Cara Menghapus URL Blog di Bing (Permanen)

Cara Menghapus URL Blog di Bing (Permanen)

Cara Menghapus URL Blog di Bing (Permanen) – Pada beberapa posting sebelumnya, saya sempat mengulas singkat mengenai bagaimana cara menghapus URL blog di Google secara permanen melalui Google Search Console (GSC). Untuk topik artikel ini akan saya khususnya dalam membahas bagaimana cara menghapus URL blog di mesin pencari Bing.

Kita tahu bahwa Bing merupakan salah satu mesin pencari besar setelah Google, yang sudah lama dikembangkan oleh perusahaan Miscrosoft. Selain Google, mesin pencari Bing juga digunakan untuk menemukan halaman URL situs web sesuai keyword yang dimasukkan. Ini  artinya, memiliki visibilitas blog di mesin pencari Bing merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan trafik blog dan meraup banyak kunjungan.


Menghapus URL Blog di Mesin Pencari Bing

Sebagai mesin pencari besar, Bing memiliki alat optimasi tersendiri untuk meningkatkan visibilitas blog di mesin pencarinya. Alat ini kemudian dikenal dengan nama Bing Webmaster Tools.

Selanjutnya, dalam beberapa kasus, pengguna terkadang harus menghapus URL blog yang sudah terindeks di mesin pencari Bing, misalnya karena URL sudah tidak berlaku, mengganti alamat URL dengan URL yang baru dan lainnya.

Kasus-kasus seperti ini memang mengharuskan pengguna untuk segera menghapus URL blog yang sudah terindeks di mesin pencari Bing. Mengapa? Tentu saja URL blog yang tidak dapat ditemukan akan menjadi masalah duplikat dan bisa jadi mempengaruhi peringkat blog apabila tidak segera diatasi.

Nah, karena URL blog yang akan dihapus sudah terindeks di mesin pencari Bing, maka pengguna perlu menghapusnya URL itu di Bing Webmaster Tools. Bing Webmaster Tools memiliki fitur “Block URLs” yang memungkinkan pengguna untuk memblokir URL blog yang dimasukkan. Setelah melakukan pemblokiran URL, pengguna perlu menghapus URL asli di halaman akun blognya.


Ketentuan Memblokir URL Blog di Bing Webmaster Tools

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum pengguna benar-benar dapat menghapus URL blog di mesin pencari Bing. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah terkait ketentuan dalam pemblokiran URL blog melalui Bing Webmaster Tools. Berikut ini beberapa ketentuan dalam memblokir URL di Bing Webmaster Tools.

1. URL Blog Ada Di Properti Bing Webmaster Tools

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memblokir URL blog di mesin pencari Bing adalah awalan URL blog yang diblokir harus sama dengan URL yang dimasukkan di dalam properti Bing Webmaster Tools. URL blog di dalam properti Bing Webmaster Tools adalah URL yang dimasukkan ketika pertama kali daftar di Bing Webmaster Tools.

2. Pengguna Tidak Bisa Memblokir URL Blog Lain

Selanjutnya, pengguna blog tidak bisa memblokir URL yang tidak memiliki kesamaan awalan dengan URL yang ada di dalam properti Bing Webmaster Tools. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa memblokir URL lain. Memasukkan URL lain ke dalam fitur pemblokiran URL akan secara otomatis tertolak.

3. URL Blog Yang Masih Aktif Dapat Diindeks Kembali

Fitur “Block URLs” di dalam Bing Webmaster Tools tidak dapat menghapus URL blog di mesin pencari Bing secara permanen. Fitur ini hanya berfungsi untuk memblokir URL blog di mesin pencari Bing untuk sementara waktu, sekitar 90 hari atau 3 bulan.

