10 Keuntungan dan Manfaat Main Game Dota 2

Manfaat Main Game Dota 2

Manfaat Main Game Dota 2 - Tidak diragukan lagi bahwa Dota 2 merupakan salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang sangat populer di tingkat Internasional. Di dalam realitanya, game Dota 2 banyak juga dimainkan oleh para pemain game MOBA di Indonesia.

Nah, jika kamu sendiri adalah pemain Dota 2, kamu pastinya sering menemui player Dota 2 dari Indonesia. Meskipun pemain game Dota 2 di Indonesia sudah tidak sebanyak dan sesering dulu, tetapi masih sering ditemui pemain dari Indonesia.

Game Dota 2 merupakan salah satu game yang berkolaborasi dengan Perusahaan Steam. Ini artinya, kamu tidak dapat memainkan game ini dengan player lain secara online tanpa terhubung koneksi dengan akun Steam. Kamu dapat dengan mudah install game Dota 2 ini secara gratis melalui akun Steam.


Manfaat Main Game Dota 2

Memang, ada beberapa dampak negatif bermain game online, terutama bagi siapapun yang sudah kecanduan.Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa bermain game juga mendatangkan manfaat dan keuntungan tersendiri.

Begitu pula dengan game Dota 2, ada sensasi menyenangkan tersendiri dan manfaat main game Dota 2 yang akan didapat bagi setiap player yang memainkannya. Untuk itulah, mari kita simak beberapa point berikut yang menjelaskan keuntungan dan manfaat main game Dota 2:

1. Mendapatkan Kesenangan dan Hiburan

Sudah jelas bahwa manfaat main Dota 2 adalah untuk memperoleh kesenangan dan hiburan. Manfaat ini berlaku juga bagi banyak pecinta game, karena mereka mendapatkan banyak kesenangan dan hiburan saat memainkannya, apapun game itu.

Dengan mendapatkan kesenangan dan hiburan, para pemain Dota 2 dapat mengabaikan penat di dalam pikiran dan gundah yang menjelma di dalam hati. Misalnya, main game Dota 2 dapat bermanfaat untuk memberi hiburan akibat lelah pikiran dikarenakan beban pekerjaan, masalah, dan kesibukan aktivitas yang melelahkan.

Yang jelas, alasan banyak orang main game Dota 2 adalah karena hobi, memperoleh kesenangan, dan hiburan. Dan kesenangan ini tidak dapat diungkapkan dengan tulisan kecuali kamu sendiri mencoba dan menghanyutkan dirimu dalam kesenangan itu. 

2. Meningkatkan Analisa Berpikir

Dota 2 adalah game yang bertema tentang pertempuran antara tim satu (radiant) dengan tim lain (dire) yang masing-masing terdiri dari 5 player. Dota 2 bukanlah game yang dipusatkan pada skill pertempuran solo, pemain dituntut untuk menyiapkan strategi dan analisa yang jernih.

Untuk memperoleh kemangan, setiap pemain tidak hanya mengandalkan skill bermain. Mereka memerlukan analisa dan strategi yang tepat, misalnya pick hero yang bisa counter hero musuh, item yang diperlukan sesuai kondisi, kerja sama dan kekompakan, kesesuaian hero yang dipick dengan hero teman, menempatkan skill dengan timing yang tepat, memahami role hero, menganalisa gaya bermain, skill, dan item yang dimiliki hero musuh, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dari sinilah, main game Dota 2 bermanfaat untuk meningkatkan analisa berpikir tiap pemainnya. Sehingga, Dota 2 tidak hanya bermanfaat untuk kesenangan semata.

3. Melatih Kecepatan Tangan

Manfaat main Dota 2 selanjutnya adalah melatih kecepatan tangan sesuai timing yang diperlukan. Kamu tahu bahwa Dota 2 adalah game yang dioperasikan melalui komputer atau PC dengan banyaknya tombol key untuk mengaktifkan skill dan mengaktifkan item

Misalnya seberapa cepat kamu dapat menyerang dengan timing yang tepat, seberapa cepat responmu ketika bertahan dan menyelamatkan temanmu, dan lainnya. Tentu saja untuk menyerang, bertahan, dan menyelamatkan teman, kamu perlu menekan beberapa tombol key pada skill dan item yang kamu gunakan.

Selain itu, setiap hero Dota 2 memiliki tipe dan skill yang berbeda-beda. Di antara sebagian hero, ada beberapa hero Dota 2 yang membutuhkan kecepatan tangan lebih, karena banyaknya skill atau tombol key yang harus ditekan.

4. Kepedulian Terhadap Kerjasama Tim

Salah satu faktor utama yang dapat menentukan kemenangan tim Anda dalam Dota 2 adalah kerja sama tim. Jika kamu main Dota 2 dengan gaya solo (menyendiri), peluang untuk menang amat sangat sedikit, seberapa pun hebatnya skillmu.

