Siapakah Malaikat Ruhaniyyun dan Karabiyyun ?

Siapakah Malaikat Ruhaniyyun dan Karabiyyun ?

Allah SWT telah menciptakan para malaikat yang bertugas untuk mengabdikan diri mereka kepada Allah SWT dengan turut membantu mengatus urusan-urusan yang telah Dia kehedaki. Tugas para malaikat sendiri pun berbeda-beda dan tentunya sangatlah banyak, kita hanya diharuskan mengetahui 10 malaikat dan tugas-tugasnya.

Selain demikian itu, jumlah malaikat pun sangatlah banyak, hanya Allah SWT yang mengetahuinya, bahkan telah dijelaskan dalam beberapa riwayat bahwa jumlah para malaikat jauh lebih banyak dari jumlah bangsa jin dan manusia. Sehingga, saking banyaknya jumlah para malaikat, para ulama sendiri hanya memberikan penjelasan sebagian dari nama malaikat dan tugasnya di beberapa pendapat dan karya tulisnya.

Nah, terkait dengan tema kali ini, kita akan mencoba untuk membicarakan tentang 2 malaikat yang cukup dikenal di antara banyaknya jumlah para malaikat, yaitu Malaikat Ryhaniyyun dan Malaikat Karabiyyun.

Siapa Malaikat Ruhaniyyun Itu ?

Dalam salah satu riwayat dijelaskan bahwa Malaikat Jibril as diciptakan oleh Allah SWT setelah penciptaan Malaikat Mikail as, dalam selisih sekitar 500 tahun. Di tubuh Malaikat Jibril as, terdapat 1.600 sayap dan sekujur tubuhnya dipenuhi rambut yang terbuat dari minyak za'faron (zafran). Ya, demikian itu terlihat indah mengagumkan seperti bulan dan bintang-bintang. Jika dilihat dari ukurannya, tentu saja Malaikat Jibril as sangatlah besar, sampai-sampai matahari berada di antara kedua matanya.

Setiap hari, Malaikat Jibril as menyelam ke dalam "Bahrun Nur” atau “Lautan Cahaya" sebanyak 370 kali. Seusai keluar dari dalam "Bahrun Nur” atau “Lautan Cahaya", maka dari setiap sayapnya tertetes air. Nah, dari setiap tetas-tetes air itu, Allah SWT menciptakan malaikat dalam bentuk yang serupa dengan Malaikat Jibril as. Kemudian, para malaikat itu dikenal dengan nama Malaikat Ruhaniyyun,

Apa Tugas Malaikat Ruhaniyyun ?

Tugas para Malaikat Ruhaniyyun adalah membaca tasbih dan menyucikan Allah SWT dari semua yang menyekutukan-Nya sampai hari kiamat ditegakkan.

Siapa Malaikat Karabiyyun Itu ?

Dalam riwayat yang sama,  Malaikat Mikail as diciptakan oleh Allah SWT setelah penciptaan Malaikat Israfil as, dalam selisih waktu sekitar 500 tahun. Dari sekujur tubuh Malaikat Mikail as, mulai dari kepala sampai telapak kaki, dipenuhi oleh rambut yang terbuat dari minyak za'faron (zafran). Malaikat Mikail as memiliki sayap-sayap yang sangat indah yang terbuat dari batu Zabarjud (batu zamrud) berwarna hijau. \
Nah, dari rambut-rambut yang memenuhi sekujur tubuh Malaikat Mikail as, setiap rambut terdapat 1.000.000 wajah. Dan dari setiap wajah terdapat 1.000.000 mulut dan 1.000.000 mata.

Dari setiap mulut terdapat 1.000.000 lisan, yang mampu mengucapkan 1.000.000 bahasa yang berbeda. Selain itu pula, lisan-lisan itu senantiasa memohonkan ampun kepada Allah SWT untuk segenap orang mukmin.

Dan dari setiap mata itu, Malaikat Mikail as menangisi orang-orang mukmin yang berdosa karena merasa belas kasihan dan kasih sayangnya. Dan dari setiap mata yang menangis, keluarlah  70.000 tetes air mata. Dari setiap tetes tangisan air mata malaikat Mikail as, Allah SWT menciptakan malaikat-malaikat yang dikenal dengan nama malaikat Karabiyyun.

Apa Tugas Malaikat Karabiyyun ?

Kesemua malaikat Karabiyyun yang memiliki bentuk serupa dengan Malaikat Mikail as, bertugas membaca tasbih dan menyusikan_nya dari semua yang menyekutukan-Nya sampai hari kiamat tiba.

Wallahu a'lam bis showab,
Sumber : Kitab Daqoiqul Akhbar, Bab 3
Penulis : Imam Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qadli.


Baca juga :

Mengenal Malaikat Dardail dan Tugasnya

Mengenal Malaikat Kiraman Katibin dan Tugasnya

Mengenal Malaikat Zabaniyah dan Tugasnya.

Tanggapan :