Cara Menambah Gem di Item Game Dota 2

Cara Menambah Gem di Item Game Dota 2

Menambah Gem di Item Game Dota 2 - Game Dota 2 adalah game MOBA yang cukup digandrungi oleh remaja-remaja Indonesia. Pastinya, tak hanya seru dan menyenangkan, tetapi kamu juga dapat menambah koleksi item-itemnya. Main game Dota 2 dengan mengenakan item-item keren juga dapat menambah keseruannya.

Kamu tahu bahwa game Dota 2 dilengkapi dengan item-item yang mengagumkan. Item-item tersebut dapat dicopot jika bosan memakainya, lalu diganti dengan item-item baru. Keseruan inilah yang menjadi daya pikat bagi para pemain Dota 2 untuk mengoleksi item.

Selain itu, item-item game Dota 2 dihiasi dengan visual yang baik. Beberapa item tertentu memiliki warna dan efek yang indah saat digunakan bermain. Lagi pula, tim Dota 2 akan terus mengembangkan item-itemnya. Tim Dota 2 akan selalu merilis item baru, bahkan item baru tersebut mungkin lebih keren daripada item lama.

Item-item di game Dota 2 tidak hanya sekedar untuk koleksi saja. Jika kamu bosan dengan item-item lama, kamu pun dapat menjualnya di market Steam. Maksud saya, item-item yang statusnya adalah tradable. Atau jika mau, kamu juga dapat menjualnya di situs-situs jual beli item Dota 2, kemudian mencairkan uangnya ke rekening bank.

Berbicara tentang item game Dota 2, pastinya akan menjadi artikel yang cukup panjang. Untuk itulah, saya akan mempersempit pembahasan dalam artikel ini. Yaitu, mengenai bagaimana cara menambah sebuah gem ke dalam item game Dota 2. Kamu mungkin sudah sering melihat item yang di dalamnya berisi gem atau semacamnya.


Macam-Macam Gem di Game Dota 2

Ada item gem (permata) di game Dota 2 yang dapat kamu temukan. Gem-gem itu memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung jenis dan kategorinya. Sebagian tidak dirilis di market Steam dan tidak dapat dibeli tentunya. Dan sebagian gem lainnya dapat kamu temukan di market Steam. Gem-gem yang dapat ditemukan di market Steam dapat ditambahkan ke dalam item-item tertentu:

  • Inscribed Gem: Berfungsi untuk membuat item berstatus Inscribed.
  • Autograph Rune: Berfungsi untuk membuat item berstatus Autographed. Untuk poin pertama dan kedua ini, silahkan lihat detailnya: Membuat Item Inscribed dan Autographed Game Dota 2.
  • Spectator Gem: Gem ini berfungsi untuk menghitung banyaknya spectator game yang kamu mainkan.
  • Foulfell Shard: Gem ini berfungsi untuk membuat item berstatus corrupted. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Membuat Item Corrupted di Game Dota 2.
  • Kinetic Gem: Gem ini berfungsi untuk memberi efek animasi pada sebagian hero.
  • Prismatic Gem: Gem ini berfungsi untuk memberi efek animasi dan warna courier, biasanya ditambahkan bersama Ethereal Gem.
  • Ethereal Gem: Gem ini dapat memberikan efek-efek tertentu pada item dan courier dan menjadikannya berstatus Unusual.


Tool Untuk Menambah Gem di Item Game Dota 2

Di game Dota 2, kamu dapat menambahkan sebuah gem ke dalam itemnya. Fungsi gem tersebut juga bermacam-macam sesuai dengan jenis gem. Ada yang digunakan untuk menghitung statistik tertentu. Ada juga gem yang berfungsi untuk memunculkan efek-efek tertentu, dan sebagainya.

Apabila kamu hendak menambahkan satu atau beberapa gem ke dalam item tertentu, kamu memerlukan sebuah item tool. Item tool itu dinamai dengan istilah Artificer's Chisel. Item ini dikategorikan sebagai tool karena fungsinya hanya sebagai tool.

Apa itu Artificer's Chisel?

Artificer's Chisel adalah sebuah item tool untuk menambahkan slot kosong ke dalam item Dota 2. Dengan adanya slot kosong ini, kamu dapat menambah maksimal 5 gem ke dalam item tersebut. Gem-gem tersebut dapat berupa Inscribed Gem, Autograph Rune, Spectator Gem, Kinetic Gem,Prismatic Gem, dan lainnya. Ingat, Artificer's Chisel hanya dapat digunakan untuk 5 kali saja.

Bagaimana Cara Mendapatkan Artificer's Chisel?

Artificer's Chisel dapat dibeli langsung di halaman market Steam atau menukarkan poin Shard. Harganya cukup mahal untuk membeli Artificer's Chisel di market Steam. Saat ini, sekitar Rp. 16.000 dan hanya bisa digunakan selama 5 kali. Jika kamu memiliki poin Shard, kamu dapat menukar 1.000 poin untuk 1 Artificer's Chisel.

1. Buka halaman game Dota 2.

2. Klik icon poin "Shard" (ada di pojok kanan atas)

3. Pilih menu “Tools” dan beli Artificer's Chisel.

Tool Untuk Menambah Gem di Item Game Dota 2

Dan perlu dicatat juga, tool Artificer's Chisel hanya berguna untuk menambah slot di dalam item. Apabila kebetulan itemmu sudah memiliki slot kosong, maka kamu dapat langsung menambahkan gem ke dalamnya. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan tool Artificer's Chisel.


Cara Menambah Gem di Item Game Dota 2

Sebelum kamu menambahkan gem ke item-item Dota 2, pastikan kamu sudah menyiapkan tool Artificer's Chisel. Jika kamu sudah memiliki Artificer's Chisel, kamu bisa langsung melakukan penambahan gem. Langkah-langkah berikut akan menjelaskan cara menambah gem ke dalam item Dota 2:

Langkah 1: Add Socket di Item Dota 2

1. Masuk ke game Dota 2

2. Buka halaman inventory game Dota 2

3. Pilih menu “All items”.

4. Silahkan pilih item yang ingin ditambahkan slotnya

4. Klik "Add Socket" – Klik “Ok”.

Add Socket di Item Dota 2

Langkah 2: Menambahkan Gem ke Dalam Item Dota 2

1. Pilih item yang sudah di-add socket

2. Klik "Add Gem" di item tersebut

2. Coba klik "Select" pada gem yang tersedia (jika belum punya, silahkan beli di steam market)

Jika langkah di atas sudah dilakukan, gem akan secara otomatis tertambahkan ke dalam item tersebut. Kamu dapat melihat keberadaan gem itu di informasi item, baik di dalam game atau di inventory Steam. Pada poin ini, kamu sudah berhasil menambah gemnya.

Perlu diketahui bahwa setiap gem memiliki kecocokan tertentu pada item. Ada gem yang memang cocok untuk semua item Dota 2. Tetapi, ada juga gem yang hanya cocok pada hero-hero tertentu. Jadi, pastikan kamu memilih gem yang cocok dengan item yang ingin kamu tambahkan. Dan untuk item “Bundle Set”, kamu tidak dapat menambahkan gem di dalam item ini.

Artikel terkait menambah gem ke item Dota 2:
Ekstrak (Lepas) Gem di Item Dota 2
Mengganti Nama dan Deskripsi Item Dota 2


FAQ

Bagaimana cara menambah gem ke item Dota 2?

Kamu dapat menambah gem ke dalam item game Dota 2 dengan menggunakan item tool Artificer's Chisel.

Apa itu Artificer's Chisel?

Artificer's Chisel sebuah item tool di game Dota 2 untuk menambahkan slot kosong (add socket) ke dalam item tertentu.

Bagaimana cara mendapatkan item Artificer's Chisel?

Item tool Artificer's Chisel dapat dibeli di market Steam dengan harga sekitar Rp. 16.000, atau menukar koin “Shard” seharga Rp. 1.000.

Berapa banyak Artificer's Chisel dapat digunakan?

Satu item Artificer's Chisel hanya dapat digunakan untuk add socket sebanyak 5 kali. Jika sudah digunakan 5 kali, item ini akan hilang secara otomatis.

Apakah semua gem dapat ditambahkan ke item Dota 2?

Sebagian gem memiliki kecocokan untuk semua item, tetapi sebagian memiliki kecocokan hanya pada hero-hero tertentu.