Cara Trade Item Dota 2 Tanpa Add Friend

Item-item Dota 2 merupakan item-item yang biasa digunakan oleh para pemain baik dipakai pada hero, courier, map, creeps, tower, dan lainnya. Tentu saja item-item tersebut bisa difungsikan agar performa penampilan terlihat lebih menarik, karena sebagian item memiliki efek yang keren, khususnya item-item yang mahal. 

Selain itu, memainkan game Dota 2 tanpa menggunakan item biasanya kurang dirasa kurang berkesan. Apalagi bagi para pemain Dota 2 yang mempunyai banyak item akan terlihat sebagai pemain yang kaya. Ya, meskipun memang penampilan item tidak bisa mempengaruhi skill bermain, yang jelas semua itu hanya bisa dirasakan kerennya bagi mereka yang gemar memainkan game Dota 2.

Nah, item-item dalam game Dota 2 sendiri bukan hanya bermanfaat untuk menambah performpa penampilan saja, tetapi juga ada hal lain yang tidak kalah menariknya. Item-item itu bisa diperjualbelikan secara online yang mana kita mengenalnya dengan istilah "Trade".

Sebagian besar item-item Dota 2 memang bisa diperjualbelikan di situs Steam, tetapi banyak juga pemain Dota 2 yang melakukan trade secara langsung di dalam game. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bisa melakukan trade di situs-situs penjualan item game.

Berbicara mengenai trade item Dota 2, pastinya akan berhubungan dengan "Add Friend" atau menambah teman. Ini memang sudah menjadi aturan dalam game Dota 2 dan situs steam bahwa pemain bisa melakukan trade item jika sudah saling menjalin pertemanan.

Sedangkan untuk melakukan "Add Friend" atau menambah teman, maka akun steam tidak boleh limited atau dibatasi. Ya kita tahu memang bahwa game Dota 2 terkoneksi dengan situs Steam, sehingga untuk memainkan game ini secara online butuh login terlebih dahulu ke akun steam dan itu juga berlaku untuk melakukan berbagai macam trade.


Cara Trade Item Dota 2 Tanpa Add Friend

Meskipun demikian, situs Steam mendukung para pengguna untuk bisa melakukan trade tanpa harus menambah pertemanan. Hal semacam ini biasanya banyak ditemukan di situs-situ penjualan item game, jadi setiap pemain yang ingin membeli item tidak harus "add friend". 

Adapun untuk melakukan trade item Dota 2, maka syaratnya adalah akun Steam tidak boleh limited atau dibatasi. Sedangkan cara melakukan trade item tanpa menambah teman adalah sebagai berikut ini :


Langkah Pertama : Pastikan Profile dan Inventory Tidak Private

Untuk melakukan trade item di steam tanpa harus menambah teman, maka pastikan profila akun dan inventory disetting untuk publik dan tidak diprivasi. Adapun cara bisa dilihat seperti langkah di bawah ini :

1. Klik nama akun Steam di menu atas

2. Klik Profile 

3. Klik Edit Profile 

4. Klik Privacy Settings

5. Ubah pengaturan My Profile menjadi Public

6. Ubah pengaturan Inventory menjadi Public.


Langkah Kedua : Buat Trade Offers

Langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat "trade offers"lalu membagikan link tradenya. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini :

1. Klik nama akun Steam di menu atas

2. Klik Inventory

3. Klik Trade Offers

4. Pilih menu "Who can send me Trade Offers ?"

5. Scroll ke bawah sampai Third-Party Sites, share link pada kolom di bawahnya

Nah, jika sudah bagikan link yang sudah dicopy ke pemain lain (baik yang berteman atau tidak berteman), misalnya ke pesan email, media sosial, situs penjualan item game, dan lain sebagainya.


Cara Menerima Item Dota 2 Dari Link Trade

Link trade tersebut bisa dibuka oleh orang yang juga memiliki akun steam, baik akun yang tidak limited atau akun yang masih limited (minimal 15 hari sesudah steam guard diaktifkan setelah membuat akun baru walau akunnya masih limited).

Jika link trade tersebut dibuka maka ia bisa memilih item tradable yang ia inginkan, caranya :

1. Buka link trade tersebut

2. Pilih game Dota 2 (di bawah menu Your Inventory)

3. Pilih Their Inventory

4. Klik kiri 2 kali pada item yang ingin dibeli

5. Centang "Click here to confirm trade contents"

6. Klik Make Offers.

Tunggu dari pihak pengirim link trade untuk konfirmasi bahwa trade item telah diterima dan secara otomatis akan muncul pemberitahuan trade telah berhasil dan item sudah ada di halaman inventory.


Cara Konfirmasi Trade Offers

Jika ada orang yang ingin membeli item, maka secara otomatis akan muncul pemberitahuan di akun steammu, lalu lakukan langkah-langkah di bawah ini :

1. Klik nama akun di pojok kanan atas

2. Klik New Trade Notification

3. Klik Respond to Offers (di bawah kolom item yang ditrade)

4. Centang "Confirm trade contents"

5. Klik Yes, This is a Gift.

6. Klik Accept Trade

7. Konfirmasi trade di aplikasi steam pada smartphonemu

Nah, jika sudah, maka item akan terkirim secara otomatis ke pembeli item. Tetapi jika kamu ingin mengurungkan tradenya, maka cukup klik Decline Trade.


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tonton video tutorialnya di bawah :

Tanggapan :