Cara Menarik Uang BRI di Indomart

Menarik Uang BRI di Indomart

Cara Menarik Uang BRI di Indomart – BRI (Bank Rakyat Indonesia) merupakan salah satu bank terbesar yang banyak digunakan oleh warga Indonesia, khususnya warga pedesaan. BRI memberikan pelayanan baik dengan mengutamakan kepuasan dan kenyamanan nasabahnya. Nasabah BRI dapat melakukan transaksi dengan aman dan lebih mudah, baik menabung, menerima, mentransfer, dan menarik uang.

Nah, sebagai bentuk memberikan pelayanan dengan mengutamakan kepuasan nasabahnya, nasabah BRI dianjurkan memiliki kartu ATM. Kartu ATM ini berfungsi untuk melakukan beberapa transaksi melalui mesin ATM di daerah masing-masing, misalnya menarik uang BRI, melakukan transfer uang, dan sebagainya.

Namun, pastinya ada beberapa kondisi tertentu di mana nasabah BRI mungkin tidak bisa atau kesulitan melakukan transaksi melalui mesin ATM, seperti menarik uang tunai dari rekening BRI. Tetapi, tidak perlu khawatir, pihak BRI masih memberikan opsi lain agar nasabah tetap dapat menarik uang tunai dari rekening BRI, yaitu melalui Indomart.


Indomart Sebagai Opsi Lain Untuk Menarik Uang BRI

Terkait penarikan uang, BRI memahami apa yang dibutuhkan oleh nasabah-nasabahnya. Kebutuhan mereka terhadap penarikan uang dari rekening BRI bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun mereka berada. Sehingga, pihak BRI menyediakan opsi penarikan lain di mesin ATM. Berikut ini merupakan beberapa kondisi tertentu terkait hambatan menarik uang melalui mesin ATM:

  • Mesin ATM masih dalam proses perbaikan
  • Mesin ATM kehabisan saldo
  • Banyaknya antrian di mesin ATM
  • Jarak Indomart dari rumah dirasa lebih dekat daripada mesin ATM
  • Dan lainnya.

Dengan adanya kondisi-kondisi tertentu seperti di atas, maka Indomart bisa menjadi opsi lain bagi nasabah untuk menarik uang tunai dari rekening BRI. Proses menarik uang melalui Indomart pun cukup mudah dan cepat.


Ketentuan Menarik Uang BRI di Indomart

Bank BRI dan Indomart memiliki hubungan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Dengan adanya layanan penarikan uang dari rekening BRI di Indomart, pihak BRI dapat memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Sedangkan pihak Indomart mendapatkan komisi administrasi dari transaksi penarikan uang itu.

Adapun ketentuan yang perlu diketahui ketika ingin menarik uang tunai dari rekening BRI di Indomart adalah:

1. Menarik Uang BRI Dilakukan di Kasir Indomart

Apabila nasabah BRI ingin melakukan tarik tunai uang dari rekening BRI di Indomart, maka ia bisa menemui kasir Indomart. Kasir Indomart akan memberikan arahan dalam proses penarikan uang dari rekening BRI.

2. Menggunakan Kartu ATM atau Aplikasi BRImo BRI

Nasabah BRI tidak perlu membawa buku rekening dan KTP. Ia cukup membawa kartu ATM atau ia dapat menggunakan aplikasi BRImo BRI yang sudah terinstall di smartphonenya. Selenkapnya akan dijelaskan pada sub topik di bawah nanti.

3. Uang Yang Ditarik Terbatas

Batas menarik uang tunai dari rekening BRI di Indomart minimal adalah Rp. 50.000 dan maksimal adalah Rp. 1.000.000.

4. Ada Biaya Administrasi

Indomart mengenakan biaya admin per penarikan sebesar Rp. 4.000. Apabila nasabah menarik uang dengan kartu ATM di Indomart, nasabah BRI disyaratkan membelanjakan sebagian uangnya minimal Rp. 20.000 yang dipotongkan dari saldo rekeningnya. Sedangkan menarik uang melalui aplikasi BRImo BRI tidak disyaratkan untuk berbelanja.


