7 Manfaat dan Keuntungan Hobi Anime dan Manga

Salah satu hobi yang banyak kita temui di masyarakat pengguna internet adalah anime dan manga. Ya, sebutan bagi mereka yang hobi menonton anime dan membaca manga adalah “Otaku”, tentu saja banyak sekali otaku di Indonesia, buktinya adalah banyaknya situs-situs anime dan manga yang sangat populer di Indonesia.

Nah, meskipun ini cuma sekedar hobi, tetapi ternyata mampu memberikan manfaat dan keuntungan bagi penggemar. Mungkin di sini saya akan menjabarkan tentang manfaat dan keuntungan dari hobi menonton anime dan membaca manga :

1. Sebagai Bahan Hiburan

Menonton anime dan manga adalah hiburan yang para otaku, bahkan ketika kamu sedang dalam kesendirian dan kesepian, hanya butuh PC dan koneksi internet, kamu akan bisa mendapatkan hiburan untuk memenuhi kekosongan dan kesepian. Anime dan manga bisa membuat kamu tertawa dengan kelucuan kisahnya, juga memberikan konsentrasi saat pikiranmu sedang kosong.

2. Mendapatkan Inspirasi dan Pembelajaran

Inspirasi dan pembelajaran bisa kamu dapatkan darimana pun, bahkan dari membaca atau menonton kisah fiktif. Tentu saja banyak sekali inspirasi dan pembelajaran dalam anime dan manga sendiri, sudah saya rangkum dalam link berikut ini :

7 Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Manga dan Anime.

3. Seni dan Kreatifitas

Animasi gambar dan gerak adalah sebuah seni, bahkan jika kamu bisa mengasahnya dengan bakat dan kreatifitasmu, maka akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu, bahkan untuk masalah finansial. Di Indonesia sendiri sudah mulai populer dengan kreatifitas animasi yang bisa menjunjung karir.

4. Mengetahui Budaya Jepang

Anime adalah video animasi dari Jepang, sedangkan manga adalah sebutan komik bagi orang Jepang. Tentu saja banyak budaya-budaya Jepang di dalamnya, baik budaya yang baik dan budaya yang kurang baik. Tetapi, dari sini kamu bisa mengetahui dan membandingkan budaya sana dengan budaya di negaramu.

5. Mengetahui Beberapa Karakter dan Watak Dari Setiap Tokoh

Selain budaya, anime dan manga pun disempurnakan dengan beberapa karakter berbeda dari semua tokoh. Dengan mengetahui setiap karakter, kita pun bisa mengambil pembelajaran untuk mendukung interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bagaimana menghadapi watak seseorang satu dan orang lainnya. Begitu pula, kita pun bisa memperoleh informasi karakter jika kita hendak mengembangkan bisnis atau pekerjaan dalam bidang visual desain animasi.

6. Sedikit Belajar Bahasa Jepang

Jika kamu adalah salah satu otaku, pasti kamu juga bisa mengerti sedikit tentang bahasa Jepang dan beberapa bahasa pergaulan. Meskipun tidak 100 %, ini mungkin bisa memberimu informasi untuk mengetahui bahasa Jepang meskipun hanya sedikit.

7. Menemukan Banyak Teman Online Sesama Fans

Di dunia online, banyak sekali grup, forum, blog, dan komunitas penggemar anime dan manga. Bergabung di sana akan mendapatkan banyak teman online dengan hobi yang sama. Kamu bisa sharing, curhat, da bertukar pikiran dengan mereka tentang hal yang kamu sukai dan benci mengenai suatu topik dalam anime atau manga.


Apa Sisi Negatif dari Hobi Anime dan Manga ?

Untuk sisi negatif, sudah saya ulas pada posting berikut ini : 6 Bahaya dan Dampak Buruk Karena Sering Nonton Anime dan Manga