16 Tips Jitu Meningkatkan Trafik Blog

Tahukan Anda ? bahwa ada ratusan juta blog yang aktif dan berkembang di internet. Ini adalah buk...

Tahukan Anda ? bahwa ada ratusan juta blog yang aktif dan berkembang di internet. Ini adalah bukti bahwa blog adalah dunia yang besar pada era ini dan era selanjutnya. Sementara itu pula, banyaknya blog yang bernaung di internet menjadikan ini sebagai sebuah persaingan dan kompetisi. Jika Anda juga adalah seorang blogger, maka berikut ada beberapa tips jitu untuk meningkatkan trafik blog Anda :

1. Buatlah konten yang berkualitas dan menarik
Mungkin Anda sering membaca bahwa konten menarik pasti menjadi salah satu bagian dari tips dan trik blog. Ya, tentu saja karena dalam blog, konten itu seperti raja. Membuat konten yang menarik berarti Anda berusaha menjadi blogger profesional dan lebih mengutamakan kebutuhan pengujung. Jika demikian, pengunjung pun akan suka pada setiap tulisan Anda.

2. Sering update
Selain menulis konten yang menarik, Anda pun harus sering update konten. Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan pengunjung blog. Sesuai dengan pengalaman, trafik blog akan meningkat jika Anda rutin mengupdate artikel setiap hari.

3. Daftarkan blog Anda di Search Engine
Ini adalah tips untuk blogger pemula, pastikan setiap halaman blog Anda telah terindeks di search engine. Anda bisa mendaftar di banyak search engine, baca selengkapnya di Cara Daftar di Search Engine Google, Bing, Yahoo, dan Banyak Search Engine.

4. Manfaatkan Google Webmaster Tools
Pastikan blog Anda memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk kepeluan blog Anda dalam meningkatkan trafik. Tentu saja ada banyak hal yang dapat Anda manfaatkan dari Google Webmaster Tools, baca selengkapnya di Apa Google Webmaster Tools itu ? Apa Manfaatnya ?.

5. Tambahkan Sitemap Google
Anda juga harus menambahkan sitemap pada Google Webmaster Tools. Ini juga sangat penting untuk perkembangan blog, Anda bisa membaca selengkapnya di Manfaat dan Cara Menambahkan Sitemap di Google.

Baca juga Cara Manmbahkan Sitemap di Bing Webmaster.

6. Manfaatkan Google Analytics
Selain Google Webmaster Tools, Google Analytics juga mempunyai banyak manfaat bagi blog Anda. Anda bisa mengetahui tentang seputar perkembangan dan interaksi blog Anda melalui Google Analytics. Misalkan mengetahui tentang informasi visitor, konten paling menarik, keywords, dan lain-lain.

7. Manfaatkan keywords
Memanfaatkan kata kunci (keywords) sangat penting agar pengunjung bisa lebih mudah menemukan konten Anda di search engine. Tentunya, Anda harus menggunakan kata kunci yang paling sering digunakan pengunjung untuk mengakses di search engine. Anda bisa menemukan kata kunci yang paling dominan dengan bagi blog Anda di Google Webmaster Tools, Google Analytics, dan Google Keywords. Selain itu, penggunaan kata kunci adalah salah satu trik yang digunakan untuk mendapatkan pendapatan iklan.

8. Memonitoring blog melalui Alexa
Alexa adalah sebuah situs populer yang mempunyai fungsi untuk mengetahui perkembangan page rank dan trafik blog. Anda bisa mengetahui berapa ranking blog Anda di search engine melalui Alexa.

9. Manfaatkan backlink
Backlink merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan trafik blog Anda, apalagi blog Anda masih pemula. Menggunakan backlink adalah cara mudah agar orang lain menemukan blog Anda melalui link yang Anda berikan. Anda bisa menempelkan link yang mengarah kepada blog Anda pada komentar di blog lain dan beberapa situs forum. Anda juga bisa daftar di viva.co.id dan lintas.me untuk mendapatkan backlink berkualitas. Tetapi, Anda tidak seharusnya menggunakan situs backlink dengan ribuan pengunjung secara mendadak, ini akan sangat beresiko bagi blog Anda. Baca selengkapnya di Backlink Dapat Membunuh Blog.

