Cara Daftar di Exblog.jp, 10 Menit Disetujui Google Adsense

Cara Daftar di Exblog.jp, 10 Menit Disetujui Google Adsense

Google Adsense adalah perusahaan pengiklan Google yang diminati oleh para blogger. Dibandingkan dengan perusahaan pengiklanan online lainnya, Google Adsense masih menempati posisi terbaik hingga saat ini. Faktanya, banyak para blogger telah menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya.

Dengan dalih ingin menghasilkan uang dari blog, banyak orang membuat blog dan berharap dapat disetujui oleh Google Adsense. Sayangnya, Google Adsense dapat dibilang cukup rumit untuk menerima blog-blog baru. Sudah repot, proses peninjauan blog pun cukup lama.

Namun, ada opsi lain untuk dapat disetujui Google Adsense dengan cepat dan sangat mudah. Cara kerjanya pun sama, tetap membuat blog dan mulai menulis untuk mengembangkan blog tersebut. Opsi yang saya maksud ini adalah mendaftar dan membuat blog di exblog.jp atau Excite Blog.


Apa itu Exblog.jp?

Exblog.jp atau Excite Blog adalah platform penyedia layanan blog gratisan yang dikembangkan dari Negara Jepang. Platform dari Jepang ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah blog dengan gratis, sama seperti platform Blogger dan kawan-kawan.

Jika pengguna menggunakan platform Excite Blog gratisan, alamat blog yang didapatkan berakhiran .exblog.jp. Sama halnya di Blogger dengan alamat .blogspot.com, di Wordpress dengan alamat .wordpress.com, dan seterusnya.

Exblog juga mendukung penggunanya untuk melakukan aktivitas blogging, seperti membuat artikel, mengupload gambar, menentukan tag dan label, mengganti template, mengaitkannya dengan akun Google Adsense, dan lain sebagainya.


Menghasilkan Uang dari Exblog.jp Dengan Google Adsense

Exblog adalah platform blog yang mulai booming akhir-akhir ini di kalangan para blogger. Alasan menariknya adalah karena sangat mudah untuk mendaftar dan disetujui Google Adsense. Menurut pengalaman saya sendiri, blog yang didaftarkan sudah disetujui Google Adsense dalam waktu sekitar 10 menit, meskipun hanya berisi 1 artikel saja.

Untuk mendaftar dan disetujui Google Adsense dengan exblog, di sini saya akan membagi langkahnya menjadi 3 langkah:


1. Cara Daftar di Exblog.jp

Perlu saya ulang lagi, Exblog adalah platform blog dari Jepang, sehingga bahasa defaultnya adalah bahasa Jepang. Jika kamu ingin daftar dan membuat akun blog di Exblog, maka saya sarankan untuk menggunakan browser Google Chrome. Ini karena Google Chrome didukung dengan fitur translate bahasa dengan mudah.

1. Kunjungi situs exblog.jp

2. Aktifkan fitur translate bahasa di Google Chrome

3. Klik menu “Blog Opened” (tombol warna biru di pojok kanan atas)

4. Isi formulir pendaftaran dan pembuatan akun Exblog

  • Blog URL, isi dengan alamat blog yang kamu inginkan
  • Excite ID, isi dengan ID yang kamu tentukan sendiri. Excite ID harus berisi 3 sampai 17 karakter, boleh dengan huruf, angka, atau tanda slash (-), jangan menggunakan karakter simbol.
  • Password, isi dengan sandi akun blog yang kamu inginkan
  • Reenter Password, masukkan kembali password yang sudah kamu tentukan
  • Email Addres, masukkan alamat emailmu
  • Date of Birth, isi dengan tanggal lahirmu
  • Post Code, masukkan kode post. Kode post di Indonesia berisi 5 digit angka, tetapi kamu perlu memasukkan 7 digit angka kode post. Jadi, kamu dapat mengisinya dengan kode post sembarangan.

5. Klik “Check Your Entries”

6. Klik “Create a blog”.

Pada tahap ini, kamu sudah berhasil membuat sebuah blog di Exblog. Silahkan kamu melakukan konfigurasi dan mengatur beberapa hal yang dibutuhkan untuk keperluan blogmu.


2. Cara Membuat Artikel di Exblog.jp

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah artikel baru dan menerbitkannya. Ini dimaksudkan sebagai syarat untuk mendaftar ke Google Adsense pada langkah ketiga nanti.

1. Buka akun Exblog yang sudah kamu buat

2. Aktifkan fitur translate bahasa di Google Chrome

3. Klik “Write an Article” (menu sidebar kiri berwarna biru)

4. Buat satu artikel dengan disertai gambar

5. Klik “Keep” untuk menerbitkan artikel.

Kamu dapat membuat artikel dengan mudah dengan bantuan ChatGPT. Saya sendiri sudah menjelaskan singkat mengenai tutorial pembuatan artikel dengan ChatGPT, baca: Cara Membuat 100% Artikel Unik di ChatGPT.


3. Cara Daftar Exblog di Google Adsense

Akun Exblog yang telah dibuat tadi sudah berisi satu artikel, akun Exblog tersebut dapat segera didaftarkan Google Adsense. Begini cara daftar akun Exblog di Google Adsense:

1. Masuk ke akun Exblog

2. Aktifkan fitur translate bahasa di Google Chrome

3. Klik profilmu, lalu klik “Basic Configuration”.

4. Scroll sampai ke bawah, lalu isi ID publisher adsense ke dalam kolom “Google Adsense for Excite Blog”.

Jangan lupa juga buatkan properti Google Analitycs 4 dan mengisikan IDnya di kolom “Google Analitycs 4”. Ini berfungsi agar kamu dapat mengetahui informasi Exblogmu, baik penayangan, sumber trafik, dan lain sebagainya.

