10 Keuntungan dan Manfaat Main Game Dota 2

Manfaat Main Game Dota 2

Manfaat Main Game Dota 2 - Tidak diragukan lagi bahwa Dota 2 merupakan salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang sangat populer di tingkat internasional. Di dalam realitanya, game Dota 2 banyak juga dimainkan oleh para pemain game MOBA di Indonesia. Nah, jika kamu sendiri adalah pemain Dota 2, kamu pastinya sering menemui player Dota 2 dari Indonesia.

Pemain game Dota 2 dari Indonesia memang sudah tidak sebanyak dan sesering dulu. Tetapi tetap saja masih banyak pemain dari Indonesia yang eksis memainkan game MOBA satu ini. Nyatanya, masih banyak live streaming game Dota 2 di Youtube dan sebagainya. Live streaming game itu juga ditonton oleh ribuan fans dari Indonesia.

Game Dota 2 merupakan salah satu game yang berkolaborasi dengan Perusahaan Steam. Ini artinya, kamu tidak dapat memainkan game ini dengan player lain secara online tanpa terhubung koneksi dengan akun Steam. Kamu dapat dengan mudah install game Dota 2 ini secara gratis melalui akun Steam.


Inilah Manfaat Main Game Dota 2 Yang Perlu Kamu tahu

Memang, ada beberapa dampak negatif bermain game online, terutama bagi siapapun yang sudah kecanduan. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa bermain game juga mendatangkan manfaat dan keuntungan tersendiri. Ini tergantung pada pilihan masing-masing individul, apakah game memberi manfaat baginya, atau jutru sebaliknya.

Begitu pula dengan game Dota 2, ada sensasi menyenangkan dan manfaat tersendiri yang akan didapatkan. Manfaat tersebut bisa didapatkan secara langsung atau tidak langsung. Untuk itulah, mari kita simak beberapa poin berikut yang menjelaskan keuntungan dan manfaat main game Dota 2:

1. Mendapatkan Kesenangan dan Hiburan

Sudah jelas bahwa manfaat main Dota 2 adalah untuk memperoleh kesenangan dan hiburan. Manfaat ini berlaku juga bagi semua pecinta game dan tidak hanya terbatas pada game Dota 2 saja. Mereka mendapatkan banyak kesenangan dan hiburan saat memainkan game. Bahkan ada yang lebih parah, kesenangan itu jarang diperoleh dengan melakukan aktivitas lain.

Dengan mendapatkan kesenangan dan hiburan, para pemain Dota 2 dapat mengabaikan penat di dalam pikiran. Dan adakalanya pula main game Dota 2 sebagai pengalihan atas gundah yang menjelma di dalam hati. Bagi para pemain game Dota 2, war merupakan pelarian untuk menghilangkan lelah pikiran, dan masalah lain. Kesenangan game ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata kecuali kamu sendiri mencoba dan menghanyutkan dirimu dalam kesenangan itu.

Meskipun demikian, kesenangan dalam sebuah game hanya bersifat semu. Jika alasan kamu main game Dota 2 hanya karena kesenangan, maka pertimbangkan kembali manfaat yang lebih bernilai. Ingatlah, kesenangan dalam game hanya bersifat semu. Kehidupan nyatamu harus menjadi priorotas utama untuk dijalani. 

2. Meningkatkan Analisa Berpikir

Dota 2 adalah game yang bertema tentang pertempuran antara tim satu (radiant) dengan tim lain (dire). Masing-masing tim terdiri dari 5 player yang ditugaskan untuk bekerja sama. Dota 2 bukanlah game yang dipusatkan pada skill pertempuran solo. Para pemainnya dituntut untuk menyiapkan strategi dan analisa yang jernih. Kecerobohan dan akibat meremehkan musuh bisa jadi penyebab kekalahan.

