7 Pengaruh dan Dampak Buruk Tidur Pagi Hari


PelangiBlog.Com - Pagi merupakan awal untuk menyambut hari dengan semangat dan senyuman. Mengawali aktifitas di pagi hari sangat efektif jika dilakukan dengan berolahraga dan mengambil sarapan bergizi agar kesehatan tubuh dan semangat untuk bekerja tetap terjaga.

Namun kenyataannya banyak masyarakat Indonesia yang lebih nyaman mengawali waktu di pagi hari dengan tetap berada di ranjang sambil terpejam matanya. Kebiasaan tidur di pagi hari tentu merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Ini biasa dilakukan oleh mereka yang kurang tidur karena begadang malam, mereka yang pengangguran, atau mereka yang berada di hari-hari libur bekerja.

Nah, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui bahwa tidur di pagi hari merupakan kebiasaan yang buruk. Dan tentu saja kebiasaan buruk ini bisa membawa pengaruh dan dampak buruk bagi kehidupan Anda. Berikut beberapa pengaruh dan dampak buruk tidur di pagi hari :

1. Gaya Hidup Tidak Sehat
Pagi hari merupakan awal untuk memulai hidup sehat dengan melakukan aktivitas kecil, olahraga, dan sarapan bergizi. Selain itu, sinar matahari di pagi hari yang mengandung Vitamin D tentu sangat baik untuk kebugaran tulang manusia.

Nah, jika Anda sering tidur di pagi hari, waktu untuk berolahraga dan sarapan bergizi akan hilang karena termakan oleh waktu tidur Anda. Tentu ini menjadikan tubuh Anda sedikit bergerak dan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Jadi memulai gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mengawali pagi dengan berolahraga dan menghndai tidur, meskipun Anda masih merasa sangat mengantuk.

2. Menyia-nyiakan Waktu dan Kesempatan
Memang sangat nyaman ketika tidur di pagi hari, tetapi kebiasaan tidur di pagi hari sama halnya melewatan waktu dan kesempatan emas untuk memulai hidup sehat dan bahagia. Padahal banyak hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan untuk mengawali hari dengan beberapa aktivitas kecil. 

3. Tubuh Menjadi Terasa Lemas, Lelah, dan Pegal
Jika Anda tidur di pagi hari lalu bangun agak siang, biasanya otot-otot pada sekujur tubuh terasa kaku dan tulang-tulang di persendian juga nyeri, tubuh terasa seperti menerima banyak pukulan. Ini yang memicu tubuh Anda menjadi lemas dan sangat pegal. Bahkan ketika Anda melakukan sedikit aktivitas kecil, Anda akan merasa sangat lelah dan ingin kembali membaringkan tubuh Anda di atas ranjang.

4. Malas Untuk Melakukan Aktivitas
Karena tubuh terasa lelah, lemas, dan pegal setelah bangun siang, Anda tentu akan merasa sangat malas untuk memulai aktivitas dan berpikir. Biasanya setiap aktivitas yang Anda lakukan setelah bangun siang terasa tidak nyaman dan membosankan, ini tentu karena rasa malas dan juga badan lemas akibat tidur di pagi hari.

5. Kepala Terasa Berat dan Pusing
Selain tubuh terasa lemas, lelah, pegal, dan malas, kepala Anda akan terasa berat dan sedikit pusing ketika bangun dari tidur pagi hari. Pusing dan sakit kepala ini sama seperti ketika Anda terlalu banyak tidur.

6. Sulit Berkonsentrasi
Kesulitan berkonsentrasi pun menjadi salah satu akibat dari tidur di pagi hari. Anda tentu akan mengalami jalan buntu ketika memikirkan sesuatu setelah bangun siang, Anda juga belum bisa mengembangkan ide-ide baru yang sebelumnya Anda rancang. Kesulitan berkonsentrasi ini biasanya akan berlanjut selama berjam-jam sampai kondisi metabolisme tubuh kembali normal.

7. Menganggu Kondisi Psikologi
Umunya sel-sel otak akan kembali bekerja ketika Anda bangun pagi. Sedangkan tidur di pagi hari bisa membunuh sel-sel otak Anda sehingga tentu ini bisa menggangu kondisi psikologi Anda. Kepala sakit dan malas berpikir merupakan salah satu akibat dari banyaknya sel-sel otak yang mati. Uniknya, terkadang Anda juga pun akan lupa kapan waktu Anda terbangun, entah pagi, siang, atau malam.

Baca juga :
Ketahui 11 Penyebab Kamu Mengalami Gangguan Susah Tidur