Mengatasi Parsing Error: Missing di Google Search Console (GSC)

Mengatasi Parsing Error: Missing di Google Search Console (GSC)

Mengatasi Parsing Error: Missing di Google Search Console (GSC) - Google Search Console Tools (GSC) merupakan tool gratis yang diberdayakan oleh perusahaan Google untuk melakukan optimasi blog di Google Search Engine. Tool ini tentu sangat membantu dalam perjalanan sebuah blog mulai awal hingga ia berkembang.

Ini tak hanya berlaku untuk platform blogger saja, tetapi juga wordpress dan platform penyedia website lainnya. Tak hanya untuk subdomain saja, tetapi juga Top Level Domain (TLD) dan semua domain-domain blog.

Dengan melakukan optimasi blog di Google Search Console (GSC), kamu mengetahui informasi-informasi penting mengenai blogmu di Google Search Engine, baik pelacakan, perayapan, performa, pengindeksan, perayapan, kesalahan, struktur data blog, dan lainnya.

Saya kira sangatlah penting memiliki akun Google Search Console (GSC). Dengan demikian, kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan dan bagaimana untuk mengembangkan blog di Google Search Engine.

Nah, berbicara mengenai Google Search Console (GSC), ada masalah umum yang kerap ditemui oleh sebagian blogger, yaitu masalah Parsing error: Missing ',' or '}' pada struktur data blog di Google Search Engine.


Apa itu Parsing Error?

Parsing error adalah kesalahan yang terjadi ketika sistem di dalam mesin pencari tidak dapat memahami atau menguraikan kode atau data yang ada dengan benar. Ini jika dilihat dari kaca mata mesin pencari.

Masalah Parsing error: Missing ',' or '}' umumnya disebabkan karena Google Search Engine (GCS) kesulitan untuk menguraikan struktur data blog karena adanya karakter atau tanda petik ("), kurung kurawal (}), dan karakter tertentu lainnya.

Masalah Parsing error: Missing ',' or '}' bisa menjadi masalah yang cukup serius. Pasalnya Google kebingungan untuk menguraikan struktur data di blog. Ini dikarenakan adanya struktur data yang tidak valid di dalam blog tersebut.


Pengaruh Parsing Error Terhadap SEO Blog

Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), masalah parsing error memang tidak langsung berpengaruh pada peringkat halaman blog di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Duckduckgo, Yahoo, dan lainnya. Namun, masalah parsing error dapat berdampak pada beberapa aspek yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi SEO di blog.

Biasanya, Google Search Console (GSC) akan menadai masalah Parsing error: Missing ',' or '}' sebagai critical issue atau masalah kritis. Tentu saja ini akan berpengaruh buruk pada blog di mesin pencari.

Pasalnya, apabila artikel blogmu mengalami masalah ini, itu artinya artikel blog dinilai tidak memenuhi syarat dalam Google Search's rich results (hasil kaya Google Penelusuran).

Selain itu, masalah Parsing Error dapat mempengaruhi performa sebuah blog. Ini dapat menyebabkan halaman memuat lebih lambat, bahkan merespons secara tidak benar. Alhasil, kinerja yang buruk dapat mempengaruhi peringkat halaman di mesin pencari karena faktor kecepatan dan pengalaman pengguna.

Oleh karena itu, meskipun parsing error tidak secara langsung mempengaruhi peringkat SEO blog di mesin pencari, tetapi tetap saja sangat penting untuk mencegah masalah parsing error. Tindakan mengatasi parsing error bisa dilakukan dengan memastikan bahwa kode dan data halaman blog telah valid dan dapat diurai dengan benar oleh mesin pencari, terutama Google.


Cara Mengatasi Masalah Parsing error: Missing ',' or '}'

Sebagaimana yang telah saya singgung di atas, Parsing error: Missing ',' or '}' ini terdeteksi karena ada karakter tertentu di dalam optimasi artikel blog, misalnya tanda petik ("), kurung kurawal (}), dan karakter tertentu lainnya.

