Pengertian dan Macam-Macam Alqabul Huruf (Sebutan Huruf Hiyaiiyah)

Macam-Macam Alqabul Huruf (Sebutan Huruf Hiyaiiyah)

Alqabul Huruf (Sebutan Huruf Hiyaiiyah) - Mahrrijul huruf (tempat keluarnya huruf) merupakan materi dasar dalam ilmu tajwid yang perlu dipelajari. Pasalnya, dengan memahami dasar-dasar tentang mahraj, kita dapat membedakan pengucapan huruf-huruf hijaiyah dengan benar.

Baca sebelumnya: Pengertian dan Macam-Macam Makharijul Huruf.

Selain itu, para ulama' ahli qiraah dapat menentukan sifat-sifat huruf dan alqabnya (sebutannya) berdasarkan dari mahraj setiap mahraj itu sendiri. Setelah menuliskan tentang sifat-sifat huruf, kini tiba saatnya untuk mempelajari tentang alqabul huruf (sebutan huruf hijaiyah).

Baca juga: Pengertian dan Macam-Macam Sifat Huruf Hijaiyah.


Pengertian Alqabul Huruf (Sebutan Huruf Hijaiyyah)

Alqabul Huruf (اَلْقَابُ الْحُرُوْفِ) adalah istilah yang digunakan ulama' ahli qira'ah untuk menyebut kategori suatu huruf yang digolongkan berdasarkan makhrajnya (tempat keluarnya huruf). Selanjutnya, kita mengenal istilah "alqabul huruf" sebagai sebutan untuk huruf hijaiyah.

Nah, dikarenakan setiap huruf hijaiyah memiliki mahraj yang berbeda, maka tentu saja alqabnya (sebutannya) pun juga berbeda. Untuk itulah ulama' ahli qiraah telah menentukan macam-macam alqabul huruf sebagaimana yang akan dijelaskan.


Macam-Macam Alqabul Huruf (Sebutan Huruf Hijaiyyah)

Patokan pertama dalam menentukan alqabul huruf (sebutan huruf hijaiyah) adalah mahraj setiap huruf. Sedangkan kita sendiri mengetahui bahwa huruf hijaiyah seluruhnya berjumlah 28 huruf dengan mahraj yang berbeda. Untuk itulah, di sini ada pembagian dan macam-macam alqabul huruf:

1. Jaufiyyah

Jaufiyyah (الْجَوْفِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf yang keluar dari rongga mulut. Sebutan ini disandarkan pada mahraj al-jauf "الْجَوْفٌ" yang keluar dari rongga mulut. Adapun huruf-hurufnya yaitu alif (أ), wawu (و), dan ya' (ي) dalam keadaan berharakat sukun atau mati.

Apabila dipaparkan lebih tepatnya, maksu ketiganya adalah fathah bertemu alif, dhommah bertemu ya' mati, dan kasrah bertemu ya' mati, sebagaimana hukum bacaan mad thabi'i. Cara mengucapkannya memanjangkan suara huruf tersebut sepanjang satu alif.

Alqab Huruf
Jaufiyyah

أ، و، ي

2. Hawaiyyah

Hawaiyyah (الْهَوَائِيَّةُ) adalah sebutan lain untuk huruf-huruf yang keluar dari rongga mulut. Artinya, huruf-huruf jaufiyyah dan hawaiyyah adalah sama, yaitu alif (أ), wawu (و), dan ya' (ي) dalam keadaan disukun atau mati.

Seperti halnya namanya berasal dari lafadz "هَوَاءٌ" yang berarti hawa atau udara, maka huruf-hurufnya pun diucapkan dengan menekan udara dan mencegah terputusnya udara yang keluar dari rongga mulut. Sama dengan jaufiyyah, yaitu memanjangkan suara huruf tersebut.

Alqab Huruf
Hawaiyyah

أ، و، ي

3. Halqiyyah

Halqiyyah (الْحَلْقِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan. Sebutan ini disandarkan pada mahraj al-halqu "الْحَلْقٌ" yang artinya adalah tenggorokan. Adapun huruf-hurufnya yaitu hamzah (ء), ha' (ه), ain (ع), ghin (غ), kha' (ح), dan kho' (خ).

Alqab Huruf
Halqiyyah

أ، ح، خ، ع، غ، ه

4. Lahwiyyah

Lahwiyyah (اللَّهْوِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari pangkal lidah yang dekat dengan tenggorokan. Nama ini disandarkan pada lafadz "لَهَاةٌ" yang artinya tekak, yaitu daging lembut yang menggantung pada langit-langit atas bangian belakang. Adapun huruf-hurufnya adalah qof (ق) dan kaf (ك).

Alqab Huruf
Lahwiyyah

ك، ق

5. Syajriyyah

Syajriyyah (الشَّجْرِيَّةُ) adalah sebutan ini untuk huruf-huruf yang keluarnya dari pertengahan lidah. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "شَجَرٌ" yang artinya lubang mulut. Adapun huruf-hurufnya yaitu jim (ج), syin (ش), ya' (ي), dan dlad (ض).

Alqab Huruf
Syajriyyah

ج، ش، ض، ي

6. Nith'iyyah

Nith'iyyah (النِّطْعِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari ujung lidah yang dirapatkan dengan pangkal gigi seri atas. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "نِطْعٌ" yang artinya langit-langit mulut atau langit-langit atas bagian depan. Adapun huruf-hurufnya adalah ta (ت), tha' (ط), dan dal (د).

Alqab Huruf
Nith'iyyah

ت، د، ط

7. Litsawiyyah

Litsawiyyah (اللِّثَوِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari ujung lidah dengan gigi seri atas. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "لِثَةٌ" yang artinya gusi. Adapun huruf-hurufnya adalah dzal (ذ), dha' (ظ), dan tsa' (ث).

Alqab Huruf
Nith'iyyah

ث، ذ، ظ

8. Asliyyah

Asliyyah (الْأَسْلِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari ujung lidah dengan ujung gigi seri bawah. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "اَسَلَةٌ" yang artinya ujung lidah. Adapun huruf-hurufnya adalah za' (ز), shad (ص), dan sin' (س).

Alqab Huruf
Asliyyah

ز، س، ص

9. Dzalaqiyyah

Dzalaqiyyah (الذَّلَقِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari ujung lidah. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "ذَلِقٌ" yang artinya fasih dan lancar berbicara. Adapun huruf-hurufnya adalah ra' (ر), lam (ل), dan nun' (ن).

Alqab Huruf
Dzalaqiyyah

ر، ل، ن

10. Syafawiyyah

Syafawiyyah (الشَّفَوِيَّةُ) adalah sebutan untuk huruf-huruf yang keluarnya berasal dari bibir. Sebutan ini disandarkan pada lafadz "شَفَوِيٌّ" yang artinya bibir. Adapun huruf-hurufnya adalah ba' (ب), fa' (ف), mim (م), dan wawu (و).

Alqab Huruf
Syafawiyyah

ب، ف، م، و

Baca juga : Kumpulan Materi Ilmu Tajwid.