10. Manfaatkan internal link
Internal link adalah link yang mengarah pada halaman blog Anda, yang mana Anda tempelkan link tersebut di blog Anda sendiri. Harapannya adalah agar pengunjung mengklik dan merujuk pada link yang Anda berikan. Semakin banyak pengunjung yang mengklik internal link Anda, maka akan semakin meningkat trafik blog Anda. Baca cara memanfaatkan internal link di Tips Penting Memanfaatkan Internal Link Blog Anda.

11. Optimasi gambar blog
Kebanyakan blogger tidak menyadari bahwa gambar yang diupload di halaman blog dapat berpengaruh pada trafik blog. Bacas selengkapnya di 5 Tips SEO Mengoptimalkan Gambar Blog di Search Engine.

12. Manfaatkan komentar
Membalas komentar adalah alat sederhana untuk meningkatkan trafik blog Anda. Lalu bagaimana bisa ? tentu saja bisa, membalas komentar di blog berarti Anda menunjukkan kepada pengunjung bahwa Anda sangat ramah dan menghargai komentar mereka. Selain itu, balasan komentar Anda akan masuk pada email pengirim komentar. Jadi, ini memberikan kesempatan kepada pengirim komentar untuk melihat balasan komentar Anda dan mengunjungi blog Anda kembali.

13. Memanfaatkan RSS Feed
Menampilkan tombol RSS Feed di blog Anda akan memudahkan pengunjung setia untuk mengetahui konten terbaru yang Anda terbitkan. Jika konten Anda menarik, maka ini akan menggoda mereka untuk berkunjung dan membaca konten terbaru Anda.

14. Promosikan blog Anda
Anda mungkin sudah bosan mendengar kata-kata “promosikan blog Anda”. Ya, ini adalah kata-kata yang sering dimuat dalam tips dan trik blog dan Anda pun harus melakukannya. Promosikan blog Anda di beberapa media sosial, lalu ajak teman-teman Anda untuk membaca konten terbaru Anda. Anda juga bisa bergabung di beberapa forum, menyantumkan link blog Anda di beberapa komentar dan mengajak mereka untuk mengunjungi blog Anda.

15. Hapus duplikat konten
Terlalu banyak duplikat konten blog Anda di search engine akan menjadi masalah bagi blog Anda. Pelajari tentang apa itu duplikat konten, penyebab, cara mengatasi dan cara menghapusnya di Bagaimana Cara Mengatasi Duplikat Konten ? dan Bagaimana Cara Menghapus Duplikat Konten di Google ?

16. Lakukan beberapa trik SEO lainnya
SEO atau Search Engine Optimization adalah apapun usaha Anda untuk meningkatkan perkembangan page rank dan trafik di mesin pencari. Anda harus melakukan langkah-langkah SEO seperti optimasi template, penggunaan nofollow dan dofollow, optimasi meta tag, dan lainnya.


Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 16 Tips Jitu Meningkatkan Trafik Blog
16 Tips Jitu Meningkatkan Trafik Blog
http://3.bp.blogspot.com/-TyWhXk2A-IE/VJahGDT5XWI/AAAAAAAAAuU/kt84af5kCiw/s1600/16%2BTips%2BJitu%2BMeningkatkan%2BTrafik%2BBlog.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-TyWhXk2A-IE/VJahGDT5XWI/AAAAAAAAAuU/kt84af5kCiw/s72-c/16%2BTips%2BJitu%2BMeningkatkan%2BTrafik%2BBlog.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/12/16-tips-jitu-meningkatkan-trafik-blog.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/12/16-tips-jitu-meningkatkan-trafik-blog.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy