8 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah - Pernikahan merupakan sebuah ikatan suci untuk membangun keluarga baru bersama seseorang yang dicintai. Tujuan dari pernikahan adalah mengikat hubungan halal, memperoleh kasih sayang dan ketenangan, serta meneruskan keturunan.

Menikah adalah impian banyak orang di usia dewasa, membangun kehidupan baru dan menjalin hubungan suci yang diridloi agama. Banyak orang mengatakan bahwa kehidupan baru setelah menikah terasa lebih menarik dan lebih nyaman. Hal ini dikarenakan ada banyak hikmah di dalam pernikahan, sebagaimana Allah SWT berfirman tentang hikmah dalam sebuah pernikahan:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوْا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang" (Ar-Rum : 21).


Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah

Kendatipun demikian, kehidupan baru setelah menikah tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, selalu ada tantangan dan masalah baru yang akan muncul. Tak jarang, masalah-masalah tersebut mengharuskan seseorang untuk mengakhiri ikatan pernikahannya begitu saja karena tidak mampu mempertahankannya. Pastinya, ada banyak penyebab perceraian yang merupakan tantangan dalam berumah tangga.

Untuk itulah, ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum menikah. Dengan menyiapkan beberapa hal tersebut, seseorang dapat mengantisipasi adanya masalah baru dalam berumah tangga. Selain itu, ini juga dapat membuat ikatan pernikahan tetap awet dan berlangsung langgeng sampai akhir hayat:

1. Calon Mempelai

Adalah hal yang mustahil jika kamu menikah tanpa memiliki calon mempelai. Jadi calon mempelai menjadi persiapan nomor satu sebelum menikah. Pastikan kamu memilih calon atau pasangan yang benar-benar kamu cintai. Hal ini dapat menambah kasih sayang dan keharmonisan dalam rumah tanggamu nanti.

Lain daripada itu, jangan memilih calon mempelai berdasarkan sudut pandang materi, baik karena penampilan fisik, harta, kedudukan, status sosial, dan lain sebagainya. Semua ini merupakan kenikmatan luar yang bisa saja menyebabkan kehidupan rumah tanggamu tidak berjalan utuh, seperti halnya banyak fakta yang sudah terjadi.

Sebenarnya, menikah bukan hanya tentang kehidupan duniamu, yang lebih penting adalah kehidupan ukhrawi. Sehingga, pastikan memilih pasangan yang memahami dan peduli terhadap agama, berakhlakul karimah, dan berbudi mulia. Pasangan seperti inilah yang akan setia, mampu berbagi suka duka, dapat menghibur di kala kamu susah, memberikan motivasi di kala Anda putus asa, dan membimbingmu menuju ridlo Sang Kuasa.

Dalam artikel lain, Al-Maghfur lah, Mbah Maimum Zubair pernah memberikan tips agar tips menarik dalam memilih pasangan untuk tujuan ukhrawi : Tips Pilih Istri Untuk Dapatkan Anak Sholeh by Mbah Maimun Zubair.

2. Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan adalah hal yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum terlaksanakannya pesta itu. Secara umum, hal-hal yang perlu disiapkan dalam pesta pernikahan di antaranya adalah:

  • Penentuan waktu pernikahan
  • Susunan acara pernikahan (seperti sewa MC, penyerahan dan penerimaan calon mempelai, mauidloh hasanah, dan lain-lain)
  • Rias dan gaun pengantin
  • Mahar atau mas kawin
  • Cincin pernikahan
  • Administrasi KUA (Kantor Urusan Agama)
  • Siapa saja yang akan diundang
  • Konsumsi dan souvenir untuk para undangan
  • Sewa tempat pernikahan (jika memungkinkan)
  • Sewa jasa katering (jika memungkinkan)
  • Sewa jasa dekorasi acara pernikahan
  • Sewa dokumentasi acara pernikahan
  • Sewa sound dan operator
  • Seserahan pengantin (biasanya tergantung adat setempat)
  • Dan lain-lain.

3. Biaya Pernikahan

Pada umumnya, biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akad pernikahan tidaklah kecil. Jika dihitung-hitung, semua itu membutuhkan biaya yang relatif cukup besar, ini juga tergantung pada adat setempat, besarnya acara pernikahan, dan lainnya. Untuk itulah, kamu dapat menyiapkan biaya pernikahan dengan mulai menabung sejak dini.

