memang terlihat seperti original buatan manusia, nemun sebenarnya buatan robot.

Namun, ketika dicek di tool artikel plagiat online, biasanya sebagian kecil masih terdeteksi plagiat. Untuk itu, kalimat-kalimat yang terdeteksi plagiat harus diedit kembali.

Jadi, untuk membuat 100% artikel unik dengan menggunakan bantuan ChatGPT, harus dicek plagiat terlebih dahulu. Ada banyak tool untuk mengecek artikel plagiat di internet seperti SmallSeoTools, Duplichecker, dan lainnya.

Adapun langkah-langkah untuk membuat membuat 100% artikel unik dengan menggunakan ChatGPT adalah seperti berikut:

1. Buka ChatGPT OpenAI.

Apabila belum tahu caranya, silahkan pelajari: Cara Daftar Aplikasi ChatGPT (AI Chatbot) Gratis.

2. Pilih fitur prompt ChatGPT seperti berikut:

Human Written |100% Unique |SEO Optimized Article atau Human-like Rewriter atau Fully SEO Optimized Article including FAQ's.

3. Ketik judul artikel yang akan dibuat pada kolom chat.

4. Ketik enter

5. Copy artikel yang telah dihasilkan ChatGPT.

6. Buka tool untuk mengecek artikel plagiat online.

Seperti seperti SmallSeoTools, Duplichecker, dan lainnya.

7. Paste artikel pada kolom yang telah tersedia.

8. Centang “Im not a robot”.

9. Klik Check Plagiarim.

10. Tunggu beberapa detik dan lihat berapa persen hasil artikel uniknya.

11. Jika terdeteksi plagiat pada sebagian kalimat atau paragraf, silahkan edit dan lakukan pengecekan lagi.

Pastikan artikel yang dipastekan dalam tool pengecekan tersebut tidak melebihi 1.000 kata. Pengecekan artikel melebihi 1.000 kata artikel hanya untuk versi berbayar. Apabila artikel melebihi 1.000 kata, bisa dilakukan split artikel dalam mengecek plagiatnya.

Perlu diketahui juga bahwa hasil artikel dari ChatGPT biasanya tidak 100% unik. Tanda garis merah dalam hasil pengecekan dari tool online itu menunjukkan plagiat. Silahkan edit kalimat yang terdeteksi plagiat dan lakukan pengecekan lagi.

Untuk bisa memperoleh hasil lebih optimal, silahkan melakukan pengecekan artikel plagiat dari beberapa tool. Terkadang, antara tool satu dan tool lainnya berbeda hasil dalam mendeteksi berapa persen kalimat plagiatnya.

Coba tonton video tutorial mengenai cara membuat 100% artikel unik di ChatGPT di bawah ini:


Kesimpulan

Membuat 100% artikel unik di ChatGPT adalah salah satu langkah untuk membantu menulis blog. Setidaknya membantu dalam memperoleh referensi dan inspirasi dalam menulis blog.

Jangan terlalu bergantung sepenuhnya dengan ChatGPT dalam menulis artikel blog. Hal ini menyebabkan kemerosotan diri untuk menumbuhkembangkan informasi, wawasan, dan pengetahuan.

Selain itu, artikel yang dihasilkan ChatGPT biasanya terkesan terlalu formal dan terlalu baku. Tak khayal, banyak orang awam mungkin kurang dapat memahaminya. Padahal, kebutuhan pengunjung seharusnya menjadi hal yang lebih diprioritaskan.

Untuk itu, mari kembali pada tujuan menulis yaitu menyalurkan informasi sedetail mungkin pada pengunjung. Dengan demikian, pengunjung dapat lebih mudah mencerna dan memahami tulisan dalam artikel blog.

Meskipun hasil ChatGPT terlihat natural, ChatGPT adalah robot buatan manusia. Ia tidak memiliki hati dan pikiran untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Jadi, ChatGPT bisa digunakan sebatas sebagai media dalam memudahkan untuk membuat artikel blog. Mendedikasikan diri dalam menulis agar memberikan pengetahuan bagi publik adalah tujuan utama dalam menulis blog.