Untuk memperoleh kemangan, setiap pemain memerlukan analisa dan strategi yang tepat. Skill memang sangat penting dan analisa berpikir dapat mendukung skill tersebut. Misalnya, bagaimana mengcounter, menyesuaikan pick, memahami role, menganalisa gaya bermain, prioritas item, dan sebagainya.

Sebaliknya, kamu mungkin sering menemui player yang bersifat arogan dan egois. Kamu seharusnya tidak turut melakukannya, apalagi pada tim. Memainkan game Dota 2 tidak dengan perasaan, tetapi dengan analisa pikiran. Sifat egois bisa menjadi bumerang dan merugikan timmu. Jadi, gunakan akalmu untuk berpikir bukan perasaanmu.

3. Melatih Kecepatan Tangan

Manfaat main Dota 2 selanjutnya adalah melatih kecepatan tangan sesuai timing yang diperlukan. Kamu tahu bahwa Dota 2 adalah game yang dioperasikan melalui komputer atau PC. Ada banyak tombol keyboard dan laju mouse untuk mengaktifkan skill dan item. Jadi, kamu perlu menggerakkan jari-jarimu dengan cepat berdasarkan timing yang ada.

Respon cepatmu dapat diketahui dari cara menyerang, bertahan, melarikan diri, dan menyelamatkan. Kamu perlu menekan beberapa kali tombol keyboard laptop dan menggeser mouse untuk melakukannya. Itu terjadi pada saat kamu mengaktifkan skill, mengaktifkan item, dan bergerak.

Selain itu, setiap hero Dota 2 memiliki tipe dan skill yang berbeda-beda. Di antara sebagian hero, ada beberapa hero Dota 2 yang membutuhkan kecepatan tangan lebih. Hal ini dikarenakan banyaknya skill yang ia miliki, belum lagi dengan item-itemnya. Hasilnya, kamu perlu dengan cepat menekan tombol keyboard dan mengeser-geser mouse.

4. Kepedulian Terhadap Kerjasama Tim

Salah satu faktor utama yang dapat menentukan kemenangan tim dalam game Dota 2 adalah kerja sama. Jika kamu main Dota 2 dengan gaya solo (menyendiri), peluang untuk menang akan berkurang. Sekalipun kamu adalah pemain pro dari MMR atas, kerja sama tim musuh akan mengalahkanmu dengan mudah. Dengan mempertimbangkan kerja sama tim, kamu dapat mengantisipasi kekalahan saat war. Kamu perlu meningkatkan kepercayaan sesama dan merencanakan strategi.

Nilai kepedulian dan kerja sama di game Dota 2 dapat kamu aplikasikan di dunia nyatamu. Kamu harus dapat belajar bagaimana untuk menolong dan membantu orang lain. Alhasil, manfaat main Dota 2 tidak hanya terpaku pada kesenangan, tetapi menumbuhkan moralitas baik terhadap sesama. Justru inilah yang lebih penting bagi dirimu dan kehidupanmu. 

5. Konsekuensi Terhadap Tanggung Jawab

Setiap pemain Dota 2 mengemban sebuah tanggung jawab berdasarkan role hero yang telah dipick. Apapun rolenya, baik itu support, hard support, offlaner, safelaner, atau midlaner. Selain itu, setiap tim seharusnya memiliki formasi role yang berbeda-beda. Setidaknya, role-role tersebut terdiri dari 1 midlaner, 1 safelaner, 1 offlaner, dan 2 support.  

Pada dasarnya, konsekuensi tanggung jawabmu di dalam game Dota 2 mencerminkan kehidupan nyatamu. Jika kamu menyelewengkan tanggung jawab tersebut, cobalah belajar untuk memperbaikinya. Konsekuensi tanggung jawab ini seharusnya kamu aplikasikan ke dalam dunia nyatamu. Sehingga, kamu dapat belajar untuk menjadi seorang yang berjiwa besar dan bertanggung jawab.

