Mengenal Malaikat Dardail dan Tugasnya

Mengenal Malaikat Darda'il dan Tugasnya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Allah SWT menciptakan para malaikat yang bertugas turut membantu mengatur masalah yang sudah Dia kehendaki. Dan di antara para malaikat Allah SWT, kita mengetahui bahwa ada 10 malaikat yang wajib diketahui. Namun sebenarnya, jumlah para malaikat Allah SWT sangatlah banyak sekali, bahkan para ulama' sendiri tidak bisa menyebutkan berapa banyak para malaikat, hanya Dia yang Maha Mengetahui tentunya.

Nah, terkait pembahasan mengenai malaikat, di beberapa kitab kuning karya para ulama' salaf yang dikaji di beberapa pondok pesantren, kadang dijelaskan mengenai malaikat tertentu selain kesepuluh malaikat yang wajib diketahui, bahkan juga dijelaskan nama dan tugasnya pula.

Dan sebagai santri yang pernah menimba ilmu di pondok-pondok pesantren, pastinya kita pun khusnudzan bahwa demikian itu bisa menjadi wacana pengetahuan, meskipun demikian itu tidak dijelaskan di dalam hadits sendiri. Bentuk khusnudzan yang bisa dilakukan adalah mereka yang ahli mukasyifin (dibukakan mata hati) yang memberikan penjelasan, sehingga wajar saja dimuat di beberapa kitab kuning.

Salah satu contoh malaikat yang jarang diketahui di sini adalah Malaikat Dardail yang akan dijelaskan di bawah nanti beserta dengan sumber kitabnya.

Siapakah Malaikat Dardail ?

Malaikat Dardail adalah salah satu malaikat Allah SWT yang dikhususkan untuk menampung hajat hamba-Nya di setiap malam di Bulan Ramadhan. Memang, informasi mengenai Malaikat Dardail sangat jarang diketahui umum, karena jarang dipaparkan di dalam beberapa penjelasan kitab-kitab kuning.

Bagaimana Wujud dan Bentuk Malaikat Dardail ?

Nah, adapun sedikit hal yang terkait dengan penjelasan mengenai Malaikat Dardail, maka bisa dilihat dari potongan riwayat berikut ini :
ويقال ان الله تعالى خلق ملكا، يقال له دردائيل، له جناحان جناح بالمغرب من ياقوتة حمراء وجناح بالمشرق من زبرجدة خضراء مكلّل بالدر والياقوت والمرجان، ورأسه تحت العرش وقدماه تحت الارض السابعة
Dikatakan (dalam sebuah riwayat) bahwa sesungguhnya Allah Ta'ala telah menciptakan seorang malaikat yang disebut dengan nama Malaikat Dardail. Dia memiliki 2 sayap, satu sayap berada di timur yang terbuat dari batu yaqut berwarna merah, satu sayap lainnya berada di barat yang terbuat dari batu zamrud berwarna hijau yang ditetesi dengan mutiara, batu yaqut, dan minyak marjan. Kepalanya berada di bawa Arsy dan kedua telapak kakinya berada di bawah bumi lapis ketujuh.

Apa Tugas Malaikat Dardail ?

Melanjutkan potongan riwayat di atas :
فينادى كلّ ليلة من رمضان هل من داع فيستجاب له، هل من سائل فيعطى سؤله، هل من تائب فيتاب عليه، هل من مستغفر فيعفر له حتى مطلع الفجر
Malaikat Dardail bertugas untuk menampung hajat setiap orang muslim di setiap malam di Bulan Ramadhan, yang di antaranya adalah :
  1. Siapapun yang berdoa di malam di Bulan Ramadhan, maka akan dikabulkan doanya
  2. Siapapun yang memohon di malam di Bulan Ramadhan, maka akan diberikan permohonannya
  3. Siapapun yang bertaubat di malam di Bulan Ramadhan, maka taubatnya akan diterima
  4. Siapapun yang memohon ampun di malam di Bulan Ramadhan, maka dia akan diampuni dosa-dosanya,
Demikian itu akan terus berlansung hingga fajar tiba.

Sumber : Kitab Daqoiqul Akhbar, keterangan paling akhir pada Bab 33,
Penulis : Imam Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qadli

Tanggapan :