11 Top Media Sosial Paling Populer Di Dunia


PelangiBlog.Com – Media sosial atau jejaring sosial merupakan situs yang diperuntukkan publik untuk melakukan interaksi sosial secara online. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa di internet banyak sekali media sosial, namun ada beberapa media sosial yang memang memiliki banyak pengguna, sehingga situs media sosial ini terkenal sangat populer di seluruh dunia. Berikut ada beberapa media sosial paling populer di seluruh dunia :

1. Facebook
Kalau media sosial satu ini tentu kamu sudah sangat mengenalnya, bahkan semua orang juga tahu, setidaknya pernah mendengar (para orang tua usia lanjut), bahkan hingga saat ini Facebook masih mempertahankan trafik tertinggi dari sekian banyak media sosial lainnya, memiliki situs tertinggi nomor 2 setelah Google.

Facebook didirikan pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Chris Hughes di Kota Cambridge, Massachusetts, United States, mereka adalah daftar orang paling kaya di dunia, saat ini pemimpin CEO Facebook dijabat oleh Mark Zuckerberg.

2. Twitter
Selain Facebook, semua orang juga pasti mengenal Twitter. Situs media sosial ini juga menjadi situs favorite yang memiliki banyak pengguna dengan peringkat trafik tertinggi urutan ke-9 di dunia. Twitter didirikan pada 21 Maret 2006 oleh Evan Williams, Noah Glass, Jack Dorsey, Biz Stone di Kota San Francisco, California, United States, saat ini yang memegang pimpinan CEO adalah Jack Dorsey.

Bagaiman jika Facebook vs Twitter ? baca selengkapnya di Facebook vs Twitter - Mana Yang Menang ?.

3. Youtube
Sebenarnya, Youtube lebih dikhususkan sebagai situs video, tetapi Youtube juga menjadi salah satu media sosial yang berbetuk video, karena banyaknya pengguna dan pelanggan informasi, berita, pengetahuan, hiburan dan lainnya. Youube adalah situs yang memiliki trafik tertinggi urutan ke 3 setelah Google dan Facebook.

Youtube didirikan pada 14 Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim di Kota San Mateo, California, United States. Namun, pada tahun 2006, pihak Google membelinya, jadi sekali kamu memiliki akun Google, kamu juga memiliki akun Yotube.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Video Youtube.

4. Google Plus
Jika kamu memiliki email dari Google atau Gmail, maka tentu Google Plus menjadi salah satu bagiannya. Google Plus juga adalah media sosial yang juga banyak pengguna yang menikmatinya, apalagi bagi mereka yang memiliki akun blogger. Seperti halnya media sosial lainnya, status, gambar, video, informasi, dan berita juga bisa bisa kamu dapatkan update terbarunya di sana.

5. Instagram
Kalau media sosial satu ini lebih dikhususkan pada gambar dan video durasi singkat, juga di sana dilengkapi aplikasi editor photo di mana gambar yang akan dipublikasikan akan terlihat lebih menarik dan bergaya. Awalnya, Instagram dipublikasikan pada tahun 2011 oleh Kevin Systrom and Mike Krieger dari Burbn Inc. Tetapi, pada tahun 2012, perusahaan Facebook membelinya dan sampai saat ini masih dikelolah oleh perusahaan Facebook.

6. Blogger
Yang ini kamu pasti tahu, Blogger atau Blosgpot memang dikhususkan untuk membuat artikel dengan gambar dan video. Tetapi, Blogger bisa dimasukkan ke dalam salah satu kategori media sosial bahkan dinilai lebih tinggi, meskipun fungsinya tidak seperti Facebook dan Twitter. Blogger merupakan situs yang dikelola oleh Google, dan satu kesatuan dengan Gmail, Youtube, dan Google Plus.

Baca selengpanya di :
11 Manfaat Penting Dari Menulis di Blog
Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog ?

7. Wordpress
Sama halnya seperti Blogger, Wordpress juga demikian, situs ini adalah situs untuk menulis artikel online dan termasuk salah satu kategori media sosial. Wordpress juga merupakan salah satu blog sekaligus media sosial yang banyak digunakan oleh orang Indonesia.
Baca juga : Apa Perbedaan Blogspot dan Wordpress ?

8. Tumblr
Kalau Blogger dan Wordpress adalah situs untuk menulis artikel online dan tergolong media sosial, maka Tumblr juga sama. Desain dan penampilannya pun sama seperti blog, perbedaannya paling mencolok adalah Tumblr adalah blog mini yang berbasis media sosial, di mana artikel-artikel yang diterbitkan bisa dilihat oleh orang yang menjadi follower kita, bahkan dilengkapi pula tombol sharing ke media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

9. Pinterest
Kalau Pinterest, ini lebih khusu lagi untuk foto saja. Jika kamu memang suka koleksi foto, mungkin Pinterest juga cocok untuk menyimpan koleksi foto kamu. Di sana kamu bisa mengelompokkan beberapa foto dalam kategori tertentu. Oh ya, di sana juga sangat banyak sekali foto-foto unik yang akan kamu lihat dari seluruh orang di dunia. Pinterest tidak begitu digemari oleh orang Indonsesia, hanya sebagian kecil saja.

10. Linkedin
Nah, berbeda lagi dengan media sosial kali ini, Linkedin lebih cocok untuk media sosial bisnis, di mana kamu bisa berinteraksi sosial online dalam sebuah komunitas bisnis. Linkedin didirikan pada bulan Desember 2002 oleh Reid Hoffman, Konstantin Guericke, Jean-Luc Vaillant, Allen Blue, Eric Ly di Kota Mountain View, California, United States. Sama halnya dengan Pinterest, peminat Linkendin juga sangat sedikit yang berasal dari orang Indonesia.

11. Flickr
Flickr ini juga situs media sosial untuk galeri foto, di sana juga disediakan fasilitas untuk memberikan rating foto dan chat group. Flickr adalah situs media sosial yang dikelola oleh perusahaan Yahoo. Memang di Indonesia, Flickr ini kurang dikenal dan sangat sedikit peminat, jadi kurang begitu dikenal dibanding media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Google Plus.

Baca juga : 16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari