Cara Menambahkan Google Maps di Blog

Cara Menambahkan Google Maps di Blog

Cara Menambahkan Google Maps di Blog - Di era di mana internet menjadi kebutuhan, sebuah blog merupakan salah satu media yang diperlukan untuk mengembangkan suatu bisnis. Sebuah blog menjadi alat yang baik untuk menunjukkan keahlian, produk, dan pemasaran ke semua pelanggan online.

Membuat blog sebagai media berbisnis online dapat membantu pengguna dalam menghubungkan antara bisnisnya dan pelanggan. Ini akan membantunya untuk meningkatkan interksi pelanggan pada bisnisnya. Dengan demikian, sebuah blog memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas suatu bisnis. Silahkan pelajari lebih lengkap: Manfaat Blog Dalam Mengembangkan Bisnis.


Hubungan Antara Bisnis, Blog, dan Google Maps

Google Maps merupakan salah satu produk perusahaan Google yang berfokus pada layanan pemetaan dan penemuan lokasi. Dengan menggunakan layanan Google Map, seseorang dapat dengan mudah mengetahui dan menemukan sebuah lokasi tertentu.

Kembali pada topik, dalam rangka mengembangkan suatu bisnis melalui blog, pengguna perlu menampilkan navigasi dan informasi detail pada pelanggannya. Salah satu cara untuk menampilkan informasi detail adalah dengan menambahkan lokasi bisnis di dalam blog.

Dari sinlah,Google Maps menjadi salah satu opsi efektif yang sangat diperlukan. iIni bertujuan agar pelanggan dapat melihat dan mengetahui lokasi bisnis. Selain dapat menambah kepercayaan, pelanggan juga dapat menilai kredibitas bisnis itu.

Pengguna bisa menambahkan lokasi detail dan beberapa foto terkait bisnisnya di Google Maps. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan alamat (URL) blog di Google Maps. Bertolak dari sini, antara bisnis, blog, dan Google Maps memilki hubungan saling melengkapi dan saling membantu antara satu dengan lainnya. Dengan membuat blog dan menembahkan Google Maps di dalamnya, pengguna memiliki peluang lebih besar dalam meningkatkan pemasaran.


Manfaat Menambahkan Google Maps di Blog

Sebelum membicarakan tentang Cara Menambahkan Google Maps di Blog, menambahkan Google Maps lebih efektif dilakukan pada blog-blog yang berorentasi pada bisnis. Adapun blog-blog biasa yang diorentasikan pada penulisan artikel saja, saya rasa kurang begitu penting. Terkecuali situs web besar yang sudah tercatat memiliki izin sebagai suatu organisasi, perusahaan dan lainnya. Inilah alasan mengapa topik dalam artikel ini menghubungkan blog dan Google Maps dengan bisnis.

Berdasarkan fakta online, saat ini banyak para pebisnis yang sudah membuat dan menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, terlebih mereka yang memiliki blog. Untuk itulah, perlu diperhatikan manfaat menambahkan Google Maps di blog .

1. Memberikan Informasi Jelas Pada Pelanggan

Hal yang paling dibutuhkan bagi pelanggan dalam menilai suatu bisnis adalah informasi jelas dan detail tentang bisnis tersebut. Salah satu dari bagian informasi detail ini adalah lokasi dan alamat bisnis. Dengan menambahkan lokasi dan alamat bisnis di blog melalui Google Maps, pelanggan dapat mengetahui persis di mana letak bisnis itu dikembangkan. Tujuannya adalah memberikan kepercayaan pada pelanggan.

Google Maps sendiri telah memberikan fitur dan navigasi menarik bagi penggunanya dalam mengatur prefensi bisnis. Di menu “Overview”, pelanggan dapat mengetahui informasi singkat tentang bisnis pengguna. Sedangkan di halaman “About”, pelanggan dapat menggali informasi tambahan mengenai akses yang memungkinkan mengenai opsi pilihan, akses yang didapat, dan pembayaran.

2. Menyarankan Review dan Penilaian Bisnis Pada Pelanggan

Ketika pengguna menambahkan Google Maps di blog, pelanggan dapat mengklik tampilan Google Maps tersebut. Ia akan diarahkan pada halaman baru di Google Maps yang berisi peta lokasi dengan lebih detail. Pada halaman itu, pelanggan bisa menemui menu “Reviews”.