Dengan menyiapkan anggaran biaya tersendiri untuk acara pernikahanmu nanti, kamu tidak lagi kebingungan untuk menambal lubang biaya saat pesta pernikahanmu akan segera dilaksanakan.

4. Ilmu dan Akhlaq

Ilmu dan akhlaq adalah dua hal penting yang juga perlu disiapkan sebelum menikah, karena keduanya dapat mempengaruhi keutuhan rumah tangga. Tanpa di dasari ilmu dan akhlaq, tidak menjamin kehidupan rumah tangga akan berlangsung sakinah mawaddah warahmah.

Keduanya adalah bekal sebelum menikah. Ilmu bertindak sebagai teori, sedangkan akhlaq bertindak dalam mengaplikasikan teori pernikahan itu.

Jadi, sebelum menikah, sebaiknya kamu mendalami ilmu pernikahan terlebih dahulu, seperti mempelajari hak-hak dan kewajiban harus dipenuhi bagi masing-masing pasangan, cara berinteraksi, cara menyikapi masalah yang terjadi, dan lain sebagainya. Tentu saja ilmu sebagai teori pernikahan ini paling banyak didapatkan dalam kajian keagamaan.

5. Kesiapan dan Mental Yang Kuat

Perjalanan rumah tangga akan mendapati banyak rintangan dan masalah. Jadi kesiapan mental perlu disiapkan sebelum menikah. Membekali diri dengan mental yang kuat sebelum menikah, berarti kamu sudah siap untuk menghadapi apapun rintangan, tantangan, dan masalah yang akan terjadi dalam rumah tangga nanti.

6. Pekerjaan Yang Mapan

Pekerjaan yang mapan adalah faktor pendukung finansial dalam rumah tangga sehari-hari. Memiliki pekerjaan yang mapan harus disiapkan terlebih dahulu sebelum menikah, minimal pekerjaan yang dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Jika dalam berumah tangga ternyata kamu masih memiliki pekerjaan yang kurang mencukupi kebutuhan, maka ini dapat memicu masalah, seperti pertengkaran bahkan sampai perceraian.

Kecuali, pasanganmu adalah orang yang dapat menerima keadaan dengan lapang dan mampu menghemat pengeluaran rumah tangga. Namun, orang seperti ini cukup langka di zaman sekarang.

Selain dapat menunjang kebutuhan finansial, pekerjaan mapan dengan gaji yang cukup dapat menjadi antisipasi terhadap kebutuhan lain atau kebutuhan yang tidak terduga, seperti melahirkan, sakit, mengunjungi keluarga, dan lain sebagainya. Yang jelas, kebutuhan rumah tangga jauh lebih banyak daripada kebutuhanmu sendiri saat masih bujang.

7. Kondisi dan Kesehatan Fisik

Kondisi dan kesehatan fisik adalah faktor terpenting bagaimana kamu dapat menjalankan akad nikah dan menjalani kehidupan barumu. Dengan demikian, kamu harus melakukan beberapa tips untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat dan menghindari bahaya yang mengancam seperti narkoba dan minuman keras.

8. Rumah dan Kendaraan

Rumah memang bukan menjadi persiapan pokok sebelum menikah, tetapi ini bisa saja menjadi rencana yang harus dipersiapkan. Kamu dapat menabung untuk dapat membeli dan membangun rumah sendiri bersama pasanganmu.

Pasalnya, kehidupan baru bersama pasanganmu di dalam rumah pribadi akan terasa lebih nyaman daripada hidup bersama orang tua atau mertua. Di sini, kamu dapat melakukan apapun secara leluasa bersama pasanganmu tanpa sungkan pada orangtua atau mertua.

Selanjutnya, kendaraan pribadi adalah alat transportasi yang sangat penting untuk mendukung memenuhi kehidupan barumu, baik untuk bekerja, belanja, dan lain sebagainya.


Kesimpulan

Menikah adalah impian banyak orang untuk membangun keluarga baru bersama orang yang dicintai. Baik dalam proses pernikahan ataupun proses setelah menikah, seseorang pasti dihadapkan dengan banyak tantangan baru. Untuk itulah, ada hal yang harus disiapkan sebelum menikah.

Dengan mempersiapkan persiapan-persiapan tertentu sebelum menikah, ini dapat membantunya untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan demikian, ia dapat mewujudkan keharmonisan rumah tangga dan mengantisipasi tantangan tak terduga.