Apa Penyebab Loading Lambat Pada Blog Anda ?

Pada posting yang lalu saya telah memberikan beberapa penjelasan tentang masalah yang menjadi beban bagi blog Anda jika loading halaman sangat lambat. Anda bisa membacanya pada Loading Lambat Menjadi Masalah Bagi Blog di Mesin Pencari. Tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan loading blog Anda menjadi lambat. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog Anda adalah sebagai berikut :

PENYEBAB INTERNAL :

1.   Anda menggunakan terlalu banyak widget
Widget yang Anda gunakan juga dapat memperlambat loading blog Anda. Memang benar bahwa penggunkan beberapa widget memberikan beberapa manfaat bagi blog Anda, baca selengkapnya di  Apa itu Widget ? Bagaimana Menampilkan Widget ?.

Namun, ada beberapa kelemahan saat Anda menggunakan banyak widget di blog Anda, yang salah satunya adalah dapat memperlambat loading blog Anda saat diakses, apalagi pengakses dengan kecepatan koneksi internet yang lambat.

Anda bisa mempertimbangkan kembali bagaimana Anda akan menggunakan widget. Tetapi, saya menyarankan Anda untuk menggunakan beberapa widget yang memang diperlukan pada blog Anda. Jangan kedepankan alasan sebagai hiasan atau hal-hal yang kurang perlu, karena ini juga demi kebaikan blog Anda.

2.   Anda banyak memasang iklan
Iklan memang menjadi sarana yang tepat bagi para blogger untuk menghasilkan uang dari blog mereka. Tetapi menampilkan banyak iklan pada halaman blog, selain mengganggu aktifitas pengunjung blog, juga dapat membebani kecepatan loading blog Anda. Anda boleh menampilkan iklan pada halaman blog Anda, tetapi jangan terlalu berlebihan. Ingat bahwa tujuan utama menulis adalah mendapatkan pembaca, adapun tujuan mencari uang adalah urutan akhir.

3.   Ukuran gambar terlalu besar
Menampilkan gambar pada setiap halaman konte adalah hal yang disarankan, tetapi Anda pun harus bisa menyiasati bagaimana Anda harus mengupload gambar pada halaman. Pastikan gambar yang Anda upload berukuran kecil, Anda bisa mengira-ngirakan sendiri seberapa besar ukuran gambar yang cukup jelas jika pengunjung melihat gambar itu. Anda bisa menggunakan beberapa progam komputer untuk mengecilkan ukuran gambar, seperti paint, adobe photoshop, corel, dan lain-lain.

4.   Template yang Anda gunakan
Penggunaan template pun juga mempengaruhi kecepatan loading halaman blog Anda. Semakin menarik dan indah template yang Anda gunakan, biasanya semakin banyak kode script dan kode HTML yang terpasang, sehingga mengakibatkan loading blog melambat saat diakses. Jadi, gunakan template sederhana yang bersifat responsive.

PENYEBAB EKSTERNAL :

1.   Koneksi Internet Lambat
Koneksi internet yang digunakan untuk mengakses lambat menjadi faktor yang cukup dominan di negara ini. Semakin lambat koneksi internet yang digunakan maka akan semakin lambat juga loading halaman yang diakses. Ini biasanya terjadi pada beberapa pengguna modem sebagai sarana koneksi internet.

2.   Hosting yang Anda gunakan
Sebelum Anda memilih hosting, pastikan Anda memilihnya karena kecepatan yang ditawarkan. Hosting yang Anda pilih sangat menentukan kecepatan loading blog Anda. Baca lebih jelas Tips Memilih Web Hosting Dalam Pembuatan Web

3.   Terjadi gangguan pada server
Ini menjadi hal yang cukup wajar jika terjadi gangguan pada server hosting, dan tentu menyebabkan loading halaman sangat lambat ketika diakses, bahkan error.

4.   Kecepatan loading komputer yang Anda gunakan
Kecepatan loading komputer yang Anda gunakan juga mempengaruhi kecepatan halaman yang Anda akses pada browser. Biasanya loading lambat pada komputer Anda disebabkan oleh prosessor yang rendah, terlalu banyak software yang diintall, atau komputer Anda terkena virus. Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi proses loading browser yang Anda gunakan untuk mengakses halaman blog.


Bagaimana cara mempercepat loading blog ?

Anda bisa mendapatkan beberapa tips menarik pada Tips Menarik Untuk Mempercepat Loading Blog Anda.

Baca juga artikel terkait :
5 Situs Tools Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog