Cara Ekstrak (Lepas) Gem Item Dota 2 Game

Salah satu hal yang menarik dari game Dota 2 adalah item-itemnya yang keren dan bermacam-macam, di mana item-item itu tidak hanya dipakai untuk semua hero saja, tetapi juga courier, creeps, roshan, ward, tower, tampilan map, dan juga lainnya. Selain itu, item-item yang keren dan bermacam-macam itu juga bisa diganti-ganti sesuai keinginan dan sebagian memiliki efek yang juga sangat menarik.


Di game Dota 2 sendiri, item-item terbagi menjadi 2, yaitu item-item yang bisa diperjualbelikan (item tradable atau item marketable) dan item-item yang tidak bisa diperjualbelikan (item non tradable atau marketable). 


Item-item yang kategorinya tradable atau markatable tentu dapat dihasilkan dari membelinya di steam market, membeli compendium dalam event-event turnamen dengan menaikkan level, dan lain sebagainya. Sedangkan item-item yang kategorinya non tradable atau non markatable lebih banyak didapatkan dari drop item setelah memainkan beberapa game secara acak.


Harga item-item di Dota 2 juga sangatlah bermacam-macam, mulai dari recehan sampai jutaan rupiah. Ya, bisa dibayangkan sendiri jika kamu memiliki banyak item mahal, tentu kamu merupakan player Dota 2 yang cukup kaya. Dan kamu bisa menghasilkan uang dari penjualan item-item di beberapa situs penyedia item game yang nantinya uangnya akan ditranfer ke rekening bankmu.


Berbicara tentang item-item di game Dota 2 tentu akan sangat panjang mengulas dan menjelaskan macam-macamnya. Jadi, pada posting ini akan lebih dikhususkan untuk mengulas sedikit tentang cara ekstrak atau lepas gem di beberapa item.


Apa itu Ekstrak (Lepas) Gem Dari Item Dota 2 Game ?

Perlu diketahui bahwa dari beberapa item yang kamu miliki, di antaranya terkadang terdapat sebuah item-item di dalamnya, biasanya item-item yang ada di dalam item dikenal dengan gem. Ekstrak gem berarti kamu melepas atau memisahkan gem dari dalam itemnya.


Cara Ekstrak (Lepas) Gem Dari Item Dota 2 Game

Untuk melakukan ekstrak atau lepas gem dari item Dota 2 game, maka kamu perlu membeli sebuah item yaitu "Artificer's Hammer". Untuk membeli item "Artificer's Hammer", kamu bisa membelinya di steam market atau langsung di situs game Dota 2, harganya sekitar $0,99 atau sekitar Rp. 14.000-an. Untuk saat ini, item "Artificer's Hammer" bisa digunakan sebanyak 15 kali esktrak atau lepas gem.


Jika kamu sudah membeli item "Artificer's Hammer", maka ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan dan harus dengan cara online, tidak bisa offline :

1. Masuk ke game Dota 2

2. Buka halaman penyimpanan item (ada di pojok kanan atas gamenya)

3. Klik item yang ingin kamu lepas atau ekstrak gemnya

4. Klik "Extract Gem"

5. Klik "Ok" (biasanya akan ada notifikasi menggunakan item "Artificer's Hammer")

6. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi penerimaan gem, klik "Accept"


Selanjutnya, baca juga : Cara Menambah Gem di Item Dota 2 Game.


Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton tutorial videonya di bawah ini :


Cara Ekstrak Gem "Bundle Set" atau "Rare Bundle" Item Dota 2

Item "rare bundle" atu juga dikenal dengan item set, merupakan set item untuk masing-masing hero. Nah, jika di dalam item bundle set itu ada item gem, maka bisa juga diekstrak :

1. "Unbundle" item set itu terlebih dahulu

2. Lakukan langkah ekstrak gem di atas


Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton tutorial videonya di bawah ini :


Cara Ekstrak (Lepas) Prismatic Gem dan Ethereal Gem Dota 2 Dengan Master Artificer's Hammer

Berbeda dengan gem-gem yang sudah dijelaskan pada dua tutorial dalam video di atas, Prismatic Gem dan Ethereal Gem adalah dua gem yang tidak bisa diekstrak atau dilepas dengan menggunakan item "Artificer's Hammer" biasa. 

Itulah mengapa dua jenis gem di atas harganya cukup mahal di steam market atau Dota 2 Store. Nah, cara ekstrak Prismatic Gem dan Ethereal Gem harus menggunakan item "Master Artificer's Hammer", berikut caranya :

1. Masuk ke game Dota 2

2. Buka halaman penyimpanan item (ada di pojok kanan atas gamenya)

3. Klik item yang di dalamnya terdapat Prismatic Gem dan Ethereal Gem

4. Klik "Destroy Item and Extract Rare Gems"

5. Klik "Ok"

6. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi penerimaan gem, klik "Accept"


Catatan Penting !!!

  • Ethereal Gem tidak bisa diekstrak dengan "Artificer's Hammer" tetapi bisa di-replace dengan sesama ethereal gem. Artinya, jika kamu replace Ethereal Gem A dengan Ethereal Gem B, maka Ethereal Gem A akan hilang dan terhapus selamanya.
  • Prismatic Gem, tidak bisa diekstrak dengan "Artificer's Hammer" dan juga tidak bisa di-replace.
  • Master Artificer's Hammer hanya bisa digunakan untuk ekstrak Prismatic Gem atau Ethereal Gem, tidak untuk gem-gem biasa
  • Jika kamu mengekstrak Prismatic Gem atau Ethereal Gem Dota 2 Dengan Master Artificer's Hammer, maka Prismatic Gem atau Ethereal Gem akan terekstrak, tetapi item aslinya akan hilang dan terhapus.

Tonton tutorial lengkap video di bawah ini :



Tanggapan :