Cara Mencairkan Pembayaran Google Adsense Via Western Union di Kantor Pos

Cara Mencairkan Pembayaran Google Adsense Via Western Union di Kantor Pos

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa pembayaran dari Google Adsense bisa diambil jika balance sudah mencapai $ 100. Ya, jika balance Anda sudah mendekati nominal tersebut, mungkin akan timbul sebuah pertanyaan, Bagaimana cara mencairkan pembayaran Google Adsense lewat Western Union ?.

Pertanyaan tersebut tentu akan muncul secara tiba-tiba jika balance di akun Google Adsense Anda mulai mendekati $ 100, termasuk saya sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa pembayaran via Western Union adalah pembayaran yang paling efektif di Indonesia. Dan untuk mencairkan pembayaran tersebut di Western Union, kantor pos adalah tempat yang tepat.

Nah, kali ini saya akan share pengalaman saya mencairkan pembayaran Google Adsense melalui Western Union di kantor pos. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi Anda yang ingin mengambil pembayaran Google Adsense :

CATATAN PENTING :
Sejak tanggal 10 Agustus 2020, pihak Google Adsense telah menghilangkan metode pembayaran via Western Union (Kantor Pos) untuk negara Indonesia. Jadi, tutorial dan penjelasan ini sudah EXPIRED alias TAK LAGI BERLAKU, terima kasih.

1. Catat Nomor MTCN dan Pengirim Pembayaran

Langkah pertama sebelum Anda pergi ke kantor pos adalah mencatat nomor MTCN dan pengirim. Jika Anda memang memiliki printer pribadi di rumah, Anda bisa print pada kertas kosong, lihat gambar di atas untuk mengetahui nomor MTCN dan sender pembayaran.

Jika Anda belum begitu mengetahui tentang nomor MTCN dan cara menemukannya, baca :
Cara Mengetahui Dan Menemukan Nomor MTCN Google Adsense
Penyebab Nomor MTCN Google Adsense Tidak Muncul
Cara Cek Status Transfer Uang Via Western Union

2. Siapkan 1 Lembar Foto Copy Identitas

Jangan lupa pula untuk foto copy identitas, Anda bisa menggunakan KTP, SIM, Passport, dan lainnya. Untuk jaga-jaga, sebaiknya Anda juga membawa identitas yang asli selain foto copy. Ini untuk mengantisipasi jika petugas kasir di kantor pos meminta identitas asli untuk mencocokkan dengan foto copy yang Anda berikan.

3. Silahkan Pergi ke Kantor Pos Terdekat

Biasanya, kantor pos mulai buka pada sekitar pukul 07.00 – 08.00 pagi. Pastikan Anda datang lebih awal untuk menghindari antrian. Jika Anda mengantri lebih lama, tentu akan membuat Anda jenuh bukan ?.

4. Isi Formulir Pengambilan Uang dari Western Union

Anda bisa mengatakan kepada petugas kasir kantor pos bahwa Anda ingin mengambil uang dari Western Union, kemudian petugas tersebut akan memberikan Anda formulir untuk diisi. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda isi dalam formulir tersebut :

  • Penerima, yaitu Anda sendiri, isi sesuai dengan kartu identitas (identitas harus sesuai dengan akun Google Adsense)
  • Pengirim atau sender, Anda bisa melihat contoh pada gambar di atas untuk mengisi informasi pengirim
  • Kode MTCN
  • Jumlah nominal pembayaran di Western Union (dalam bentuk $ USD, jangan gunakan rupiah)
  • Tanda tangan

5. Serahkan Formulir Beserta Foto Copy Identitas

Setelah Anda mengisi formulir, maka serahkan formulir tersebut kepada petugas kasir besert foto copy identitas. Petugas akan memeriksa kebenaran formulir tersebut dengan data yang ada.

6. Petugas Kasir Kantor Pos Akan Memberikan Pembayaran Anda

Setelah petugas memeriksa dan mencatat berdasarkan formulir yang Anda berikan, maka petugas akan memberikan uang kepada Anda berdasarkan jumlah nomilan pembayaran Western Union.

7. Jangan Lupa Untuk Shodaqoh

Jangan terlalu bahagia dan menghabiskan uang pembayaran untuk kepentingan pribadi Anda, pastikan Anda menyisihkan sebagian kecil untuk shodaqoh untuk kepentingan orang lain dan kepentingan publik agar lebih berkah, Tuhan tentu akan menambahi rizki Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan pembayaran di kantor pos, maka beberapa saat kemudian history status di akun Google Adsense akan berubah menjadi PAID, lihat gambar di bawah ini :

Status PAID di Western Union Google Adsense