Mengenal Malaikat Zabaniyah dan Tugasnya

Mengenal Malaikat Zabaniyah dan Tugasnya

Malaikat Zabaniyah merupakan salah satu dari banyaknya malaikat Allah SWT, yang tidak begitu asing terdengar oleh telinga kita. Tentunyam kita mungkin pernah mendengar istilah nama "Malaikat Zabaniyah", baik dari guru, membaca buku, membaca artikel, penjelasan dari ustadz, dan lainnya. Untuk itu, pada posting ini akan mengurai penjelasan tentang Malaikat Zabaniyah yang diambil dari riwayat Manshur bin Amar di Kitab Daqoiqul Akhbar.


Siapakah Malaikat Zabaniyah dan Apa Tugasnya ?

Istilah Malaikat Zabaniyah di dalam beberapa kitab kuning, pasti dikaitkan dengan istilah "malakun nar" yaitu malaikat yang dikhususkan di dalam neraka, atau "khozinun nar" yaitu malaikat yang bertugas menjaga di dalam neraka.

Nah, dari sini, kita bisa mengetahui bahwa Malaikat Zabaniyah adalah para malaikat yang ditugaskan untuk menyiksa para penghuni neraka. Bisa dibilang bahwa Malaikat Zabaniyah adalah anak buah dari Malaikat Malik, sang penjaga neraka.


Berapa Jumlah Malaikat Zabaniyah ?

Dalam riwayat dari Manshur bin Amar, dijelaskan bahwa sang malaikat penjaga neraka memiliki kaki tangan (anak buah) yang jumlahnya sama dengan para penghuni neraka. Dia merantai dan membelenggu penghuni neraka yang dia inginkan. Ketika dia melirik ke api neraka, maka nyala api neraka pun akan semakin membesar dan membakar, karena takut pada sang malaikat penjaga neraka.

Nah, adapun jumlah Malaikat Zabaniyah, maka dalam riwayat tersebut tertulis sebagaimana berikut di bawah ini :

وَحُرُوْفُ الْبَسْمَلَةِ تِسْعَةُ عَشَرَ حَرْفًا، وَعَدَدُ رُؤُسَاءِ الزَّبَانِيَّةِ كَذَالِكَ

"Huruf-huruf basmallah ada 19 huruf, dan jumlah para pemimpin Malaikat Zabaniyyah juga demikian itu (ada 19)".

Ya, jumlah para malaikat juru siksa di dalam neraka sangatlah banyak, mereka semua dipimpin oleh 19 Malaikat Zabaniyah, sedangkan 19 Malaikat Zabaniyah dipimpin oleh Malaikat Malik. Kesemua malaikat juru siksa di dalam neraka berada di bawah komando Malaikat Malik.


Bagaimana Wujud dan Sifat Malaikat Zabaniyah ?

Dalam riwayat yang sama dijelaskan bahwa wujud Malaikat Zabaniyah adalah sebagai beikut :

  1. Memiliki mata yang sangat tajam seperti kilat yang menyambar
  2. Gigi-giginya seputih tanduk sapi, 
  3. Mulut-mulutnya menjulur sampai ke bawah telapak kaki. 
  4. Dari dalam mulutnya, keluarlah nyala api yang membakar
  5. Jarak antara 2 belikatnya seperti perjalanan kaki selama satu tahun
  6. Allah SWT menciptkan Malaikat Zabaniyah tanpa dibekali dengan rasa belas dan kasih sama sekali, meskipun itu sebesar dzarrah (unsur paling kecil di dunia).

Bagaimana Malaikat Zabaniyah Menjalankan Tugasnya ?

Dalam riwayat itu juga dijelaskan bahwa Malaikat Zabaniyah dapat mengeruk para penghuni neraka dengan tangan dan kakinya, karena kakinya dapat melakukan hal yang sama seperti tangannya, begitu juga sebaliknya.

Satu tangan dapat meraih dan menggenggam 1.000 penghuni neraka, satu tangan lainnya meraih dan menggenggam 1.000 penghuni neraka, satu kaki dapat meraih dan menggenggam 1.000 penghuni neraka, dan satu kaki lainnya juga dapat meraih dan menggenggam 1.000 penghuni neraka. Sehingga, satu Malaikat Zabaniyah mampu melempar 4.000 penghuni nereka ke dalam neraka dengan sekali lemparan.


Api Neraka Tak Mampu Membakar Para Malaikat Neraka

Salah satu dari 19 Malaikat Zabaniyah menyelam ke dalam samudera api neraka kira-kira selama 70 tahun. Ya, api neraka tak mampu membakar dan memberi kemadharatan kepadanya, karena ia diciptakan dari cahaya, sedangkan cahaya mampu mengalahkan api.


Kisah Malaikat Zabaniyah Saat Kematian Iblis

Nah, adapun kisah Malaikat Zabaniyah ketika detik-detik kematian iblis yang mengenaskan, maka sudah dituliskan pada posting tersendiri : Kisah Kematian Iblis Yang Mengenaskan di Hari Kiamat.


Sumber : Kitab Daqoiqul Akhbar, Bab 38.

Karya : Imam Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qadli.


Baca juga :

Mengenal Malaikat Dardail dan Tugasnya

Mengenal Malaikat Kiraman Katibin dan Tugasnya

Siapakah Malaikat Ruhaniyyun dan Karabiyyun ?

Tanggapan :