5. Klik “Application” untuk menerapkan pengaturan.

6. Buka akun Google Adsense

7. Klik menu “Sites”, lalu klik “New Site”.

8. Masukkan alamat exblogmu, lalu klik “Save”.

9. Centang “I’ve Added My Publisher ID”, klik “Next”.

10. Klik “Request Review”.

Pada tahap ini, kamu sudah mengajukan permintaan peninjauan exblog ke Google Adsense. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu selama sampai Google Adsense menyetujui permintaan itu.

Tutorial tulisan ini pastinya sangat membingungkan, untuk itulah saya sudah menyiapkan tutorial video cara daftar Exblog.jp dan disetujui Google Adsense dalam 10 menit:

Video tersebut merupakan pengalaman saya mendaftar dan membuat akun Exblog. Setelah mengajukan ke Google Adsense, sekitar 10 menit kemudian permintaan disetujui Google Adsense.


Hasil Bagi 20% Pendapatan Google Adsense ke Exblog.jp

Setiap pendapatan pengguna dari Google Adsense (baik CPM dan CPC) di Exblog akan diterapkan bagi hasil. Pengguna (publisher) memperoleh 80% bagi hasil dan exblog.jp memperoleh 20% bagi hasil.

Misalnya, pendapatan bersih dari Google Adsense adalah Rp. 100.000 (sudah terpotong bagi hasil dengan Google Adsense), maka Rp. 80.000 ribu dimiliki pengguna dan Rp. 20.000 dimiliki exblog.jp.


Kelebihan Exblog.jp di Google Adsense

Exblog.jp atau Excite Blog merupakan platform yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang di Google Adsense. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan keuntungan apabila kamu menggunakan Exblog untuk mendaftar Google Adsense:


1. Exblog Bermodal Gratis

Seperti yang sudah saya ringkas di atas, pengguna dapat membuat sebuah blog di Exblog.jp dengan gratis tanpa berbayar. Selain itu, membuat sebuah blog di Exblog saya kira cukup mudah dan cepat.


2. Exblog Mudah Disetujui Google Adsense

Proses peninjauan permintaan ke Google Adsense berlangsung sangat cepat bila dibandingkan dengan blog-blog lainnya. Hanya dalam hitungan menit, proses peninjauan dapat disetujui oleh Google Adsense.


3. Exblog Lebih Mirip Media Sosial Jepang

Jika dicermati dengan teliti, Exblog ternyata lebih mirip dengan media sosialnya orang-orang Jepang. Aktivitas saling follow dapat menambah pertemanan dan meningkatkan visibilitas post. Keuntungannya di sini adalah apabila penggunanya memiliki follower banyak, tentu postnya pun semakin memperoleh visibilitas.


Kekurangan Exblog.jp di Google Adsense

Membuat blog di exblog.jp memang memiliki banyak kelebihan dan keunggulan, meskipun di atas hanya saya sebutkan tiga. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa Exblog juga memiliki beberapa kekurangan jika dikolaborasikan dengan Google Adsense sebagai suatu blog tempat menulis tulisan ilmiah, setidaknya untuk saat ini:


1. Bahasa Exblog Adalah Jepang 

Saat ini, Exblog.jp hanya support untuk bahasa Jepang saja. Meskipun pengguna dapat menerjemah dengan fitur terjemah browser, tetapi tetap saja ada beberapa kata yang tidak bisa diterjemah.


2. Mayoritas Pengguna Exblog Adalah Orang Jepang

Pengguna dapat meningkatkan penghasilan dari Google Adsense di Exblog apabila ia memperoleh banyak follower. Sayangnya, sebagian besar pengguna Exblog.jp adalah orang-orang Jepang. Post-post yang ada di dalamnya juga sebagian besar berbahasa Jepang. Sehingga, post-post berbahasa Indonesia dan Inggris untuk saat ini pun masih sangat minim.


3. Plugin Exblog Tidak Tersedia Untuk Akun Free

Akun exblog free dan advance tidak didukung untuk menginstall plugin tambahan lainnya. Penginstalan plugin hanya mendukung untuk akun premium dan super premium.

Sebenarnya, masih banyak sekali kelebihan dan kekurangan Exblog atau Excite Blog. Kamu dapat mencoba membuat sebuah blog, menulis artikel, dan mengaitkannya ke Google Adsense. Dengan demikian, kamu dapat menyimpulkan sendiri apakah Exblog benar-benar cocok untuk mendukung penghasilan Google Adsensemu.


Catatan Update:
Berdasarkan kabar terkini dari teman-teman para blogger Indonesia, saat ini proses disetujui Google Adsense lebih lama. Ada yang 2-3 hari, bahkan ada pula yang ditolak. Hal ini mungkin dikarenakan mulai banyak yang menggunakan exblog untuk mendaftar Google Adsense.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa hari-hari ke depan bisa jadi lebih lama lagi proses penintauan dan persetujuan. Atau, bisa jadi ada ketentuan baru dalam meminta proses peninjauan Google Adsense.