Cara Menarik Uang BRI di Indomart

Sebenarnya, nasabah dapat lebih mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM BRI di mesin ATM. Namun, apabila ia kedapatan dalam kondisi seperti yang sudah disebutkan, maka ia dapat memilih opsi menarik uang di Indomart. Cara menarik uang di Indomart dapat dilakukan dengan 2 cara sebagaimana berikut:

1. Menarik Uang BRI Dengan Kartu ATM

Di sini, nasabah perlu membawa kartu ATM atau kartu debit agar dapat menarik uang tunai dari rekening BRI di Indomart:

  1. Pergi ke gerai Indomart
  2. Belanja minimal Rp. 20.000, misalnya belanja Rp. 30.000
  3. Temui kasir Indomart, serahkan barang belanjaan, dan katakan ingin menarik uang tunai dari rekening BRI
  4. Tentukan jumlah nominal uang yang ingin ditarik, misalnya Rp. 300.000
  5. Kasir Indomart akan segera melakukan input nominal penarikan uang yang diminta di mesin EDC
  6. Kasir Indomart akan memberitahu total nominal yang harus dibayar oleh nasabah (nominal penarikan + belanja + biaya admin)
  7. Kasir Indomart akan meminta nasabah untuk menggesek dan memasukkan PIN kartu ATM BRI di mesin EDC
  8. Jika transaksi telah berhasil, kasir Indomart akan menyerahkan belanjaan dan uang penarikan sebesar Rp. 300.000.

Dari proses menarik uang dengan kartu ATM BRI di Indomart di atas, uang di dalam rekening BRI akan terpotong oleh penarikan uang (Rp. 300.000) + belanja (Rp. 30.000) + biaya admin (Rp. 4.000). Jadi, total pengeluaran rekening pada saat itu adalah Rp. 334.000.

2. Menarik Uang BRI dengan Aplikasi BRImo BRI

Nasabah BRI juga dapat menarik uang tunai di Indomart meskipun tanpa penggunakan kartu ATM atau kartu debit. Tetapi, ia harus sudah memiliki aplikasi dan akun BRImo BRI yang diinstall di dalam smartphone miliknya.

  1. Pergi ke gerai Indomart
  2. Temui kasir Indomart dan minta tolong untuk menarik uang tunai BRI melalui aplikasi BRImo BRI
  3. Login ke akun BRImo BRI
  4. Pilih menu “Tarik Tunai
  5. Pilih “nomor rekening” pada opsi “Sumber Dana
  6. Pilih “Indomart” pada opsi “Jalur Tarik Tunai
  7. Masukkan nominal uang yang ingin ditarik, misalnya Rp. 300.000
  8. Masukkan PIN akun BRImo BRI
  9. Kode penarikan akan muncul, berikan 6 digit kode tersebut pada kasir Indomart
  10. Tunggu sampai kasir Indomart selesai memproses transaksi penarikan uang BRI.
  11. Jika sudah, kasir Indomart akan memberikan uang penarikan tersebut.

Perhatikan 6 digit kode pada poin ke 9 di atas, masa aktif 6 digit kode ini adalah sekitar 5 menit. Kode ini bersifat rahasia dan pastikan memberikan kode ini pada kasir Indomart sebelum 5 menit berakhir.

Jika sudah, kamu dapat mengecek mutasi uang BRI di aplikasi BRImo BRI. Di sana, kamu akan mendapati uang keluar sebesar Rp. 304.000, yaitu dari penarikan uang (Rp. 300.00) dan biaya admin (Rp. 4.000).


Kesimpulan

Nasabah BRI tidak hanya dapat melakukan penarikan uang di mesin ATM saja, ia juga dapat menarik uang di Indomart. Menarik uang tunai dari rekening BRI di Indomart dapat dilakukan dengan mudah, cepat, aman, dan terpercaya.

Menarik uang BRI di Indomart terbatasi minimal Rp. 50.000 dan maksimal Rp. 100.000 dengan biaya admin sebesar Rp. 4.000 per penarikan. Tetapi, apabila nasabah BRI menarik uang dengan menggunakan kartu ATM atau kartu debit, maka ia harus belanja minimal Rp. 20.000.

Yang jelas, Indomart dapat menjadi opsi lain untuk menarik uang tunai dari rekening BRI apabila nasabah tidak dapat memanfaatkan mesin ATM. Ini merupakan bentuk kepedulian Bank BRI terhadap kemudahan nasabahnya dalam melakukan transaksi penarikan uang.