9 Upaya Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Upaya Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Upaya Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia - Kemerdekaan Indonesia merupakan karunia besar yang telah diberikan Allah SWT bagi seluruh bangsa Indonesia. Tentu saja hal itu sepatutnya disyukuri dari lubuk hati yang terdalam dengan melakukan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya bagi bangsa ini dan merupakan harga mati yang harus terus dipertahankan. Tak hanya sebatas perenungan dan ucapan terima kasih saja, tetapi perlu diwujudkan dalam bentuk tindakan.

Tentu kita tidak merasakan kepahitan dan penderitaan para leluhur bangsa Indonesia yang dijajah oleh penjajah dalam kurun waktu ratusan tahun, kita hanya merasakan kenyamanan dan keamanan berbangsa saat ini. Dan semua itu berkat pengorbanan jiwa para leluhur dan perjuangan para pahlawan. Semua bukan hanya demi anak cucu mereka tetapi juga demi seluruh bangsa Indonesia.


Upaya Memperingari Hari Kemerdekaan Indonesia

Dalam salah satu motivasinya, Bung Karno menyerukan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Untuk itulah, di sini ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai bukti bahwa kita menghormati, menghargai, dan menjiwai jasa para pejuang, juga sebagai wujud syukur kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, berikut ini merupakan upaya yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia :

1. Mengawali Diri Dengan Dalamnya Renungan

Hal pertama perlu dilakukan sebagai wujud syukur dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia adalah merenugkan begitu besar arti kemerdekaan Indonesia, bagaimana penderitaan para leluhur kita, dan bagaimana sulitnya perjuang melawan para penjajah.

Dengan merenung dan meresapi arti kemerdekaan Indonesia, ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap arti kemerdekaan Indonesia. Sehingga hati akan terdorong untuk melakukan upaya peringatan kemerdekaan Indonesia dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia.

2. Mengikuti Adat dan Budaya Kemerdekaan Idonesia Setempat

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbinneka, dengan banyaknya adat istiadat, budaya, suku, bahasa, dan agama. Dalam hal ini, setiap daerah pasti memiliki beberapa budaya merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca selengkapnya : 11 Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan Indonesia di Bulan Agustus.

Meskipun dengan cara yang berbeda-beda, tak lain adat dan budaya kemerdekaan tersebut merupakan wujud syukur yang dilaksanakan dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Untuk itulah, sebagai putra-putri bangsa Indonesia, kita pun harus turut andil di dalamnya.

3. Memasang Sang Merah Putih di Pinggir-pinggir Jalan

Pemasangan bendera merah putih di beberapa tempat seperti di pinggir-pinggir jalan, adalah budaya yang merebak di seluruh Indonesia sejak lahirnya kemerdekaan Indonesia. Ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan bangsa dan mengenang jasa-jasa para pejuang kemerdekaan Indonesia. Ini merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

4. Memasang Pamflet dan Banner Kecil Kemerdekaan Indonesia di Medsos

Dalam dunia digital, salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia adalah memasang pamflet atau banner kecil bertema kemerdekaan Indonesia di akun-akun media sosial, seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Kita dapat memposting gambar bertema kemerdekaan, baik di story, grup, dan gambar profil di beberapa akun media sosial. Dengan memasangnya, ini menunjukkan kepedualian kita terhadap hari kemerdekaan Indonesia serta mengenang jasa para pejuang Indonesia.

5. Mengikuti Upacara Bendera

Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, upacara benda adalah peringatan yang cukup formal yang dilakukan, baik oleh para pegawai negara, instansi tertentu, para pelaksana pendidikan, bahkan di beberapa perusahaan.

Alasan dilakukannya upacara sang merah putih tidak hanya sebagai wujud syukur dan pengenangan jasa, tetapi juga sebagai wujud penghayatan dan penghormatan kepada para leluhur bangsa dan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, upacara bendara adalah kegiatan cukup formal untuk memperingari hari kemerdekaan Indonesia.

6. Mengadakan Perlombaan 17 Agustus

Hari kemerdekaan Indonesia yang bertepatan pada tanggal 17 Agustus merupakan momen bersejarah penuh makna. Tak khayal, untuk merayakan hari kemerdekaan itu, para pemuda dan pemudi di berbagai daerah mengadakan perlombaan seperti lari kelereng, makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan lain-lainnya.

Sekilas, acara-acara perlombaan memang terlihat seperti acara kompetisi biasa. Namun, di dalamnya terdapat nilai-nilai penting terkait peringatan kemerdekaan. Pasalnya, acara-acara perlombaan ini hanya diselenggarakan secara rutin pada Bulan Agustus.

7. Acara Doa Bersama Dalam Memperingati Kemerdekaan Indonesia

Upaya memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang tak kalah penting adalah dengan mengirimkan doa kepada para leluhur dan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Peringatan kemerdekaan ini biasanya dikemas dalam acara-acara agamis, misalnya acara tahlilan dan doa bersama dalam peringatan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Mengirimkan doa kepada para leluhur dan para pejuang kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu langkah penting dalam mewujudkan rasa syukur. Tak hanya terkhususkan bagi umat islam, karena umat-umat yang lain pun memiliki cara masing-masing.

8. Menanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

Salah satu wujud syukur terhadap kemerdekaan Indonesia adalah dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotrisme di dalam diri. Jiwa nasionalisme dan patriotisme sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Selain diri sendiri, kita juga perlu untuk menanamakan jiwa nasionalisme pada para generasi muda. Tentu saja ini bukan hanya kewajiban pemerintah dan anggota-anggota militer, tetapi juga kewajiban seluruh bangsa Indonesia. Harapannya adalah generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mencintai tanah air dan senantiasa berjuang untuk ibu pertiwi.

Baca juga : Gus Muwafiq, Sejarah Pancasila Sila Pertama oleh KH. Hasyim Asy'ari.

9. Intropeksi dan Memperbaiki Diri

Pepatah mengatakan, “Baiknya akhlaqmu menunjukkan baiknya akhlaq bangsamu”. Kata mutiara ini menunjukkan bahwa akhlaq kita menunjukkan akhlaq bangsa Indonesia dalam konteks umum. Kata mutiara ini dapat kita jadikan pegangan untuk menumbuhkembangkan akhlaq yang baik terhadap diri sendiri.

Dari sini, salah satu bentuk jiwa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia adalah menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah yang berbudi pekerti baik. Dengan mengintropeksi diri, kita dapat melakukan evaluasi terhadap diri dan memperbaikinya.

Sebenarnya, intropeksi diri dan memperbaiki diri memang harus dilakukan setiap saat. Namun, dalam momen-momen peringatan kemerdekaan, perenungan dan penghayatan jasa para pahlawan dapat mengingatkan untuk melakukan intropeksi dan evaluasi diri. Sehingga, dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, kita dapat berusaha dan memperkuat diri kembali untuk menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah.


Kesimpulan

Kemerdekaan Indonesia memiliki arti dan makna yang begitu besar bagi setiap bangsa di tanah air Indonesia. Untuk itulah, arti besar kemerdekaan Indonesia patut untuk dihayati dengan melakukan berbagai macam upaya memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Dengan memperingati hari kemerdekaan Indonesia, berarti kita telah berupaya untuk mengenang, menghayati, dan menghormati jasa dan pengorbanan para leluhur dan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Selain itu, memperingati hari kemerdekaan Indonesia merupakan wujud syukur dalam mencintai dan menanamkan jiwa nasionalisme ke dalam diri.