Karakter-karakter tertentu tersebut biasanya ada di judul artikel blog atau deskripsi penelusuran artikel blog. Cara mengatasi masalah Parsing error: Missing ',' or '}' adalah dengan menghapus karakter-karakter tersebut.

Google perlu merayapi dan menganalisis banyak halaman blog, sehingga Parsing error: Missing ',' or '}' biasanya dideteksi oleh Google Search Console (GSC) secara berkala dan tidak langsung semua halaman dapat terdeteksi. 

Nah, ketika mendapatkan notifikasi dari Google Search Console (GSC) tentang adanya masalah, pastikan untuk memeriksa kode blog dan melakukan pengujian untuk memastikan tampilan dan kinerja yang optimal.

Adapun cara mengatasi masalah Parsing error: Missing ',' or '}' dapat dilakukan seperti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1 : Mengetes URL Bermasalah Parsing error: Missing ',' or '}'

1. Kunjungi situs Google Rich Results Test.

2. Paste URL halaman blog di kolom pengetesan URL.

Catatan :
Kamu bisa mengcopy URL artikel blog yang ditandai masalah Parsing error: Missing ',' or '}' di akun Google Search Console (GSC).

3. Klik Test URL.

4. Klik Unparsable Structured Data (icon warning berwarna merah).

5. Klik Parsing error: Missing ',' or '}' (icon warning berwarna merah).

6. Lihat informasi dan sumber masalah pada halaman Tested Page.

Pada halaman tested page, kamu akan diberitahu sumber yang menjadi penyebab artikel tertandai masalah Parsing error: Missing ',' or '}', coba perhatikan kode yang diblock warna merah di halaman tested page :

Apabila sumbernya pada "Name" berarti ada di judul artikel.
Apabila sumbernya pada "Description" berarti ada di deskripsi penelusuran artikel blog.

Langkah 2 : Edit dan Hapus Karakter Tertentu di Artikel Blog

Setelah kamu mengetahui sumber penyebab masalah Parsing error: Missing ',' or '}', kamu bisa mengedit artikel blog tersebut dengan menghapus karakter-karakter tertentu (seperti tanda petik, tanda kurung kurawal, dan lainnya) di artikel blog. Lalu, kamu bisa mengudate artikelnya.

Ingat, biasanya karakter yang menjadi penyebab Parsing error: Missing ',' or '}' ada di judul dan deskripsi penelusuran. Jadi, pastikan untuk menghapus karakter-karakter tersebut di judul dan kolom deskripsi penelusuran di dalam artikel blog.

Langkah 3 : Lakukan Validasi Perbaikan di Google Search Console

Sebenarnya, tanpa melakukan validasi perbaikan, Google Search Console (GSC) akan secara otomatis melakukan perbaikan tersendiri. Namun, untuk mempercepat perbaikan masalah, kamu bisa melakukan validasi perbaikan pada beberapa URL blog yang terdeteksi sebagai Parsing error: Missing ',' or '}'.

Nah, kamu juga bisa menonton video tutorial di bawah ini tentang cara mengatasi masalah Parsing error: Missing ',' or '}' di Google Search Console. Semoga tutorial video di bawah ini dapat membantu memberi pemahaman lebih:


Kesimpulan

Parsing error: Missing ',' or '}' dapat disebabkan karena ada karakter atau simbol tertentu yang tidak bisa dibaca oleh mesin pencari, seperti Google dan lainnya. Masalah ini memang tidak mempengaruhi peringkat blog di mesin pencari, tetapi tidak bisa disepelekan.

Dengan menindaklanjuti langkah untuk mengatasi Parsing error: Missing ',' or '}' yang terdeteksi di blog, maka mesin pencari Google dapat menilai blog tersebut telah memenuhi syarat konten kaya hasil penelusuran (Google Search's Rich Results). Dengan demikian, reputasi SEO blog bisa lebih meningkat lagi.