10 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Remaja

Seperti halnya dalam syair lagu bang haji Roma Irama, masa remaja adalah masa yang berapi-api, masa dimana seseorang lebih mengedepankan ego dan keinginan sendiri. Ya, memang kebanyakan para remaja melakukan hal-hal yang bisa saja merugikan diri sendiri dalam jangka panjang.

Tanpa didasari pemikiran dan kesadaran, mungkin semua tindakan yang dilakukan oleh para remaja akan menjadi kebiasaan buruk. Dan tentu saja kebiasaan buruk tersebut harus dihindari untuk menyongsong masa depan yang lebih indah. Berikut ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh para remaja pada umumnya :

Baca sebelumnya : 8 Faktor Utama Penyebab Kenakalan Masa Remaja.

1. Kebiasaan Merokok Berlebihan

Tidak ada yang membantah kasus merokok yang dialami oleh hampir semua orang di Indonesia bahkan di dunia, lebih khusus dari kalangan remaja. Merokok sudah menjadi bagian kehidupan dari kebanyakan anak remaja, padahal merokok sangat tidak baik bagi kesehatan jangka panjang, dan ini harus dihindari. Baca artikel berikut : 7 Pengaruh dan Dampak Buruk Merokok.

2. Kebiasaan Mabuk Minuman Keras

Selain merokok, mabuk juga sudah sering dilakukan oleh kebanyakan remaja, apalagi jika mereka bergaul dengan teman-teman sesama peminum. Padahal mereka jelas mengetahui bahwa minuman keras adalah minuman yang dilarang oleh agama dan negara. Kenikmatan minuman keras hanya untuk berfoya-foya dan menghilangkan gundah sesaat, ini juga harus dihindari.

3. Terlibat Obat-Obat Terlarang dan Narkoba

Sampai saat ini, narkoba menjadi masalah serius yang dialami oleh bangsa Indonesia. Kemajuan bangsa Indonesia tentu ada ditangan para generasi muda yang bijaksana, tetapi bagaimana jika generasi muda bermasalah dengan narkoba ?. Tentu akan akan sangat berbahaya, baik bagi diri mereka sendiri dan bangsa ini, baca bahaya narkoba bagi remaja : 7 Bahaya Narkoba Mengancam Generasi Muda.

4. Kebiasaan Begadang dan Tidur Pagi Hari

Begadang memang sangat menyenangkan untuk menikmati malam bersama teman-teman, tetapi ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena begadang juga bisa menimbulkan beberapa penyakit akibat angin malam. Sayangnya, kebanyakan remaja selalu ceroboh dengan banyak begadang tiap malam.

Salah satu efek buruk yang didapatkan karena sering begadang adalah bangun telat, padahal pagi adalah waktu yang tepat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dengan berolah raga dan mengais rizki. Saya yakin bahwa sangat sedikit remaja yang menyadari hal ini, kamu juga bisa membaca 7 Pengaruh dan Dampak Buruk Tidur Pagi Hari.

5. Pemborosan Uang Hanya Untuk Kesenangan

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa masa remaja lebih cenderung untuk melakukan hal-hal sesuai dengan keinginan pribadi yang bersifat semu. Jadi, mereka akan melakukan apapun untuk memenuhi hasrat tersebut, bahkan mengeluaran banyak uang tanpa perhitungan, misalkan untuk membeli minuman keras dan hal sia-sia lainnya. Ini tentu akan merugikan diri mereka sendiri dan harus dihindari.

6. Malas Bekerja dan Ingin Sesuatu Yang Instan

Penyakit ini selalu menjadi bagian masa remaja, keinginan untuk foya-foya tetapi malas bekerja, apalagi jika mereka berasal dari keluarga kaya raya. Para remaja tentu ingin bebas, bahkan sebagian beranggapan bahwa terjerat oleh pekerjaan itu menyusahkan, tidak ada kebebasan di dalamnya. Tetapi, pemikiran seperti itu salah, meskipun terjerat oleh pekerjaan tetapi ini demi masa depan, pengalaman dan keahlian akan didapat dari pekerjaan tersebut, apapun pekerjaan itu.

Ironisnya, pemikiran kurang matang tersebut sering kali memunculkan ide untuk memperoleh kesuksesan melalui jalan secara instan, sehingga dapat menjerat diri ke dalam sesuatu yang dilarang, misalnya penipuan, perjudian online, prostitusi online, dan hal-hal lain yang dapat merugikan orang lain. 

Alhasil, masa muda yang seharusnya didasari dengan semangat dan usaha keras demi memperoleh banyak pengalaman, malah terbuai oleh pemikiran palsu dan tindakan semu yang juga bisa saja merugikan diri sendiri ke depannya.

7. Pacaran Berlebih Sampai Pada Pergaulan Bebas

Yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, rasanya masa remaja tidak lagi indah jika dilalui dengan status jomblo. Namun sayangnya, remaja selalu tidak puas dengan pasangan yang mereka dapatkan, alhasil banyak terjadi putus cinta dan mencari pacar baru. 

Ini juga merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Jika kamu berpacaran, belajarlah untuk mendapatkan manfaat dari pengalaman berpacaran untuk kehidupan rumah tangga nanti. Pasti ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dalam pengalaman berpacaran ketika kamu sudah berumah tangga.

Masa remaja adalah masa peralihan ke masa dewasa, para remaja sudah bisa merangsang hasrat untuk pada lawan jenis. Fakta umumnya, banyak remaja yang menonton video-video asusila untuk memuaskan nafsu birahi dan ujung-ujungnya mereka juga akan mempraktekkannya.

Ingatlah bahwa penyalagunaan nafsu buruk tersebut sangat dikecam oleh agama dengan menerima dosa besar. Tidak hanya itu, pergaulan bebas juga bisa menjerumuskan seseorang ke dalam lembah kehinaan, juga bisa terjangkit penyakit yang mengerikan seperti AIDS.

8. Main Game Lupa Waktu

Salah satu hiburan dalam melampiaskan diri dari rasa jenuh adalah bermain game. Ya, ada banyak game-game online menarik yang bisa didapatkan dan dimainkan secara leluasa hanya melalui smartphone. Sayangnya, kadang karena saking asyiknya bermain game sampai-sampai melupakan sesuatu yang seharusnya lebih penting untuk dilakukan. Tak terasa, lama kelamaan memainkan game online pun menjadi candu yang cukup sulit dihilangkan.

9. Penyebaran Hoax Demi Keuntungan Diri Sendiri

Saat ini, kita semua dihadapkan pada masa online vitual yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Pasalnya, banyak sekali konten-konten hoax yang merugikan publik di media sosial seperti Youtube, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Semua itu hanya didasari karena ingin menguntungkan diri sendiri tanpa mau mengedepankan perasaan orang lain.

10. Menyia-nyiakan Waktu Tanpa Berpikir Ke Depan

Jika kamu sudah membaca ke-sembilan point di atas, semuanya adalah hal sia-sia yang kebanyakan remaja melakukannya, ini karena mereka tidak berpikir lebih bijaksana demi masa depan. Dan sebisa mungkin sebaiknya kebiasaan buruk tersebut dihindari untuk kesuksesan diri sendiri tentunya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url