Mengenal Google Bard AI (Google AI Chatbot)

Mengenal Google Bard AI (Google AI Chatbot)

Mengenal Google Bard AI (Google AI Chatbot) – Akhir-akhir ini, di beberapa forum, grup media sosial, dan artikel blog cukup dimarakkan oleh pembicaraan tentang ChatGPT. ChatGPT merupakan produk chatbot berbasi AI (kecerdasaan buatan). ChatGPT menjadi bahan pembicaraan umum karena telah telah membantu dalam banyak hal bagi penggunanya.

Saya sudah mengulas penjelasan singkat mengenai ChatGPT pada beberapa posting sebelumnya. Silahkan pelajari : Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?.

Di sisi lain, sebagai perusahaan online besar, rupanya Google pun tak mau kalah dengan ChatGPT. Dalam salah satu produknya, Google juga mengembangkan sistem AI Chatbot yang saat ini dikenal dengan istilah Google Bard AI atau Meet Bard.

Jika ditinjau beberapa hal, Google Bard AI dan ChatGPT memiliki cara kerja, proses, dan sistem yang hampir mirip. Adapun dari segi fitur-fiturnya, sampai saat ini saya kira ChatGPT lebih kompleks dan lebih menarik daripada Google Bard AI.

 

Apa itu Google Bard AI?

Google Bard AI atau Meet Bard adalah produk chatbot yang dikelola oleh perusahaan Google. Meet Bard menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) yang memiliki fungsi hampir mirip dengan ChatGPT. Bedanya, jika ChatGPT dikembangkan oleh Perusahaan OpenAI, maka Meet Bard dikembangkan oleh perusahaan Google.

Sama seperti ChatGPT, Meet Bard juga memiliki kemampuan untuk menganalisis, memahami, dan menafsirkan pertanyaan dan permintaan pengguna. Pengguna cukup bertanya dan meminta melalui chat, kemudian Meet Bard akan menghasilkan hasil pencarian yang lebih relevan dan memuaskan.

Secara siingkat, sistem di dalam Meet Bard melakukan analisis dan pencarian dari jutaan data dan sumber online yang relevan. Dengan demikian, sistem juga akan menghasilkan jawaban yang absah dan relevan.

Selain itu, Google Meet Bard juga menggunakan teknologi pemrosesan bahasa yang alami (Natural Language Processing atau NLP). Ia mampu mempelajari pola dan konteks dalam bahasa manusia. Alhasil, jawaban yang diberikan atas pertanyaan dan permintaan penggunanya seperti jawaban manusia secara alami.

Namun, meskipun terkesan jawaban alami, sistem robot tetaplah robot, bukan manusia. Jadi, ada batas pertanyaan dan permintaan yang diajukan oleh pengguna. Beberapa pertanyaan dan permintaan tertentu dari pengguna tidak bisa dijawab oleh sistem robot karena kurangnya data. Ini pun berlaku juga pada ChatGPT.


Manfaat Google Bard AI

Jika ditinjau dari interaksi pengguna dan pengalaman pencarian, ada banyak manfaat dalam menggunakan produk Google satu ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh setiap pengguna Google Meet Bard:

1. Menemukan informasi yang relevan: Dengan menggunakan Google Bard AI atau Meet Bard, pengguna dapat mencari dan menemukan informasi, pengetahuan, dan wacana yang dibutuhkan. Pengguna tidak perlu khawatir karena hasil jawaban Google Bard AI sangat solid dan relevan. Sistem telah menganalisis jutaan data dan menyajikan jawaban yang paling relevan.

2. Informasi didapat secara instan dan lebih mudah: Dengan menggunakan Google Bard AI, pengguna tidak lagi perlu melakukan browsing, memilih, dan memilah informasi dari banyaknya situs. Cukup dengan mengetik chat dan satu klik kirim, Google Meet Bard akan menjawab dan memaparkan hasilnya.

3. Google Bard AI mengutamakan pengalaman pengguna: Google Bard AI dapat memberikan pengalaman pengguna dengan lebih baik. Ia menyajikan jawaban yang langsung, jelas, dan relevan terhadap pertanyaan atau permintaan pengguna. Penyajian jawaban juga terlihat manusiawi dan alami, sehingga pengguna mampu memahami isi hasil jawaban. Dengan demikian, Google Bard AI lebih mengutamakan pengalaman penggunanya.

Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat menggunakan produk Google Meet Bard. Hanya saja tiga manfaat utama yang telah saya jelaskan di atas mungkin sudah mewakili manfaat-manfaat lainnya. Yang jelas, Google akan terus mengembangkan produk Meet Bard menjadi lebih menarik dan memuaskan penggunanya. Perkembangan produk Meet Bard bisa dilihat pada menu “Updates” di halaman utama.


Cara Daftar Google Bard AI

Google Bard AI atau Meet Bard diperuntukkan oleh perusahaan Google untuk keperluan publik secara gratis. Ini artinya semua orang bisa menggunakan dan menikmati fitur Google Bard AI tanpa berbayar. Sebagai salah satu produk Google, pengguna yang sudah memiliki akun Google bisa langsung daftar dan menikmati fiturnya.

1.Kunjungi situs resmi Google Meet Bard

2. Sign In ke akun Google

3. Masukkan email Google dan passwordnya

4. Klik “Try Bard” di halaman utama Google Meet Bard

5. Pada halaman “Terms and Privacy” scroll sampai ke bawah, lalu klik “I Agree”

6. Klik “Continue”.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, pengguna bisa langsung menikmati fitur Meet Bard atau Meet Bard. Ia bisa langsung mengajukan pertanyaan atau permintaan di kolom chat paling bawah. Tunggu beberapa detik dan Meet Bard akan menyajikan jawaban yang cepat.

Demikian catatan singkat dalam mengenal Google Bard AI (Google AI Chatbot). Kiranya, artikel singkat ini mudah-mudahan dapat menambah sedikit wawasan tentang Google Meet Bard.