6. Belajar Untuk Mengontrol Emosi

Dalam game Dota 2, kata kotor, hinaan, cacian, dan umpatan sudah biasa terjadi. Kata-kata tidak senonoh tersebut sudah menjadi hal wajar dalam dunia gaming. Dari sini pula, ada manfaat yang akan kamu peroleh saat main Dota 2. Kamu dapat belajar untuk mengontrol emosi dan menganggapnya sebagai kata-kata tidak ilmiah. Kamu juga tidak perlu membalas atas perlakuan buruk dari pemain lain.

Belajar untuk bersabar dapat dilakukan di manapun dan dalam kondisi apapun. Perlu diingat juga, main Dota 2 dengan penuh emosi dapat mempengaruhi ketidakstabilan pikiran. Tentu ini akan berujung buruk pada turunnya performa permainan. Hakekat pertempuran sendiri, emosi adalah lawan sejati yang perlu kamu kalahkan terlebih dahulu.

7. Mengasah Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Dilihat sekilas, Dota 2 memang hanya sekedar game pertempuran untuk mendapatkan hiburan saja. Tetapi jangan salah, salah satu manfaat main game Dota 2 adalah untuk mengasah kinerja otak kanan dan otak kiri. Sekarang, cobalah cermati kembali pada manfaat-manfaat main Dota 2 yang sudah dijelaskan di atas. Setiap manfaat memiliki kaitan dengan kinerja otak kanan dan otak kiri. Kamu dituntut untuk melakukan kombinasi antara berpikir dan bertindak.

8. Menemukan Banyak Teman Online

Karena Dota 2 adalah game online, kamu pasti dihadapkan dengan banyak pemain. Baik pemain tim atau lawan dari berbagai kota dan daerah dari negaramu, bahkan dari luar negeri. Umumnya, pemain game Dota 2 dari Indonesia menggunakan server Asia. Di server ini, kamu akan dipertemukan dengan pemain-pemain dari Indonesia sendiri, Philipina, India, Malaysia, dan sebagainya.

Kamu dapat menambah pertemanan dengan pemain-pemain itu. Dengan menjalin pertemanan akrab, mereka dapat diajak main Dota 2 dalam sebuah party. Jika kebetulan gaya permainan mereka bagus, kamu mungkin bisa merangkak menuju MMR lebih tinggi. Selain di dalam game, kamu dapat menjalin komunikasi tertentu. Misalnya, saling mengenal budaya dan kehidupan dari masing-masing negara.

9. Dota 2 Bisa Juga Menjadi Sumber Penghasilan Online

Manfaat main Dota 2 selanjutnya adalah kamu dapat menghasilkan uang online. Ada banyak cara untuk dapat menghasilkan uang online dari game Dota 2, baik langsung atau tidak langsung. Di antaranya adalah menjadi konten kreator Dota 2, streaming Dota 2, jasa menaikkan MMR, dan sebagainya. Atau, kamu juga dapat menjual item Dota 2 yang nantinya dapat dicairkan ke rekening bank lokal.

10. Belajar Bahasa Inggris

Pada umumnya, bahasa pemain Dota 2 yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Ini dikarenakan Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional di seluruh penjuru dunia. Main game Dota 2 ternyata bermanfaat untuk melatih kosa kata Bahasa Inggris. Terutama bagi pemain yang kurang pandai Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga mengenal sedikit bahasa dari negara lain, seperti Philipina, India, Malaysia, dan lainnya.


Kesimpulan: Manfaat Main Game Dota 2

Dota 2 adalah game besar, populer, dan dimainkan oleh banyak player di seluruh dunia. Umumnya, game Dota 2 bermanfaat sebagai suatu hiburan dan permainan yang menyenangkan. Akan tetapi, jika dicermati kembali, ada banyak manfaat main game Dota 2 yang tak kita sadari. Secara tidak langsung, game Dota 2 juga memiliki manfaat dalam nilai moralitas, sosial, pengetahuan, dan finansial.