Cara Menulis dan Mengetik Arab di Photoshop

Cara Menulis dan Mengetik Arab di Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software dan juga aplikasi untuk mengedit foto dan gambar yang sudah sangatlah populer digunakan oleh desainer foto dan gambar di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri. Software editor gambar dan foto ini dikembangkan oleh perusahaan Adobe Inc yang sebenarnya dirilis pada Oktober 1988 oleh Thomas Knoll, yang mana hingga sampai saat ini, Adobe Photoshop masih digunakan oleh para desainer gambar dan foto di seluruh dunia.

Jika ditinjau dari segi versinya, Adobe Photoshop sudah banyak melalui pengembangan, mulai photoshop versi 0.63, photoshop versi 1.0, photoshop versi 2.0, hingga photoshop versi 7.0. Kemudian, software editor foto dan gambar ini dikembangkan lagi menjadi photoshop versi CS, photoshop versi CS2, photoshop versi CS3, hingga photoshop versi CS6. Bahkan versi saat ini pun jauh lebih menarik yaitu photoshop versi CC yang dirilis tahun 2013 sampai photoshop CC 2021.

Memang, fitur-fitur di dalam Adobe Photoshop sangatlah memudahkan para desainer untuk mengedit foto dan gambar, mulai dari crop gambar, tulisan dan efeknya, menghapus area gambar, dan lain sebagainya. Yang jelas, software ini sudah banyak digunakan di mana-mana, tak hanya oleh desainer foto dan gambar saja, bahkan menjadi salah satu software yang digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah-sekolah kejuruan. Kegunaan Adobe Photoshop sebagai hasil desain sendiri juga sudah sangat banyak, misalnya untuk pembuatan banner offline maupun online, surat undangan, stiker, logo, stempel, foto-foto momen dan kenangan tertentu, dan lain sebagainya.


Cara Menulis dan Mengetik Bahasa Arab di Adobe Photoshop

Di lain sisi dari pembahasan ini, penulisan Bahasa Arab sendiri juga menjadi suatu kebutuhan pihak tertentu, mengingat Indonesia sendiri adalah negara yang merujuk pada hukum dan syiar-syiar agama Islam, di mana agama Islam sendiri juga tidak akan pernah lepas dari Bahasa Arab. Sedangkan, ketika kamu ingin menulis Bahasa Arab dengan model dan efek yang indah dengan menggunakan Photoshop, pastinya tulisan Bahasa Arab yang akan diketik atau dicopy paste ke dalam photoshop akan berantakan dan tidak bisa terbaca. Ini adalah kendala yang sering dialami oleh banyak pemula dalam menggunakan software photoshop.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk menulis dan mengetik Bahasa Arab di Photoshop. Tetapi sebelum itu, pastikan kamu sudah setting pengaturan bahasa di windows atau menggunakan software penulisan Bahasa Arab, coba baca artikel di bawah ini :

Cara Mengetik Bahasa Arab Manual di Windows 10
Cara Paling Mudah Menulis Arab di PC Dengan Arabic Pad

Nah, adapun cara untuk menulis dan mengetik Arab di Photoshop tentunya sangat mudah, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka software Photoshop yang sudah terinstall di PC

2. Klik Edit di menu paling atas sebelah kiri

3. Pilih Preferences, lalu klik Type

4. Centang Middle Eastern and South Asian

5. Silahkan buat halaman baru di photoshop dan mulailah menulis Bahasa Arab.

Catatan :

Jika sebelumnya kamu sudah membuka halaman baru di photoshop, lalu kamu melakukan setting seperti kelima langkah di atas, maka silahkan membuat halaman baru lagi agar penulisan Bahasa Arabnya bisa terbaca, atau save projek photoshop sebelumnya lalu buka kembali.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menulis dan mengetik arab di photoshop di atas, maka simak juga tutorial videonya di bawah ini :

Next Post Previous Post