Cara Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2

Cara Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2

Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2 – Salah satu keunikan game Dota 2 adalah dilengkapi dengan item-item bervariasi. Ada kebanggaan tersendiri saat kamu main dengan mengenakan item-item tersebut. Terlebih, kamu memiliki banyak koleksi item yang berbeda-beda. Kapanpun kamu mau, item-item tersebut dapat dipakai, dicopot, atau diganti dengan item lainnya.

Pada saat kamu menjelajah market Steam, kamu pasti menemui beberapa item unik. Item-item tersebut dilabeli dengan Inscribed, Autographed, Corrupted, Unusual, dan sebagainya. Nama itemnya sama, tetapi label dan warnanya berbeda di Steam market. Kamu dapat melihat di dalam item-item itu tertanam satu dua gem yang berbeda-beda. 

Kamu mungkin bertanya, apa bisa menambah gem-gem ke dalam item Dota 2?. Tentu saja, gem-gem di dalamnya memang sengaja ditambahkan. Dan itu bisa dilakukan dengan mudah, asalkan kamu mengetahui. Ada cara tersendiri agar dapat menambah gem ke dalam item Dota 2 jika kamu mau. 

Pertanyaan selanjutnya, apakah bisa gem-gem di dalam item Dota 2 bisa dilepas?. Tentu saja bisa dan topik inilah yang akan kita bicarakan dalam artikel singkat ini. Di game Dota 2, istilah untuk melepas gem dari item disebut ekstrak gem. Ada item tool yang harus kamu gunakan untuk melepas gem dari item Dota 2.


Tool Untuk Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2

Umumnya, mengekstrak gem di dalam item game Dota 2 dapat dilakukan dengan "Artificer's Hammer". Tetapi, ada pengecualian jika gem itu berupa Prismatic Gem dan Ethereal Gem. Untuk mengekstrak (melepas) kedua gem ini dilakukan dengan Master Artificer's Hammer.

Apa itu Artificer's Hammer?

Artificer's Hammer adalah item tool game Dota 2 yang digunakan untuk mengektrak atau melepas gem. Seperti halnya namanya, tool ini berbentuk seperti palu dengan cahaya biru. Penggunaan Artificer's Hammer hanya terbatasi sebanyak 15 kali penggunaan saja. Pengecualian, Artificer's Hammer tidak bisa digunakan untuk melepas Prismatic Gem dan Ethereal Gem.

Apa itu Prismatic Gem dan Ethereal Gem?

Master Artificer's Hammer adalah item tool game Dota 2 yang fungsinya untuk mengekstrak Prismatic Gem dan Ethereal Gem. Item tool ini hanya dikhususkan untuk melepas kedua item ini. Gem-gem biasa tidak dapat diekstrak dengan menggunakan Prismatic Gem dan Ethereal Gem.

Bagaimana Cara Mendapatkan Artificer's Hammer dan Master Artificer's Hammer?

Kamu dapat membeli Artificer's Hammer dan Master Artificer's Hammer di market Steam. Tetapi, harganya bisa terbilang cukup mahal, berkisar antara Rp. 15.000 sampai Rp. 16.000. Cara lain untuk mendapatkan kedua item tool ini adalah dengan menukar poin “Shard”. Harga masing-masing pertukaran poin adalah Rp. 1.000.

1. Masuk ke game Dota 2

2. Klik poin “Shard”.

3. Pilih menu “Tools”, lalu beli Artificer's Hammer atau Master Artificer's Hammer.

Tool Untuk Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2


Cara Ekstrak (Lepas) Gem Item Game Dota 2

Pertama-tama, pastikan dulu kamu sudah memahami kedua fungsi item tool yang dijelaskan. Keduanya adalah tool khusus untuk melepas atau mengekstrak gem dari dalam item game Dota 2. Jika sudah betul-betul paha, kamu dapat lanjut menjelajah tutorial ini. Saya sengaja membaginya menjadi 3 sub topik berbeda:

Baca juga penggunaan item-item tool lain:
Mengganti Nama dan Deskripsi Item Game Dota 2
Menambah Gem ke Item Game Dota 2
Membuat Item Corrupted di Game Dota 2
Membuat Inscribed dan Autographed Item Game Dota 2.


A. Ekstrak (Lepas) Gem Dengan Artificer's Hammer

Ingat, Artificer's Hammer hanya digunakan untuk melepas gem-gem biasa, bukan gem unusual. Dan penggunaannya hanya terbatas 15 kali ekstrak. Jika sudah digunakan 15 kali, Artificer's Hammer akan secara otomatis rusak atau hilang. Berikut cara ekstrak (lepas) gem dari dalam item game Dota 2:

1. Masuk ke game Dota 2.

2. Buka halaman inventory game Dota 2 (di pojok kanan atas).

3. Klik menu “All items”.

Inventory item di game Dota 2

4. Pilih item yang berisi gem untuk diekstrak.

5. Klik "Extract".

Ekstrak gem di item game Dota 2

6. Klik "Ok" (ada notifikasi menggunakan item "Artificer's Hammer").

Melepas gem dengan Artificer's Hammer

7. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi penerimaan gem, klik "Accept".


B. Ekstrak (Lepas) Gem Pada Bundle Set

Bundle Set adalah item yang dikhususkan untuk hero-hero di game Dota 2. Item ini merupakan satu set pakaian untuk menambah visual pada hero. Jika Bundle Set berstatus “Inscribed”, berarti ada sebuah gem di dalamnya. Untuk dapat melepas gem tersebut, kamu masih perlu menggunakan tool Artificer's Hammer. Tetapi, Bundle Set perlu diunbundle terlebih dahulu sebelum diekstrak.

1. Masuk ke dalam game Dota 2

2. Buka halaman inventory game Dota 2.

3. Klik menu “All items”.

4. Pilih Bundle Set yang berstatus Inscribed (mengandung gem).

5. Klik “Unbundle”.

Unbundle set item game Dota 2

6. Kembali pada halaman “All items”, pilih item yang berisi gem dari hasil unbundle.

7. Lakukan langkah ekstrak gem seperti sub topik A di atas.


C. Ekstrak (Lepas) Prismatic Gem dan Ethereal Gem Dengan Master Artificer's Hammer

Item yang berisi Prismatic Gem dan Ethereal Gem biasanya tergolong sebagai “Unusual”. Item-item ini hanya ditemui pada courier saja, tidak pada item lain. Untuk dapat mengekstrak (melepas) Prismatic Gem dan Ethereal Gem, tool yang digunakan adalah Master Artificer's Hammer.

1. Masuk ke game Dota 2.

2. Buka halaman inventory game Dota 2.

3. Klik menu “All items”.

4. Pilih item yang berstatus “Unusual” (Prismatic Gem dan Ethereal Gem).

5. Klik "Destroy Item and Extract Rare Gems"

5. Klik "Ok"

6. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi penerimaan gem, klik "Accept"

Catatan Penting:
1. Master Artificer's Hammer hanya bisa digunakan untuk ekstrak Prismatic Gem atau Ethereal Gem, tidak untuk gem-gem biasa
2. Mengekstrak dengan menggunakan Master Artificer's Hammer dapat menyebabkan item aslinya hilang dan terhapus.