Pada menu ini, pelanggan dapat memberikan komentar, review bintang, dan penliaian atas bisnis pengguna. Ia juga dapat melihat review dan penilaian dari pelanggan lain. Ini adapat menumbuhkan interaksi pelanggan pada bisnisnya menjadi semakin baik.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Melanjutkan sub topik pertama dan kedua di atas, dengan menambahkan Google Maps di blog, ini akan meningkatkan kredibilitas pelanggan terhadap pelayanan bisnis. Informasi detail mengenai bisnis dan ulasan penilaian akan membuat kepercayaan terhadap bisnis. Semakin kuat kepercayaan sebuah bisnis dari pelanggannya, maka akan meningkatkan kualitas dan kuantitas bisnis tersebut.

4. Menambah Tampilan Blog Menjadi Lebih Visual

Menambahkan informasi alamat di blog memang bisa dengan teks, baik ditampilkan di halaman “about us” atau di area footer. Namun, menambahkan Google Maps di blog akan menambah kesan bog menjadi lebih visual dan berwarna.


Cara Menambahkan Lokasi Google Maps di Blog

Secara umum, untuk menambahkan Google Maps di blog, pengguna harus menemukan dan menyalin kode iframe yang telah disediakan di Google Maps. Langkah selanjutnya adalah meletakkan kode itu di blog. Adapun cara menambahkan lokasi Google Maps di Blog adalah sebagai berikut:

1. Cara Menambahkan Google Maps di Halaman Artikel Blog

Posisi peletakan Google Maps yang paling strategis di artikel blog adalah di halaman “about us”. Halaman ini sangat sesuai karena berisi tentang informasi detail mengenai blog:

  • Buka halaman Google Maps tepat di lokasi bisnis
  • Pilih menu “Overview” atau “Ringkasan”.
  • Klik tombol “Share” atau “Bagikan”.
  • Pilih “Embed a map” atau “Sematkan peta”.
  • Copy kode di kolom “Link to share” atau “Tautan untuk dibagikan”.
  • Masuk ke Dashboard Blogger.
  • Klik “Pages” atau “Laman”.
  • Klik “New Page” atau “Laman Baru” (jika sudah ada silahkan letakkan di halaman “about us”).
  • Klik icon pensil di bawah judul, pilih “HTML View” atau “Tampilan HTML”.
  • Pastekan kode iframe yang telah di copy dari Google Maps.

2. Cara Menambahkan Google Maps di Halaman Footer Blog

Area footer merupakan area yang cocok untuk menampilkan lokasi Google Maps. Area ini memang dikhususkan sebagai navigasi tambahan mengenai informasi sekilas tentag blog.

  • Buka halaman Google Maps tepat di lokasi bisnis
  • Pilih menu “Overview” atau “Ringkasan”.
  • Klik tombol “Share” atau “Bagikan”.
  • Pilih “Embed a map” atau “Sematkan peta”.
  • Copy kode di kolom “Link to share” atau “Tautan untuk dibagikan”.
  • Masuk ke Dashboard Blogger.
  • Pilih “Layout” atau “Tata Letak”.
  • Klik “Add a gadget” atau “Tambahkan gadget” (pastikan sesuai di area footer).
  • Pilih “HTML/JavaScript”.
  • Paste kode iframe di kolom “Content” atau “Konten”.
  • Klik “Save” untuk menyimpan widget.

Pengguna bisa mengedit kode iframe Google Maps untuk menyesuaikan ukuran tampilan. Biasanya, kode iframe Google Maps seperti berikut:

<iframe src=" ………. width="600" height="450" …….. "></iframe>

width="600" menunjukkan ukuran lebar widget yang akan ditampilkan.
height="450" menunjukkan ukuran tinggi widget yang akan ditampilkan.

Silahkan ganti angka 600 dan 400 sesuai dengan ukuran lebar dan tinggi widget yang ingin ditampilkan.


Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, sebuah blog dan Google Maps memiliki hubungan saling mengisi. Menambahkan Google Maps di blog dapat membantu memberitahu pelanggan untuk mengetahui alamat blog dengan lebih jelas. Baik blog dan Google Maps, kedua dapat dimanfaatkan sebagai media untuk meningkatkan pemasaran bisnis. Demikian mengenai Cara Menambahkan Google Maps di Blog, terima kasih.