Untuk itu, apabila URL masih aktif (masih dapat ditemukan) kurang lebih sekitar 90 hari (3 bulan), maka URL tersebut akan secara otomatis diindeks kembali oleh mesin pencari Bing. Hal ini dikarenakan mesin pencari Bing masih aktif merayapi semua URL blog setiap saat. Dan perlu dicatat, URL blog yang sengaja diblokir dan tetap mendapatkan klik pengunjung dari sumber lain, dapat memungkinkan Bing merayapi dan mengindeks lebih cepat sebelum waktu 90 hari tersebut.


Cara Menghapus URL Blog di Mesin Pencari Bing Secara Permanen

Dari penjelasan di atas, langkah untuk menghapus URL blog secara permanen di mesin pencari Bing, dapat dibagi menjadi 2 langkah berikut ini:

1. Memblokir URL Blog di Bing Webmaster Tools

Langkah awal untuk dapat menghapus URL blog di Bing secara permanen adalah mengirimkan permintaan pemblokiran URL di Bing Webmaster Tools. Pemblokiran sementara ini berlangsung selama 3 bulan atau 90 hari. Dalam waktu tersebut, Bing diperintah untuk memblokir perayapan URL yang dikirimkan.

  • Masuk ke akun Bing Webmaster Tools
  • Klik menu “Configuration”, pilih “Block URLs”.
  • Klik “Add URL to block” di pojok kanan atas.
  • Masukkan URL blog yang ingin diblokir
  • Pada opsi “URL type”, silahkan plih “Page”.
  • Pada opsi “Block type”, silahkan pilih “URL & Cache”.
  • Klik “Submit”.

Pada halaman “Block URLs” (seperti halaman pada poin 3), pengguna dapat melihat daftar URL yang dikirimkan untuk meminta diblokir dan status pemblokiran hanya berlaku selama 90 hari. Untuk memastikan URL benar-benar dapat dihapus di mesin pencari Bing, pengguna perlu menghapus URL aslinya.

Perlu diperhatikan juga agar pengguna berhati-hati dalam menggunakan fitur “Block URLs” ini. Salah memasukkan URL blog dapat menjadikan URL blog tidak dapat tampil di hasil pencarian Bing. Meskipun hanya bersifat sementara, tetapi ini dapat menyebabkan trafik berkurang dan turun.

Untuk itu, jika pengguna salah memasukkan URL di dalam halaman pemblokiran ini, pengguna dapat mengklik “Delete” pada URL yang dianggap salah pada list yang ditampilkan.

2. Menghapus URL Asli di Halaman Blogger

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, pemblokiran URL hanya berlaku selama 90 hari atau 3 bulan. Dalam waktu itu, apabila URL blog masih dapat dirayapi dan ditemukan, maka Bing akan mengindeks kembali URL tersebut setelah 90 hari.

Langkah selanjutnya, pengguna perlu menghapus URL aslinya agar mesin pencari Bing tidak dapat merayapinya, sehingga URL blog akan benar-benar terhapus dari hasil pencarian Bing. Menghapus URL blog asli di sini dapat dilakukan dengan dua cara:

Pertama, Menghapus Posting

  • Masuk ke dalam dashboard Blogger.
  • Klik menu “Posts”.
  • Pilih judul posting yang ingin dihapus.
  • Klik icon sampah untuk memindah posting tersebut sebagai sampah
  • Klik icon segitiga terbalik pada opsi “All”.
  • Klik “Trash”.
  • Klik icon sampah untuk menghapus posting secara permanen.

Kedua, Mengganti Alamat URL dengan URL Baru

Opsi lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti URL blog yang telah dipublikasikan menjadi alamat URL yang baru. Keduanya, baik menghapus posting atau mengganti URL, sama-sama menghilangkan URL aslinya, sehingga URL aslinya tidak dapat ditemukan dan tidak dapat dirayapi.


Kesimpulan

Pengguna dapat menghapus URL blog di Bing dengan melalui 2 langkah, yaitu mengirimkan permintaan blokir URL di Bing Webmaster Tools dan menghapus URL blog. Apabila hanya dilakukan pemblokiran saja, sedangkan URL aslinya masih tetap aktif, maka setelah 90 hari akan dapat dirayapi dan diindeks kembali di mesin pencari Bing.