Dengan mempertimbangkan kepedulian dan kerja sama tim, kamu dapat mengantisipasi kekalahan saat war, menjalankan strategi dengan sempurna, dan meningkatkan kepercayaan sesama tim berdasaran role hero yang dipilih. Ini sama seperti dalam kehidupan nyata bahwa kamu akan selalu membutuhkan bantuan orang lain, begitu pula sebaliknya.

5. Konsekuensi Terhadap Tanggung Jawab

Setiap pemain Dota 2 mengemban sebuah tanggung jawab berdasarkan role hero yang dipilih, baik itu support, hard support, offlaner, safelaner, atau midlaner. Tujuan utama menjalankan tanggung jawab ini adalah untuk dapat tetap bertahan dan menyerang demi mencapai kemenangan.

Dengan menjalankan konseksuensi ini, kamu belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap setiap aktivitas yang kamu lakukan dalam dunia nyata. Bahkan konsekuensi terhadap tanggung jawab di dalam game Dota 2 bisa saja mencerminkan konsekuensi terhadap tanggung jawab di dunia nyata.

Dengan demikian, main Dota 2 bermanfaat untuk melatih tanggung jawab yang kamu emban sesuai role hero yang telah kamu pick. Ini seharusnya dapat diaplikasikan ke dalam tanggung jawab di kehidupan nyatamu.

6. Belajar Untuk Mengontrol Emosi

Berbicara mengenai dunia game, pasti di dalamnya dipenuhi dengan kata kotor, hinaan, cacian, dan umpatan. Selama game Dota 2 berlangsung, celaan dan blaming sudah menjadi hal yang wajar, bahkan tidak jarang sampai mengeluarkan kata-kata kotor sebagai umpatan dan cacian.

Dari sini pula, ada manfaat yang akan kamu peroleh saat main Dota 2, kamu dapat belajar untuk mengontrol emosi dan menganggapnya sebagai kata pemanis yang tidak ilmiah saja. 

Perlu diingat juga, main Dota 2 dengan emosi yang kurang stabil dapat mempengaruhi performa permainanmu. Hakekat pertempuran sendiri, emosi adalah lawan sejati yang perlu kamu kalahkan terlebih dahulu.

7. Mengasah Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Dilihat sekilas, Dota 2 memang hanya sekedar game pertempuran untuk mendapatkan hiburan saja. Tetapi, jangan salah bahwa salah satu manfaat penting yang dapat kamu peroleh adalah untuk mengasah kinerja otak kanan dan otak kiri.

Sekarang, cobalah kamu lihat pada sebagaian manfaat main Dota 2 yang sudah dijelaskan di atas. Setiap manfaat di atas memiliki kaitan dengan kinerja otak kanan dan otak kiri, di mana kamu dituntut untuk melakukan kombinasi antara berpikir dan bertindak.

8. Menemukan Banyak Teman Online

Karena Dota 2 adalah game online, maka kamu akan dihadapkan dengan lawan dari berbagai kota dan daerah dari negaramu, bahkan juga dari luar negeri. Umumnya, pemain game Dota 2 dari Indonesia memiliki server Asia, yang mana akan bertemu pemain-pemain dari Indonesia sendiri, Philipina, India, Malaysia, dan sebagainya.

Jika kamu bisa bersosialisai baik dan berteman dengan mereka, maka mereka akan menjadi teman online yang siap kapanpun kamu mengajak main Dota 2. Kamu dapat membuat party dengan mereka dan menemukan permainan yang lebih menyenangkan.

9. Dota 2 Bisa Juga Menjadi Sumber Penghasilan Online

Manfaat main Dota 2 selanjutnya adalah kamu dapat menghasilkan uang online. Dari game Dota 2, kamu dapat menjual item Dota 2 yang nantinya dapat dicairkan ke rekening bank lokal, kamu dapat promosi menyediakan layanan jasa meningkatkan MMR, kamu dapat membuat konten video game Dota 2, kamu juga dapat menghasilkan uang dari streaming video game Dota 2, dan lain sebagainya.

10. Belajar Bahasa Inggris

Selain itu manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, main Dota 2 juga bermanfaat untuk melatih kosa kata Bahasa Inggris. Ya, umumnya para pemain Dota 2 meggunakan bahasa Internasional, yaitu Bahasa Inggris. Selain Bahasa Ingris, kamu juga bisa mengetahui sedikit bahasa dari negara lain seperti Philipina, India, Malaysia, dan lainnya.


Kesimpulan

Berdasarka artikel mengenai manfaat main game Dota 2 di atas, kita tahu bahwa Dota 2 adalah game MOBA yang cukup populer dimainkan dibanyak negara, terutama Indonesia. Meskipun bermain game online dapat menimbulkan dampak buruk, tetapi ada bebarapa manfaat yang akan diperoleh setiap pemain di dalamnya.