Cara Kirim Item Game Dota 2 via Trade Offer

Kirim Item Game Dota 2 via Trade Offer – Game Dota 2 memiliki cakupan item-item yang luas. Item-item itu tidak hanya diperuntukkan untuk hero-hero saja. Tetapi juga untuk semua visual grafik di dalam game, seperti courier, map, loading screen, tower, creep, dan sebagainya. Pada dasarnya, item-item itu berfungsi sebagai penambah visual grafik saat bermain. Hal ini menjadi minat para pemain untuk mengoleksi item-itemnya.

Jika kamu pemain game Dota 2 (baik masih aktif atau sudah pasif), pasti tidak asing lagi dengan item-item Dota 2. Sebagai pemain, mengenakan item saat bermain Dota 2 sangatlah seru. Keseruan itu dapat terlihat pada bagaimana itemmu berbeda dengan item-item default Dota 2. Apalagi itemmu memiliki efek tertentu dan harganya mahal.


Jenis Kategori Item di Game Dota 2 

Pastinya, tim Dota 2 akan terus mengembangkan item-itemnya dengan merilis item-item baru setiap musim tertentu. Dengan viariasi item-itemnya, tim Dota 2 sudah mengelompokkan item-item berdasarkan jenis dan kategorinya. Kamu dapat mengetahui jenis dan kategorinya pada informasi item tersebut.

Sekarang, kamu tahu bahwa jenis-jenis item di game Dota 2 sangatlah banyak. Saya tidak akan menjelaskan jenis item-item tersebut satu per satu, karena posting ini akan menjadi sangat panjang. Saya hanya ingin menjelaskan jenis item game Dota 2 berdasarkan kategori tertentu seperti berikut:

  • Deletable: Kategori item yang dapat dihapus secara permanen. Ini adalah kategori item pada umumnya di game Dota 2.
  • Not Deletable: Kategori item yang tidak dapat dihapus secara permanen. Di antara item yang statusnya not deletable, seperti arcana.
  • Marketable: Kategori item yang dapat diperjualbelikan di market Steam. Item-item yang statusnya marketable belum tentu dapat digunakan untuk trade.
  • Not Marketable: Item yang tidak dapat diperjualbelikan di market Steam.
  • Tradable: Ketegori item yang dapat dikirim ke pemain lain dengan melakukan trade. Biasanya, item yang statusnya tradable sudah pasti marketable.
  • Not Tradable: Item yang tidak dapat digunakan untuk trade.

Dari sini, kamu dapat memahami perbedaan kategori item-item seperti yang sudah dijelaskan. Saya kira ini dapat menjadi awal penting untuk melanjutkan pembahasan sesuai judul posting. Ya, pada posting ini, saya akan mengulas tutorial untuk melakukan trade item game Dota 2. Namun, terlebih dahulu, mari disimak penjelasan tambah di bawah ini.


Metode Kirim Item Game Dota 2 ke Pemain Lain

Untuk dapat memahami tutorial ini, terlebih dahulu saya akan menjelaskan 4 metode untuk mengirim itemnya. Keempat metode inilah yang digunakan oleh setiap pemain untuk dapat mengirim itemnya pada pemain lain. Jika kamu mau, kamu dapat memilih salah satu metodenya atau mencobanya satu per satu:

  • Menjual item di market Steam: Menjual item game Dota 2 yang dimiliki di market Steam. Saldo akun Steam akan bertambah jika item sudah dibeli oleh pemain lain.
  • Trade offer: Metode ini digunakan dengan melakukan sebuah trade antar 2 pemain saja. Metode inilah yang akan saya jelaskan pada tutorial game Dota 2 di bawah.
  • Mengirim link trade: Metode ini sama seperti trade offer. Perbedaannya adalah trade offer harus terhubung pertemanan, sedangkan mengirim link trade tidak harus terhubung pertemanan. Tutorial lebih jelas, dapat dibaca Cara Trade Item Game Dota 2 Tanpa Add Friend.
  • Gift wrap: Pemberian item secara langsung pada pemain yang ditentukan. Baca artikel berikut untuk mengetahui informasi lebih lengkap: Cara Gift Wrap Item di Game Dota 2.


Cara Kirim Item Game Dota 2 via Trade Offer

Trade offer merupakan metode kirim item di game Dota 2 dengan melakukan sebuah trade item antar 2 pemain. Selanjutnya, kita dapat lebih fokus untuk membahas bagaimana cara melakukan trade offer.  Tutorial trade offer ini dilakukan di PC, tetapi kamu juga dapat melakukan trade offer melalui aplikasi Steam mobile.


A. Melakukan Trade Offer di Akun Steam

1. Buka akun Steam (di browser atau aplikasi Steam di PC).

2. Pilih menu “nama akun”, lalu klik “Inventory”.

3. Klik “Trade Offers”.

Cara Kirim Item Game Dota 2 via Trade Offer

4. Pilih opsi “New Trade Offer”.

New trade offer item game Dota 2

5. Pilih akun teman yang ingin diajak trade offer.

6. Pada opsi “Your Inventory”, Pilih “Dota 2”.

Catatan penting:
Jika kamu ingin pertukaran item, kamu juga perlu memilih item temanmu pada opsi “Their Inventory”. Lakukan hal yang sama seperti poin-poin di bawah.

7. Klik kiri 2 kali pada mouse untuk memilih item yang akan ditrade.

8. Centang “Click here to confirm trade contents”.

9. Akan ada peringatan, klik “Yes, this is a gift”.

10. Klik “Make Offer”.

Melakukan Trade Offer di Akun Steam


B. Konfirmasi Trade Offer di Aplikasi Steam Mobile

1. Klik menu, lalu pilih “Confirmations”.

Konfirmasi trade offer di Steam mobile

2. Klik notifikasi untuk konfirmasi trade offer.

Catatan penting:
Jika kamu tidak merasa melakuka trade offer, kamu dapat membatalkan konfirmasi trade offer.

3. Klik "Send Offer".


Sebagai informasi tambahan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan mengenai metode trade offer:

  • Trade offer hanya dapat dilakukan apabila akun Steammu tidak limited. Baca cara mengatasi akun Steam yang limited.
  • Trade offer hanya dapat dilakukan apabila keduanya (pengirim dan penerima) terhubung pertemanan akun.
  • Trade offer dapat dilakukan meskipun temanmu tidak in-game atau tidak online.
  • Item yang dapat dikirim via trade offer adalah item yang tradable.
  • Trade offer dijamin aman karena kedua belah pihak (pengirim dan penerima) harus melakukan konfirmasi trade offer di aplikasi Steam mobile.